Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Hal Penting Ini Harus Anda Miliki di Usia 30

by Miftahul Khoer on 18 Oktober, 2018

Anda sudah menginjak usia 30 tahun? Ya, sudah saatnya di usia tersebut Anda benar-benar harus bisa mandiri secara finansial. Paling tidak Anda sudah terlepas dari bayang-bayang bantuan orangtua.

beli rumah - CekAja.com

Di usia 30 tahun, Anda sudah harus mapan dan bisa mengatur sendiri keuangan. Angka 30 sendiri merupakan angka yang cukup matang menjalani hidup secara mandiri. Di mana, Anda sudah sangat dewasa baik secara pemikiran, perilaku atau pun menghidupi diri sendiri.

Banyak yang bilang, di usia 30 tahun, seseorang harus sudah mengejar target yang ingin dicapai. Berikut lima hal yang seharusnya sudah dimiliki oleh orang yang berusia 30 tahun.

Rumah impian

Kebutuhan primer setiap orang adalah sandang, pangan dan papan. Sebagian besar masalah sandang dan pangan mungkin sudah tercukupi. Namun, soal papan atau rumah, terkadang banyak orang yang belum mampu merealisasikannya.

Idealnya, saat menginjak usia 30 tahun, Anda harus sudah memikirkan untuk memiliki rumah impian. Rumah bisa didapat dengan cara membangun sendiri, membeli secara tunai atau membeli secara kredit.

Paling tidak, jika Anda sudah berkeluarga, Anda harus sudah hidup mandiri dengan pasangan tanpa menumpang tinggal di rumah orangtua atau mertua. Jika memang masih merasa kesulitan finansial, Anda bisa menyewa atau mengontrak rumah.

Namun, secara perhitungan, biaya sewa rumah seringkali setara dengan biaya cicilan kredit pemilikan rumah (KPR). Dengan demikian banyak pihak yang merekomendasikan lebih baik kredit rumah ketimbang sewa atau ngontrak.

Kendaraan pribadi

Zaman sekarang hampir semua orang pasti memiliki kendaraan bermotor. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya angka penjualan kendaraan bermotor baik roda dua atau pun roda empat.

Kendaraan merupakan alat transportasi yang cukup penting untuk mobilitas kerja, bisnis atau keluarga. Di usia 30 tahun, sudah saatnya Anda memiliki kendaraan untuk menopang segala keperluan Anda.

Memiliki kendaraan sendiri baik mobil atau motor bisa menghemat pengeluaran ketimbang setiap hari naik transportasi umum. Oleh karena itu usahakan Anda bisa memiliki kendaraan sebagai alat transportasi yang aman dan nyaman.

Namun, memiliki kendaraan sendiri bukanlah sebuah keharusan. Karena masih terdapat sebagian orang yang merasa lebih baik menggunakan kendaraan umum.

Tetapi inilah pilihan. Jika Anda merasa menggunakan kendaraan lebih nyaman dan aman dan menggunakan angkutan umum lebih baik, maka Anda yang putuskan.

(Baca juga: 5 Strategi Agar Capai Kemerdekaan Finansial)
Tabungan dan investasi

Baik Anda sebagai karyawan swasta, PNS atau wirausaha, pastikan untuk memiliki tabungan atau investasi. Dua hal ini sangat penting dijalankan bagi siapa pun Anda yang memiliki penghasilan.

Tentu Anda sering mendengar penghasilan seseorang yang cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-sehari. Dalam artian gaji seseorang memang pas-pasan. Maka dari itu, harus ada yang dievaluasi dari pola pengelolaan keuangan Anda.

Usahakan sebisa mungkin Anda menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan. Anda bisa menyisihkan sebagian uang di bank atau diinvestasikan di emas, reksadana dan saham.

Saat ini banyak kemudahan yang bisa dinikmati masyarakat untuk bisa berinvestasi di pasar modal. Jika dulu masyarakat mendengar kata saham itu terkesan ‘menyeramkan’ karena hanya bisa diakses oleh orang kaya, maka sekarang investasi saham bisa dijalankan oleh setiap orang.

Dari sinilah masyarakat harus sudah melek atau paham soal literasi keuangan. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas berinvestasi di mana saja. Pastikan kalau mau berinvestasi pilih perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, karena sekarang banyak kasus investasi bodong yang merugikan masyarakat.

(Baca juga: 10 Tanda Kalau Kamu Sudah Merdeka dari Kesulitan Finansial)
Proteksi diri

Memiliki asuransi untuk proteksi diri memang tidak perlu menunggu usia 30 tahun. Bahkan lebih baik memiliki proteksi diri harus dilakukan sejak jauh-jauh hari seiring peristiwa kecelakaan yang menimpa kita tidak ada bisa memprediksi.

Namun, karena usia 30 tahunan disebut angka yang cukup mapan bagi seseorang, maka memiliki asuransi merupakan sebuah keharusan.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda memiliki asuransi jiwa misalnya. Pertama, Anda bisa melindungi diri dan keluarga dari kejadian-kejadian yang tak terduga seperti kecelakaan, sakit hingga kematian.

Dengan memilki asuransi jiwa, maka Anda tidak perlu khawatir, karena pihak perusahaan asuransi akan menanggung secara finansial ketika Anda sebagai sumber penghasilan utama meninggal dunia. Pihak keluarga juga akan memeroleh tanggungan berupa biaya pendidikan anak dan lainnya.

Selain itu, dengan asuransi juga dalam hal ini asuransi kesehatan, Anda akan memperoleh tanggungan biaya rumah sakit dan pengobatan. Selain asuransi jiwa dan kesehatan, ada juga asuransi kendaraan yang bisa memberikan manfaat kepada Anda.

Memiliki pasangan hidup

Satu lagi target yang harus dicapai saat usia 30 tahunan adalah memiliki pasangan hidup. Sebagian orang menilai ketika seseorang menginjak usia 30 tahun, maka sudah saatnya dia harus sudah memiliki pasangan.

Bahkan banyak yang menyebutkan usia 30 tahun sedikit lebih terlambat untuk menikah. Karena idealnya seorang lelaku dan perempuan harus sudah menikah di usia 25 tahun hingga 28 tahun.

Namun, usia memang bukan patokan seseorang untuk memiliki pasangan hidup. Karena masih banyak masyarakat yang masih mengejar cita-cita untuk mencapai karir sehingga mengenyampingkan urusan pasangan hidup.

Nah, bagi Anda yang sudah usia 30 tahunan, apakah kelima hal di atas sudah Anda capai? JIka belum tak perlu berkecil hati, mulailah fokus memikirkan untuk berinvestasi ataupun mulai membuka usaha baru.  JIka Anda membutuhkan dana cepat untuk membuka usaha ataupun ingin membeli produk investasi, bandingkan dan ajukan di CekAja.com

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami