Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Uang Bonus

by Rafly Aditia on 29 Januari, 2016

Tidak sedikit orang yang justru bingung saat mendapatkan bonus dari tempat kerja. Padahal, dengan sedikit kreativitas, ada beberapa hal bermanfaat yang bisa dilakukan dengan uang bonus tersebut. Nah, daripada kamu bingung dan ujung-ujungnya menghabiskan bonus tersebut untuk memuaskan keinginan belanja, setidaknya ada 5 hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan dengan uang bonus tersebut, antara lain:

1. Investasi reksadana

Apabila kamu mendapatkan uang bonus dengan jumlah yang tidak terlampau besar. Sebaiknya investasikan uang tersebut ke instrumen reksadana. Mengapa reksadana? Karena dengan uang senilai Rp 500 ribu sekalipun kamu bisa berinvestasi di reksadana.

Dengan diinvestasikan, uang bonus yang kamu dapatkan dari perusahaan tidak lagi habis dengan percuma. Malah, uang ini bisa beranak pinak apabila hal ini kamu lakukan secara rutin.

(Baca juga: Gaji 3, Juta Pilih Investasi Deposito atau Reksadana?)

2. Modal bisnis

Tidak ada salahnya menjadikan bonus dari kantor sebagai modal bisnis kecil-kecilan. Asumsinya apabila kamu mendapatkan bonus Rp 10 juta, kamu bisa menggunakannya untuk membuka bisnis kecil-kecilan seperti warung kelontongan atau bisnis online seperti berjualan baju.

3. Beli saham

Ada baiknya kamu mengumpulkan seluruh bonus sampai beberapa tahun ke depan. Jika uang sudah cukup banyak, hasil bonus yang sudah ditabungk selama bertahun-tahun bisa kamu jadikan modal untuk berinvestasi di pasar saham.

Kamu bisa membeli saham-saham blue chips yang memiliki prospek cerah ke depannya. Sehingga uang bonus tersebut semakin menjadi berkali-kali lipat nantinya.

4. Uang muka rumah

Apabila kamu memiliki keinginan untuk membeli rumah dalam waktu dekat, maka gunakan bonus itu untuk menambah tabungan uang muka rumah.

Berapapun jumlahnya, akan sangat bermanfaat jika kamu memang membutuhkan uang untuk membeli rumah. Maklum, saat membeli rumah, tidak cuma harga rumah yang harus kamu cover melainkan biaya-biaya lain yang jumlahnya tidak kecil.

5. Beli mobil

Selain menggunakan uang bonus untuk menambahkan tabungan uang muka rumah, kamu juga bisa menggunakannya untuk menambah tabungan membeli mobil. Jika kamu belum mampu membeli mobil secara cash, gunakan hasil bonus tersebut sebagai tambahan uang muka kredit mobil.

(Baca juga: Daftar Mobil Murah Terbaik yang Bisa Kamu Beli di Tahun 2016)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami