Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Batal Puasa

by Gito on 9 Mei, 2019

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan juga ampunan itu dipercaya sebagai bulan yang dapat mensucikan manusia seperti saat pertama kali dilahirkan.

Selama satu bulan penuh kaum Muslim melaksanakan ibadah puasa dengan menahan hawa nafsu, makan dan juga minum tanpa mengubah aktivitas hariannya. Puasa memang tidak ringan untuk dilakukan, ada banyak godaaan dan tantangan yang harus ditaklukan demi mencapai kesempurnaan dalam ibadah.

Sedemikian sulitnya menjalankan ibadah itu, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan saat sepulang dari perang Badar, “Kalian telah pulang dari pertempuran kecil menuju pertempuran akbar.” Lalu salah seorang sahabat Nabi bertanya, “Apakah pertempuran akbar itu wahai Rasulullah?”

Rasul menjawab, “Jihad (memerangi) hawa nafsu.” Dikatakan peperangan akbar lantaran manusia harus melawan dirinya sendiri untuk mencapai kemenangan.

(Baca juga: Cara Mudah Mengajak Anak Berpuasa Pertama Kali)

Jihad sendiri dalam agama Islam bukanlah berarti selalu perang fisik tetapi perang batin untuk melawan nafsu juga masuk dalam kategori jihad.

Sementara umumnya kebanyakan dari kita hanya mengenal hal yang membatalkan puasa hanyalah makan dan minum. Tetapi sebenarnya ada beberapa kegiatan yang jika dilakukan berpotensi membatalkan puasa kamu.

Padahal keutamaan bulan Ramadan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Nah sayang bukan jika bulan Ramadan ini terlewatkan begitu saja, ditambah belum tentu juga kita bisa bertemu dengan Ramadan di tahun depan. Agar puasa kamu berjalan lancar, simak  beberapa hal yang bisa membuat batal puasa kamu yuk!

  1. Menyikat gigi

Aktivitas ini hingga sekarang masih menimbulkan perdebatan. Pasalnya ada yang berpendapat bahwa dengan melakukan sikat gigi, terlebih saat siang hari akan menimbulkan sensasi segar di mulut.

Hal itu belum lagi ditambah dengan adanya potensi air yang tertelan saat kumur dilakukan pasca menggosok gigi. Namun menjaga kesehatan gigi dan mulut juga tak kalah pentingnya, maka sebagian juga ada yang mengatakan bahwa hal itu makruh atau lebih baik jangan dilakukan walaupun tidak membatalkan puasa.

Tetapi sejatinya apapun itu, semua tergantung dari niat kamu masing-masing. Apakah sikat gigi yang kamu lakukan agar mendapatkan rasa segar dimulut atau untuk menjaga kesehatan.

  1. Berenang

Yang membatalkan dalam aktivitas renang bukanlah tubuh kita yang basah terkena air dan menimbulkan kesegaran. Melainkan adanya potensi air tertelan saat renang.

Oleh karena itu, meskipun aktivitas renangnya tidak dilarang, lebih baik dihindari lantaran adanya potensi puasa kamu bakal batal jika air di kolam renang tertelan. Hal itu masuk dalam salah satu hukum puasa, yakni tidak memasukkan benda ke bagian tubuh secara sengaja.

  1. Kumur-kumur

Saat kita kecil mungkin sering diingatkan oleh orang tua bahwa berkumur-kumur bisa membatalkan puasa. Padahal selama tidak ada air yang tertelan ke dalam tubuh, kumur-kumur boleh saja dilakukan.

Karena saat berwudhu untuk melakukan ibadah Sholat, ada prosesi berkumurnya juga bukan? Jadi selama tidak ada yang tertelan, tidak apa-apa. Walaupun jika dilakukan terlalu sering juga bisa berpotensi menghilangkan keutamaan puasa kamu meskipun tidak membatalkannya.

Jadi berkumurlah seperlunya. Jangan juga setiap satu jam kamu berkumur. Hal itu malah membuat potensi air tertelan semakin besar dan imbasnya puasa kamu bisa batal. Sayang kan?

  1. Pakai obat tetes mata

Saat kamu merasakan sakit mata yang perih dan juga gatal, menggunakan obat tetes mata merupakan salah satu hal yang bermanfaat untuk mengurangi gejala yang timbul akibat virus mata tersebut. Namun apakah hal itu membatalkan puasa?

Kembali ke niatan awalnya, menggunakan obat tetes mata memang berarti memasukkan sesuatu ke bagian tubuh. Tetapi hal itu untuk proses pengobatan. Ditambah obat yang digunakan bukanlah obat minum yang membutuhkan air untuk mendorongnya masuk ke saluran pencernaan.

Jadi saat kamu kebetulan sedang merasakan sakit di bagian mata, tidak ada salahnya menggunakan obat tetes mata untuk menyembuhkan. Dengan berkurangnya efek dari sakit mata, puasa kamu akan lebih nyaman dan lancar untuk dijalankan.

  1. Jaga mata

Berpuasa berarti juga menjaga pandangan. Saat tidak berpuasa saja dianjurkan untuk menjaga pandangan kepada lawan jenis. Hal itu dimaksudkan agar tidak muncul nafsu terhadap lawan jenis yang akhirnya akan menggugurkan pahala puasa kamu.

Berpuasa juga berarti menahan hawa nafsu dari mulai terbit matahari hingga tenggelam. Untuk menyiasatinya, selama beribadah puasa kamu mungkin bisa menghindari tempat keramaian seperti mal ataupun tempat ramai lainnya. Perbanyak waktu untuk beribadah dan mengingat Allah SWT.

Saking utamanya bulan Ramadan, jika kamu melakukan tidur juga itu dianggap ibadah. Karena melalui tidur bisa terhindar dari hal-hal yang berpotensi menggerus pahala puasa atau bahkan membatalkannya. Tetapi jangan kebanyakan tidur juga, karena hal itu akan menjadi hal yang sia-sia.

(Baca juga: Puasa dan Lebaran Zaman Now: Pakai Gadget Buat Permudah Ibadah)

Nah agar puasa kamu berjalan tenang dan lancar, jangan lupa mencicil untuk melakukan sejumlah persiapan merayakan hari kemenangan nanti. Salah satunya dengan memanfaatkan promo kartu kredit yang biasanya banyak bermunculan selama Ramadan dan Lebaran.

JIka kamu belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir, ajukan di CekAJa.com situs marketplace terbaik untuk beragam produk keuangan.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami