Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal Penting Soal Keuangan yang Sering Tidak Dipersiapkan Pensiunan

by Surtan Siahaan on 15 Juli, 2016

Banyak orang tua yang sudah memasuki pensiun tidak merencanakan pensiunnya dengan baik. Dan, sebagian besar dari mereka menyesal. Sebuah situs berita USNews pun mewawancarai sejumlah pensiunan di Amerika Serikat. Isi wawancaranya adalah apa yang akan mereka lakukan bila bisa mengulang periode produktif.

Karena hal ini sangat penting bagi masa depan kamu dan keluarga, tidak ada salahnya kita belajar dari kesalahan generasi orang tua kita dalam merencanakan pensiun. Seperti diadaptasi dari USNews, berikut 5 hal penting yang sering tidak dipersiapkan pensiunan:

Belajar mengenai bisnis dan keuangan

Meski pekerjaan yang kamu geluti tidak membutuhkan titel sarjana ekonomi, punya pengetahaun dasar mengenai bisnis dan keuangan dapat membantumu berinvestasi dengan baik. Hal ini diakui oleh Robert T King yang sekarang berusia 65 tahun.

Warga Seatle ini mengaku berkesempatan membeli real estate pada tahun 1970-an namun tidak mengambil kesempatan tersebut. Padahal, dia bisa kaya jika berani mengambil kesempatan tersebut. King mengaku bahwa kesempatan itu diambil karena dia terlalu takut dan tidak paham mengenai investasi. (Baca juga: Demam Pokémon Go Bikin Sejumlah Perusahaan Ini Untung Besar)

Gaji kecil bukan berarti tidak berinvestasi

Selama 14 tahun, Lorraine Shelstad bekerja sebagai misionaris di Thailand. Saat itu, dia hanya mendapatkan gaji yang sangat kecil. Meski dia mengaku bisa mendapatkan pekerjaan yang gajinya jauh lebih besar, Shelstad tidak merasa hal itu mempengaruhi kondisi finansialnya saat pensiun.

Meski gajinya kecil, dia menyisihkan sebagian untuk investasi. Setelah sabar membiakkan uang selama berpuluh puluh tahun, pensiunan berusia 74 tahun ini hidup di Columbia dan sanggup untuk melakukan traveling ke banyak negara setelah pensiun.

Jangan bingung antara pembelian dan investasi

Membeli barang berkualitas tinggi yang awet adalah pembelian cerdas. Namun, jangan artikan itu sebuah investasi. Banyak orang bingung dengan ua hal ini,” ujar Stevenson seorang pensiunan. Benda seperti mobil dan pakaian mengalami depresiasi seiring berjalannya waktu. Bahkan sebuah barang seni sekalipun bisa mengalmi penurunan harga ketika selera pasar berubah.

Menabung lebih awal

Banyak dari generasi orang tua kita menabung terlalu sedikit dari jumlah yang mereka butuhkan untuk pensiun. Oleh sebab itu, menabung harus dilakukan sedini mungkin. Bahkan sekalipun jumlahnya kecil, misalnya, hanya senilai harga tiket bioskop, akan sangat berarti jika dikumpulkan dalam jangka panjang. (Baca juga: Mau Menikah? Simak 16 Cara Membuat Biaya Pernikahan makin Murah)

Sebisa mungkin jaga kesehatan

Semua kerja keras yang kamu lakukan saat masih produktif tidak akan berguna bila kamu tidak mengurus diri dengan baik. Sebab, semua uang yang kamu kumpulkan akan terbuang untuk biaya pengobatan saat pensiun dengan kondisi kesehatan yang buruk. Shelstad bilang, menjaga kesehatan tidak perlu rumit dan mengeluarkan banyak uang. “Yang dibutuhkan hanya menjaga makanan dan olahraga secara teratur.

Tentang Penulis