Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

5 Film Pilihan Bulan Desember 2019 Plus Kiat Irit Nonton Bioskop

by Tisyrin N. T on 6 Desember, 2019

Memasuki bulan terakhir di 2019, sederet judul film yang sudah ditunggu-tunggu siap menyambutmu. Mulai dari lanjutan kisah Jumanji hingga film bertemakan Natal. Produk sineas lokal pun gak kalah, ada lanjutan kisah tentang tokoh besar B. J. Habibie yang kembali diangkat ke layar lebar.  

Spiderman

Nonton bioskop memang asyik. Namun, kegiatan nonton bioskop terkadang juga menghabiskan bujet yang ‘lumayan’. Khususnya kalau kamu pilih bioskop yang memasang harga tiket mahal dan dan jenis kursi tertentu, serta membeli jajanan.

Nah, simak yuk beberapa judul film pilihan yang recommended ditonton di akhir tahun 2019, dan jangan lupa simak pula kiat irit nonton bioskop biar kantong gak jebol ya!

1. Jumanji: The Next Level

Kalau kamu penggemar Jumanji, siap-siap untuk menikmati film keduanya Jumanji: The Next Level di bulan Desember tahun ini. Jumanji: The Next Level  yang merupakan karya sutradara Jake Kasdan dan penulis naskah Scott Rosenberg dan Jeff Pinkner dijadwalkan rilis di Indonesia pada 4 Desember 2019.

Film pertamanya Jumanji: Welcome to The Jungle tayang pada tahun 2017. Jumanji: Welcome to The Jungle merupakan film garapan Sony dengan keuntungan terbesar di Amerika Utara. Film ini adalah film kedua Sony yang terlaris di dunia setelah Skyfall. Box Office Mojo mencatat film ini menghasilkan lebih dari USD962 juta. Selain itu, Jumanji: Welcome to The Jungle berada pada peringkat 45 film terlaris sepanjang masa.

Dwayne Johnson, Karen Gillan, Jack Black, dan Kevin Hart masih menjadi bintang di film kedua. Namun, kamu juga akan melihat pemain baru antara lain Danny Devito dan Danny Glover.

Hampir sama dengan film pertamanya, film kedua ini berkisah tentang sekelompok orang yang terjebak dalam dunia game. Selanjutnya, mereka harus menyelesaikan permainan agar bisa kembali pulang. Di film kedua ini, mereka akan terlibat petualangan di padang pasir, gunung es, dan hutan belantara.

(Baca juga: Frozen II Tayang, Ini Tips Bawa Anak Nonton ke Bioskop)

2. Star Wars: The Rise of Skywalker

Star Wars: The Rise of Skywalker akan tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 18 Desember 2019. Film karya sutradara J. J. Abrams ini merupakan edisi terakhir dari kisah yang mulai tayang di bioskop pertama kali pada tahun 1977. So pasti, film ini sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Star Wars.

Mark Hamill kembali memerankan karakter Luke Skywalker. Kamu juga akan menikmati akting Daisy Ridley, Lupita Nyong’o, Adam Driver, John Boyega, Domhnall Gleeson, Kelly Marie Tran, Joonas Suotamo, dan Oscar Isaac.

3. Ip Man 4: The Finale

Setelah beberapa tahun rehat, kamu yang sudah menanti-nanti kehadiran Ip Man, bisa menikmati film terbarunya di akhir tahun ini yaitu Ip Man 4: The Finale. Film tersebut dijadwalkan tayang pada tanggal 20 Desember 2019. Film yang disutradarai Wilson Yip ini dibintangi oleh Donnie Yen, Scott Adkins, Jim Liu, Kwok-kwan Chan, Chris Collins, Vanness Wu, hingga Kent Cheng.

Tiga film sebelumnya mengambil latar belakang di negara kelahiran Ip Man, sedangkan untuk film terbarunya Ip Man datang ke Amerika Serikat untuk membantu muridnya. Sang murid membuka sekolah seni bela diri di Amerika Serikat dan mendapatkan diskriminasi rasial.

4. Habibie & Ainun 3

Tokoh besar B. J. Habibie baru saja berpulang pada bulan September 2019 lalu. Kisah hidupnya memang inspiratif. Maka dari itu, kisahnya diangkat ke layar lebar. Di bulan terakhir tahun ini, film Habibie & Ainun 3 akan tayang tepatnya pada tanggal 19 Desember 2019.

Aktor Reza Rahadian kembali memerankan tokoh Habibie seperti dalam dua film sebelumnya. Sementara tokoh Ainun kini diperankan oleh Maudy Ayunda. Nama-nama lain yang menghiasi film ini yaitu Lukman Sardi, Jefri Nichol, Marcella Zalianty, Aghniny Haque, Rebecca Klopper, Eric Febrian, dan lain-lain. Pada film ketiga ini akan tersuguh kisah masa muda almarhumah Hasri Ainun Besari Habibie.

5. Black Christmas

Kalau kamu pengen nonton film bernuansa natal, kamu bisa pilih Black Christmas sebagai list tontonan bulan ini. Black Christmas merupakan film horor yang menceritakan sekelompok mahasiswa yang diteror oleh orang asing ketika liburan Natal.

Sekelompok mahasiswa tersebut kemudian menemukan petunjuk tentang pembunuh yang merupakan bagian dari konspirasi jahat di unversitas mereka. Film ini dijadwalkan akan tayang di bioskop pada 13 Desember 2019.

Bintang yang menghiasi film ini mulai dari Lucy Currey, Madeleine Adams, Ben Black, Imogen Poots, Aleyse Shannon, Lily Donoghue, Brittany O Grady, Cary Elwes, Caleb Eberhardt, Simon Mead, Lucy Currey, Madeleine Adams, dan Ben Black.

(Baca juga: 6 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Tanpa Lewat ‘Orang Dalam’)
Kiat Hemat Nonton Bioskop

Nonton bioskop memang menyenangkan ya! Kalau kamu demen banget nonton, dan pengen nonton dengan hemat, sebenernya banyak cara yang bisa lakukan, diantaranya:

  • Manfaatkan promo kartu kredit

Kalau kamu pengguna kartu kredit, pasti kamu paham kalau penyelenggara kartu kredit alias bank itu sering banget ngadain promo. Mereka kerja sama dengan restoran, hotel, tempat wisata, supermarket, ritel fesyen, dan pihak-pihak lainnya untuk mengadakan promo. Promo yang ada bisa berupa cashback, diskon, atau bentuk lainnya yang memanjakan pengguna kartu kredit.

Salah satu promo yang bisa kamu manfaatin adalah promo dari kartu kredit BRI Visa Touch yang berlaku di seluruh outlet CGV Cinemas. Promonya adalah beli 1 gratis 1 untuk regular class dan berlaku setiap hari Kamis. Promo tersebut berlangsung hingga 31 Desember 2019. Selain itu, promo ini berlaku untuk 1 tiket per kartu per hari dan tidak berlaku kelipatan.

  • Coba beli tiket bioskop via aplikasi

Kamu juga bisa coba mengunduh aplikasi online yang menjual tiket bioskop seperti Go-Tix, Tix ID, dan BookMyShow. Keuntungan yang kamu dapetin kalau beli tiket di aplikasi adalah kamu gak perlu ngantri lagi. 

Nah, selain itu, aplikasi semacam itu juga kerap mengadakan promo yang membantu kamu bisa lebih hemat. Ya, kamu bisa nikmatin promo berupa potongan harga atau lainnya, enak kan?

  • Selektif pilih bioskop

Sejatinya, harga tiket bioskop berbeda-beda satu sama lainnya. Kalau kamu mau nurunin gengsi, gak perlulah harus selalu nonton bioskop di mal elit yang sudah pasti memasang harga mahal. Cobalah kamu lebih selektif lagi dalam memilih bioskop jika ingin menemukan harga tiket yang murah.

Untuk mendapatkan informasinya, kamu bisa melihat satu per satu website masing-masing jaringan bioskop misalnya cgv.id. Carilah bioskop yang lokasinya dekat dari tempat tinggal atau kantormu yang memasang harga termurah.

  • Nonton saat weekday

Waktu paling enak buat nonton memang di akhir pekan. Namun, kenapa enggak nonton di saat weekday kalau kamu bisa dapetin harga tiket jauh lebih murah? Cobalah curi-curi waktu sepulang kerja buat nonton bersama orang terdekat.

Keuntungan nonton saat weekday selain harga tiket yang lebih murah, kamu juga bisa punya lebih banyak waktu saat weekend untuk melakukan hal-hal lainnya. Selamat nonton ya!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.