Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Gestur Tubuh yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional Saat Interview Kerja

by Rafly Aditia on 14 September, 2016

tips interview kerja _ Kartu kredit - CekAja.com

Gestur tubuh atau sikap tubuh ternyata dinilai dalam sebuah interview kerja. Meski pengalaman dan kemampuan jadi faktor utama diterima atau tidaknya kamu bekerja, usahakanlah untuk menyempurnakannya dengan komunikasi yang jelas dan sikap tubuh yang baik.

Bila ingin interview kamu berjalan lancar, sebaiknya hindari 5 gestur tubuh berikut ini:

Kebanyakan kontak mata

Sebuah fakta mengejutkan terungkap. Berdasarkan sejumlah penelitian, pencari kerja yang terlalu banyak melakukan kontak mata saat wawancara seringkali gagal mendapatkan pekerjaan. Bagi sebagian orang, dan bisa saja pewawancara kerja yang mewawancaraimu salah satunya, kontak mata terlalu sering membuat kurang nyaman.

Namun, orang yang tidak melakukan kontak mata sama sekali juga dicurigai memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Untuk itu, usahakanlah tetap melakukan kontak mata saat kamu diwawancara namun tidak berlebihan.. (Baca juga: Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya Jika Punya 10 Pemikiran Ini)

Jabat tangan yang lemah

Jabat tangan harus kamu manfaatkan dengan baik karena gestur satu ini bisa memberi kesan pertama yang diinginkan pewawancara. Faktanya, jabat tangan yang lemah sering ditafsirkan sebagai kurangnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, berikan genggaman yang kuat namun hangat dan penuh rasa bersahabat saat mengenalkan diri untuk pertama kali. Tapi ingat, jangan berlebihan karena kamu bisa dianggap tidak sopan.

Menyilangkan tangan

Kalau kamu punya kebiasaan menyilangkan tangan saat interview, mungkin hal tersebut jadalah alasan kenapa sampai saat ini  kamu belum memperoleh pekerjaan. Pasalnya, menyilangkan tangan bakal membuat diri kamu terlihat defensif dan kaku. Jadi, sebaiknya kamu tidak usah lagi melakukan gestur yang satu ini dalam wawancara.

Ladies, jangan mainkan rambutmu

Buat para wanita, jangan pernah memainkan rambut saat interview kerja. Sebab, sikap tersebut menandakan kamu sedang berada dalam suasana yang tidak formal dan memberikan kesan  kekanak-kanakan. Pastinya sifat ini bukan hal yang diharapkan perusahaan saat mencari kandidat karyawannya. (Baca juga: Ini Sebabnya Orang dengan Gaji Rp 5 juta Harus Beli Rumah Sekarang)

Jarang senyum

Senyuman sangat penting saat kamu bertatap muka dengan orang lain, apalagi saat interview. Apabila kamu jarang senyum, kamu dianggap sebagai orang yang kurang bersahabat atau tidak mampu mengendalikan ketegangan.

Butuh kartu kredit yang memberikan banyak diskon belanja di pusat perbelanjaan modern? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.