Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Hindari Bau Mulut Saat Puasa

by Achmad Fauzi on 18 Mei, 2018

Bau mulut saat puasa memang sering dialami kebanyakan orang. Hal ini sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Bau mulut saat puasa bisa membuat Anda tidak percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bagaimana cara mengatasinya?

tips puasa

Bau mulut disebabkan oleh tidak adanya makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut saat berpuasa. Dengan begitu, mulut terasa kering dan kekurangan cairan air liur, sehingga terjadilah bau mulut.

Selain menganggu kegiatan sehari-hari, bau mulut jika bisa merugikan Anda. Misalnya jika Anda bertemu klien bisnis, klien pasti risih jika menghirup bau mulut saat sedang bercakap-cakap dengan Anda. Bisa saja, rencana bisnis Anda gagal hanya gara-gara klien merasa tidak nyaman dengan bau mulut Anda.

Maka dari itu, Anda harus berupaya mengatasi bau mulut, tetapi apakah bisa? Tentu sangat bisa. Nah berikut beberapa cara agar mulut Anda terhindar dari bau yang tidak enak.

Minum air putih yang banyak

Agar mulut Anda tidak kering dan mencegah cairan air liur berkurang, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.

Idealnya, sebanyak 8-10 gelas air putih harus kita minum selama sehari. Saat sahur, Anda bisa minum 3-4 gelas untuk mengisi cadangan cairan di dalam mulut Anda.

Dan, minumlah kembali saat buka puasa, usai solat tarawih, atau sebelum tidur, sehingga memenuhi 8-10 gelas per hari. Dengan begitu, mulut Anda tidak gampang mengalami kekeringan dan terhindar dari bau mulut.

(Baca juga: Ini Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadan)

Gosok gigi secara teratur

Saat berpuasa, tak lantas Anda melupakan kegiatan rutin sehari-hari yakni menggosok gigi. Usahakan Anda langsung menggosok gigi setelah sahur. Hal ini untuk menghilangkan makanan yang nyempil di gigi Anda. Karena, jika masih Ada makanan sisa yang nyempil, bisa jadi penyebab bau mulut.

Setelah berbuka puasa, Anda juga diharuskan untuk menggosok gigi. Perlu diingat, jangan hanya bagian gigi saja yang digosok, tetapi lidah juga perlu digosok. Saat ini, banyak alat penggosok gigi yang sudah termasuk penggosok lidah.

Gunakan obat kumur

Setelah Anda menggosok gigi, jangan lupa juga untuk menggunakan obat untuk membersihkan kotoran yang terdapat di gigi Anda. Obat kumur akan membunuh bakteri yang terdapat dalam mulut Anda. Selain itu, mulut Anda juga terasa segar jika berkumur dengan obat kumur.

Tidak hanya dengan obat kumur, Anda juga bisa berkumur dengan air garam sebelum tidur. Anda hanya perlu melarutkan sesendok makan garam di air. Perlu Anda ketahui, air garam dapat berperan seperti antiseptik yang akan membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Minum teh hijau

Meminum teh hijau juga bisa jadi alernatif untuk menghilangkan bau pada mulut. Karena, teh hijau mempunyai kandungan zat polyphenol yang juga berfungsi menghilangkan bakteri pada mulut. Anda bisa meminum teh hijau sesaat setelah berbuka puasa dan sahur.

Hindari makanan beraroma menyengat

Anda harus menghindari makanan beraroma menyengat agar mulut terhindar dari bau yang menyengat. Makanan-makanan itu seperti jengkol, petai, durian dan lain-lain yang dirasa memiliki bau menyengat. Disarankan, Anda harus menahan hasrat untuk memakan makanan itu.

Selain itu, hindari juga makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi. Karena bakteri akan mudah berkembang biak, jika dalam mulut Anda masih terdapat sisa gula.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut Anda. Dengan mulut segar, Anda bisa percaya diri bertemu dengan orang ataupun klien bisnis. Sehingga, bisnis Anda bisa berjalan lancar ataupun ide bisnis Anda bisa berhasil. (Baca juga: Ini 5 Bisnis yang Bisa Jadi Pesaing Es Kepal Milo)

Selalu jaga kesehatan tubuh Anda selama puasa. Lengkapi dengan perlindungan berupa asuransi kesehatan. CekAja.com membantu Anda menemukan asuransi kesehatan terbaik. Yuk cek!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.