Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal Tentang Uang yang Harus Kamu Ketahui Kalau Ingin Kaya

by Rafly Aditia on 8 November, 2016

fakta uang - CekAja.com

Meski tidak semua hal bisa dibeli dengan uang, tapi kamu pasti setuju kalau untuk menjalani hidup yang menyenangkan uang sangat dibutuhkan.

Sayangnya, kerap kali orang tidak bisa mengatur bagaimana pengeluaran dan pemasukan uang dengan benar. Untuk itu, kamu perlu ketahui 5 karakter uang berikut ini kalau kamu mau kaya raya:

Uang harus diinvestasikan

Kalau mau kaya raya, jangan hanya menabung. Tetapi kamu perlu menginvestasikan uang. Kenapa begitu? Karena kalau hanya sekadar menabung, uang yang dimiliki jumlahnya tidak akan berkembang. Sementara ada inflasi, di mana nilai uang saat ini tidak lagi sama dengan nilai di masa depan.

Misalnya, saat ini uang Rp 15 ribu bisa digunakan membeli satu mangkuk bakso, sementara 5 tahun mendatang harga bakso akan menjadi Rp 25 ribu per mangkuk. Terbayang kan bagaimana jadinya kalau uang yang kamu miliki saat ini hanya ditabung? Bisa-bisa nanti kamu mengalami kebangkrutan.

(Baca juga: Tip Jitu Meraih Sukses Dapat Uang dari YouTube)

Mau uang terkumpul? Bikin tujuan yang jelas

Ketika ingin membeli sesuatu, kamu bakal lebih giat menabung dan akhirnya bisa membeli hal yang diinginkan meski harganya mahal. Sementara kalau kamu tidak ingin membeli apa-apa, seringkali uang gajian hanya dihamburkan untuk hal yang tidak perlu. Begitulah karakteristik uang. Kamu dapat mengumpulkannya bila memiliki tujuan yang spesifik dan jelas. Jadi mulai sekarang, cobalah buat tujuan yang spesifik seperti ingin beli rumah atau mengumpulkan uang muka untuk kredit mobil.

Coba pikirkan tujuan jangka panjang

Demi mengumpulkan uang, bukan hanya tujuan yang spesifik dan jelas saja yang harus ada tetapi perlu ada tujuan jangka panjang untuk mengontrol pengeluaran sehari-hari.

  • Misalnya kamu seorang perokok yang menghabiskan uang Rp 20 ribu per hari untuk satu bungkus rokok.
  • Pikirkan dalam jangka panjang, jika kamu merokok selama satu bulan kamu bakal menghabiskan Rp 600 ribu, Rp 7,2 juta setahun, dan Rp 36 juta hanya untuk merokok selama 5 tahun.
  • Padahal uang sebanyak itu bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti menambah modal usaha atau beli motor baru.
Uang hanya datang kepada orang yang mencintainya

Kamu harus mencintai uang agar uang datang kepadamu. Maksudnya bukan jadi tergila-gila pada uang. Ketika mencintai sesuatu, kamu bakal bekerja lebih keras untuk hal tersebut dan lebih menghargainya. Begitu pula dengan uang, semakin bekerja lebih keras untuk mendapatkan dan lebih menghargai uang maka kamu bisa jadi kaya raya. Ingat saja pepatah bilang, “If you want it, work for it” yang berarti kamu harus bekerja untuk hal yang kamu inginkan.

(Baca juga: 6 Cara Manajemen Keuangan ala Miliarder Agar Makin Kaya)

Sering-seringlah memberi pada orang lain

Dengan semakin sering memberi maka keran pemasukanmu bakal semakin terbuka lebar. Bahkan beberapa agama mengajarkan bahwa sebagian dari harta yang kamu miliki adalah hak orang lain, dan apabila kamu memberikan sebagian dari hartamu maka akan datang kebaikan yang berlipat.

Kebaikan yang datang bukan hanya berbentuk pemasukan atau uang saja, rasa senang dan berbagai hal lainnya seperti kesehatan serta hilangnya stres juga merupakan kebaikan yang muncul ketika memberikan uang untuk orang yang tepat.

Butuh dana tunai untuk penuhi kebutuhan mendesak? Gunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Daftar sekarang di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami