Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Film Horor Terseram yang Cocok Ditonton Saat Halloween

by Sindhi Aderianti on 30 Oktober, 2018

Setiap tanggal 31 Oktober, Halloween menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu. Meski identik dengan budaya barat, namun tak jarang perayaan tentang orang yang telah meninggal ini dirayakan negara-negara timur. Nah, jika Anda juga ingin ikut meramaikan, simak lima film horor yang cocok ditonton saat Halloween.

Film Horror Halloween

Halloween pertama kali dicetuskan oleh masyarakat Celtic, Skotlandia. Menurut mereka, malam itu merupakan saat dimana terbukanya pintu kehidupan roh jahat. Untuk menghindari gangguan dari makhluk halus yang berkeliaran, mereka lantas mengenakan kostum-kostum horror agar berpenampilan mirip roh jahat tersebut.

Berhubung Halloween selalu identik dengan hal berbau mistis, kurang rasanya kalau tidak ditemani dengan deretan film terseram di sepanjang sejarah. Seram dan mencekamnya, membuat euphoria Halloween semakin terasa.

Berikut ini 5 daftar film terseram baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa di antaranya masuk ke dalam box office!

(Baca juga: Pesawat Lion Air Jatuh, Ini 5 Fakta Tentang Si Singa Terbang)

1. Halloween (2007)

Film remake tahun 1978 ini bercerita tentang Michael Myers, seorang psikopat yang memang sedari umur 10 tahun sudah menunjukkan gejala menyeramkannya seperti menyiksa dan membunuh binatang.

Beranjak remaja, jiwa psikotpatnya semakin menjadi. Michael tega menghabisi nyawa kakak dan ayah tirinya. Ulah ini membuat Michael harus mendekam di rumah sakit jiwa selama 17 tahun lamanya. Namun hukuman tersebut tidak membuatnya berubah.

Michael justru kabur saat akan dipindahkan ke penjara dan membunuh beberapa petugas di sana. Aksi sadisnya tak berhenti sampai di situ, beberapa pembunuhan masih dilakukan, salah satunya pada malam Halloween yang mencekam.

Karakter psikopat Michael Myers menyimpan banyak misteri. Tak heran jika orang-orang terpancing rasa penasaran akan masa lalunya. Apa trigger yang menjadikan Ia ingin selalu membunuh?

Setelah dirilis pertama kali, kisah sang psikopat Michael Myers terus dibuat filmnya hingga mencapai 11 judul. Walaupun banyak versi, penonton dijamin tetap bisa mengikuti jalan ceritanya dengan baik. Termasuk Halloween keluaran tahun 2007 dan 2018 baru-baru ini.

Banner Kartu Kredit Oktober 2018

2. Rumah Dara (2010)

Pernah membayangkan bagaimana ngerinya terjebak di dalam rumah seorang kanibal? Inilah yang dirasakan rombongan keluarga dan sahabat Ladya. Awalnya mobil yang mereka kendarai hampir menabrak seorang gadis bernama Maya. Karena merasa kasihan, mereka menawarkan tumpangan untuk mengantarkan gadis itu pulang.

Sesampainya di rumah Maya, rombongan ini dijamu dengan makan malam yang istimewa oleh Ibu Dara, sang tuan rumah. Keanehan muncul ketika satu per satu dari mereka pingsan setelah menyantap makanan tadi, lalu pembantaian sadis pun dimulai. 

Rumah Dara bisa dibilang merupakan film bergenre slasher pertama di Indonesia yang menuai sukses besar. Setiap adegan sadisnya terlihat real, seperti ketika salah satu pemain dimutilasi dengan gergaji mesin. Sekilas, Anda pasti akan menganggapnya asli!

(Baca juga: 6 Usaha Sampingan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga)

 3. The Autopsy of Jane Doe (2016)

Setting film terseram yang ketiga ini cukup berbeda. The Autopsy of Jane Doe menyajikan ketegangan suasana otopsi mayat seorang wanita tanpa identitas.

Pada tahapan awal, ketika Tommy dan Austin selaku anak dan ayah ahli forensik memeriksa bagian eksternal tubuh, ketidakwajaran mulai muncul. Anehnya seluruh tulang pergelangan tangan dan pergelangan kakinya remuk tanpa luka lebam.

Kejanggalan demi kejanggalan semakin terlihat seiring dengan berjalannya proses otopsi. Hingga akhirnya mereka menemukan penampakan tak lazim pada beberapa bagian tubuhnya.

Suasana mencekam dalam film ini berhasil dibangun secara perlahan. Setiap adegan pembedahan organ tubuh Jane Doe membuat Anda seolah berada di tempat yang sama dengan mereka, sembari menunggu apa sebenarnya penyebab kematian wanita tersebut.

Berkat plot cerita dan setting yang belum pernah ada di film horror sebelum-sebelumnya, The Autopsy of Jane Doe saat itu juga berhasil menjadi nominasi Toronto International Film Festival pada September 2016.

(Baca juga: Mengintip Penghasilan Atta Halilintar, Si Anak Muda Kaya Raya)

4. Pengabdi Setan (2017)

Terror dalam film ini dimulai setelah Ibu Mawarni, seorang mantan penyanyi lawas yang meninggal dunia akibat menderita penyakit aneh selama 3 tahun. Keempat anaknya lantas harus mengalami hari-hari yang menakutkan.

Mulai dari lonceng Ibu yang terus berbunyi dan lagunya yang terputar sendiri pada beberapa malam. Ternyata Ibu datang lagi bukan sekedar untuk bergentayangan, tapi juga menjemput mereka agar ikut mati bersamanya satu per satu. Usut punya usut, alasan di balik itu semua karena keempat anaknya tersebut berasal dari hasil persekutuannya dengan setan.

Selain ramai penonton di negara sendiri, film yang rilis 28 September 2017 ini juga diketahui laris manis di Malaysia. Tak tanggung-tanggung, keuntungannya berhasil menembus 6 juta ringgit atau mendekati angka Rp 20 miliar. Selain itu, ‘Pengabdi Setan’ juga sempat tayang di 42 negara lain, seperti Amerika Serikat dan Inggris dengan judul “Satan Slave”.

Banner CekAja

 5. Hereditary (2018)

Film terseram di tahun ini jatuh pada Hereditary. Dalam durasi hampir dua jam, Hereditary menceritakan tentang rumah tangga Annie yang kian diuji dengan banyaknya kejadian mistis. Untuk itu, Annie kemudian mencoba mencari tahu misteri di keluarga tersebut. Salah satu misteri yang berhasil ditemukan tak lain adalah praktik pemujaan setan sang ibu.

Berbeda dengan film horor pada umumnya, film ini tidak menampilkan penampakan iblis atau setan. Namun atmosfir dan suasana menegangkan dibangun melalui suasana rumah di tepi hutan, wajah penuh misteri pada setiap tokoh, dan music scoring yang menegangkan.

Hereditary mendapatkan pujian serta kritikan saat diputar pertama kali di Sundance Film Festival dan diklaim sebagai horor paling menakutkan tahun 2018.

Pada dasarnya film horor tidak melulu bercerita tentang hantu. Definisi horor sendiri luas, maka dari itu kisah mengenai psikopat seperti pada sejumlah judul di atas dapat dikategorikan pula sebagai film terseram.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami