Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Hal Tak Terduga yang Bisa Bikin Mata Kamu Minus

by Rafly Aditia on 4 September, 2016

jurusan akuntansi - CekAja.com

Selama ini banyak orang berpikir bahwa penyebab mata minus disebabkan kebiasaan umum seperti membaca saat tidur,  terlalu lama menatap layar komputer atau kurang makan buah dan sayuran.

Padahal, ada beberapa hal tidak terduga yang menjadi penyebab mata rabun alias minus. Untuk mencegah mata kamu mengalami kerusakan, ketahui 5 hal tak terduga yang bikin maka minus berikut ini:

Jarang ke luar rumah

Berdasarkan penelitian Archieve of Opthamology, anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah lebih mudah terkena mata minus. Sementara mereka yang sering bermain di luar memiliki risiko yang lebih rendah. Hal ini disebabkan intensitas cahaya lampu dengan matahari memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan mata, khususnya jarak antara lensa dengan retina. (Baca juga: Tips Mengadakan Pernikahan Mewah dengan Bujet Murah)

Kurang kena sinar matahari

Kalau kamu jarang terkena sinar matahari, maka risiko menderita mata rabun atau minus bakal lebih besar. Berdasarkan jurnal dari The Lancet, ditemukan fakta bahwa sinar ultra violet dari matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Suka merokok

Penelitian Cambridge University menemukan fakta bahwa asap rokok dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah menyebabkan mata berisiko mengalami rabun atau minus. Jadi, buat kamu yang sampai sekarang masih suka merokok segera hentikan kebiasaan buruk tersebut.

Baca buku atau menatap layar ponsel di mobil

Tahukah kamu membaca buku atau menatap layar ponsel di mobil dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata? Ya, karena pada waktu yang bersamaan mata kamu dipaksa untuk menjadi lebih fokus dan bekerja jauh lebih keras daripada seharusnya. Hal ini menyebabkan otot-otot mata menjadi cepat lelah dan membuat risiko terkena rabhun jadi lebih tinggi. (Baca juga: Fintech Akan Mengubah Perekonomian Indonesia)

Beli kacamata di sembarang tempat

Hentikan kebiasaan membeli kacamata baca di sembarang tempat. Karena bila kamu menggunakan kacamata yang tidak sesuai dengan kebutuhan mata, minus mata bisa jadi makin bertambah dan kamu bakal jadi makin rabun.

Butuh asuransi kesehatan yang dapat diterima di segala rumah sakit? Dapatkan produknya di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami