Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Hal yang Bikin Belanja Bulanan Wanita Lebih Mahal

by Ariesta on 20 Mei, 2016

belanja bulanan hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Wanita dikenal sebagai makhluk yang gemar belanja. Sudah gemar belanja, kebutuhannya juga banyak sehingga anggaran belanja per bulan lebih banyak jika dibandingkan dengan pria.

Belanja dianggap sebagai hiburan, pelepas stres, bahkan ajang bersosialisasi. Apalagi ditambah semakin majunya teknologi, kegiatan belanja semakin mudah dan hanya dilakukan dengan beberapa klik. Ditambah lagi, banyaknya diskon kartu kredit yang ditawarkan untuk aktivitas belanja online.

Kenapa sih wanita suka belanja? Dan apa saja yang menyebabkan belanjaan wanita lebih banyak dan lebih mahal?

Biaya perawatan wanita mahal

Wanita sangat peduli pada penampilan wajah. Inginnya punya wajah mulus, cantik, dan bersinar ala-ala aktris Korea. Segala macam tanda-tanda penuaan sebisa mungkin dicegah.

Dan krim wajah sekaligus perawatan wajah ini tidak bisa dibilang murah. Apalagi jika ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan. Itu baru wajah, belum perawatan kulit seperti lotion, sunblock, lulur, scrub, dan keperluan datang bulan.

Beda dengan pria yang cenderung tidak peduli. Jerawat satu atau dua tidak menurunkan rasa percaya diri. Perawatan wajah pria paling-paling hanya produk cukur, rambut pun hanya memakai gel.

Tidak seperti wanita, para pria menganggap memakai conditioner dan vitamin rambut sebagi kegiatan yang menghabiskan waktu. Beberapa pria malah tidak senang dengan perawatan kulit karena menganggap tidak jantan. Pria memang lebih praktis ya?

Wanita mengikuti mode terbaru

Bagi wanita, baju yang dikenakan bisa menceritakan kepribadian. Semuanya harus serasi dari kepala sampai ujung kaki. Tidak hanya atasa dan bawahan, tapi pemilihan makeup sampai jenis aksesoris. Bagi wanita, pantang mengenakan baju yang sama dua hari berturut-turut. (Baca juga: Momen yang Membuat Wanita Tak Berpikir Dua Kali untuk Mengeluarkan Uang)

Masalahnya mode sangat cepat berganti. Tak mengherankan jika di lemari wanita menumpuk baju-baju yang sudah out of date. Selain menghabiskan uang, kebiasaan selalu mengikuti mode terbaru juga menghabiskan waktu.

Nah para pria, kalau kamu heran kenapa wanita selalu lama dalam bersiap-siap, mungkin mereka bingung mana yang harus dipakai di antara segunung tumpukan baju.

Wanita menjalani diet

Urusan penampilan tidak terlepas dari berat badan. Demi tetap langsing, wanita menjalankan berbagai metode diet dan olahraga. Menu katering sehat khusus diet jelas berbeda dengan menu di warteg. Selain cara pengolahannya yang khusus, menu diet menggunakan bahan organik yang pasti lebih mahal.

Itu baru makanan, belum lagi obat pelangsing, biaya gym, dan personal trainer. Meski ada banyak olahraga  murah meriah, wanita tetap ingin memakai pakaian olahraga dan running shoes yang keren dong! (Baca juga: 8 Cara Ekstrem yang Dilakukan Wanita untuk Turunkan Berat Badan)

Wanita suka ngemil

Meski takut gemuk atau sedang diet, wanita tetap suka ngemil.  Makanan-makanan manis seperti cokelat, kue, dessert sulit ditolak wanita. Saat bad mood, sedih, atau bosan, camilan pun jadi pelarian. Padahal camilan bisa mengandung lebih banyak kalori dan gula dibandingkan makanan padat.

Kebanyakan ngemil selain tidak menyehatkan tubuh juga tidak menyehatkan dompet. Malah kadang anggaran camilan bisa lebih besar daripada kebutuhan pokok. Berbeda dengan pria, mereka tidak begitu suka ngemil. Tapi para pria jelas makan dengan porsi lebih banyak dari wanita.

Wanita mudah tergoda diskon

Kalau yang ini memang sudah jadi rahasia umum. Diskon mal, diskon online shop, diskon kartu kredit, apapun yang berlabel diskon pasti membuat wanita melirik dua kali.

Padahal barang yang didiskon sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Atau diskon tersebut hanya akal-akalan pemilik toko setelah sebelumnya menaikkan harga jual. (Baca juga: Tiga Tips Agar Tidak Terjebak Gimmick Diskon Saat Belanja Online)

Meski pria juga hobi belanja, terutama yang menyangkut gadget dan otomotif, mereka tetap akan pikir-pikir dulu sebelum membeli. Kalau wanita? Prinsipnya adalah lebih baik menyesal setelah membeli daripada menyesal karena tidak beli. Nah ladies, bagaimana denganmu?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami