Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Bikin Kantong Kamu Jebol Saat Berbelanja di Supermarket

by Rafly Aditia on 24 November, 2015

Belanja kebutuhan sehari-hari memang tidak boleh dilupakan. Setiap bulannya, kamu harus menyisakan waktu luang untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari entah itu di pasar maupun di supermarket.

Namun, seringkali tanpa disadari saat berbelanja di Supermarket ternyata kita menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan dengan perencanaan pengeluaran belanja sebelumnya.

Nah, hal-hal apa saja sih yang bisa bikin kita mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan perkiraan sebelumnya saat berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket? Berikut 5 hal yang bikin kantong jebol saat berbelanja di supermarket;

Rokok

Hal yang paling sering membuat kantong jebol adalah rokok!. Ya, bagi para perokok kebutuhan akan rokok tidak bisa diganggu gugat. Namun, seringkali saat di supermarket mereka atau mungkin kamu yang juga perokok membeli rokok padahal kamu masih memiliki satu bungkus rokok di kantongmu.

Kebiasaan buruk ini tidak hanya membuat dompet kamu makin menipis, tetapi juga kesehatanmu yang begitu berharga harus dirusak oleh zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok. So, sudah saatnya bagi kamu untuk berhenti merokok mulai dari sekarang!

(Baca juga: 5 Cara Bisa Dapat Uang Banyak Walau Hanya Kerja Freelance)

Minuman ringan

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat menunggu di kasir untuk melakukan pembayaran terasa sangat membosankan apalagi kalau yang antre di kasir pada saat itu banyak.

Sayangnya, untuk mengatasi kebosanan ini orang-orang dan mungkin termasuk mengambil satu atau dua minuman ringan untuk diminum pada saat mengantre. Percayalah, ini merupakan salah satu tindakan pemborosan yang memicu terjadinya impulsive buying.

Cemilan

Berbicara tentang cemilan, maka supermarket merupakan surganya. Banyak sekali makanan-makanan ringan yang menggoda untuk dimasukkan ke keranjang belanja. Tidak ada salahnya memang untuk membeli cemilan, karena cemilan bisa membuat kamu tidak bosan pada saat bekerja atau menahan sedikit rasa lapar pada saat-saat penting.

Namun, bukan berarti kamu harus membelinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena tanpa kamu sadari ada beberapa cemilan favoritmu yang harganya cukup mahal, membelinya dalam jumlah berlebihan akan membuat anggaran belanjamu membengkak.

(Baca juga: Diskon Gila-gilaan Black Friday? Pantau 4 Situs Ini Dari Sekarang)

Diskon

Kalau yang satu ini, biasanya tidak pernah dilewatkan oleh para kaum hawa. Ya, ketika melihat ada tulisan diskon, potongan harga, buy 1 get 1 dan sebagainya biasanya para kaum hawa langsung segera mengambil produk tersebut.

Sayangnya, seringkali produk-produk diskon yang kamu beli itu bukan merupakan kebutuhan kamu sebenarnya. Alih-alih ingin mendapatkan keuntungan dari diskon yang ada, kamu malah menjadi boros karena kamu membeli sesuatu diluar kebutuhan kamu

Barang-barang yang ada di dekat kasir

Bukan merupakan keraguan lagi bahwa barang-barang yang berada di dekat kasir merupakan pemicu utama dalam melakukan impulsive buying di supermarket dan sebagainya.

Cemilan kecil seperti coklat, permen, dan sebagainya yang sengaja ditaruh di dekat kasir akan membuatmu tertarik untuk mengambil dan membelinya sambil kamu menunggu giliranmu untuk membayar belanjaanmu.

Memang terlihat sepele, namun coklat dan permen-permen serta cemilan yang biasa ada di dekat kasir memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga, karena hanya godaan sesaat ketika kamu berada di dekat kasir, pengeluaran belanjamu bisa melambung tinggi loh.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.