Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Bisa Bikin Bisnis Kamu Sukses dan Anti-Bangkrut

by Rafly Aditia on 8 Maret, 2016

bisnis sukses - CekAja.com

Saat ini, profesi pengusaha banyak diminati oleh kebanyakan orang mulai dari lansia hingga anak muda. Namun, banyak yang tidak dapat bertahan lama dan jatuh bangkrut dalam tempo singkat. Apa sih penyebabnya?

Simpel saja, ternyata para pelaku usaha yang membangun bisnis tersebut tidak memiliki 5 hal wajib yag bisa membuat usahanya langgeng. Nah, kalau bisnis kamu gak mau bangkrut nantinya, ikuti 5 hal berikut ini:

Mental baja

Dalam bisnis tentunya akan ada siklus naik turun layaknya roda kehidupan. Kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. Untuk itu, kamu harus memiliki mental baja agar tidak mudah dan putus asa ketika menghadapi kegagalan.

Tentunya, akan ada beberapa kegagalan yang terjadi atau masalah-masalah yang cukup rumit ketika membangun bisnis sendiri. Tetapi, ketahuilah kegagalan dan masalah tersebut lah yang nantinya akan mengantarkan usahamu ke gerbang kesuksesan. Jadi, milikilah mental tahan banting layaknya baja kalau mau bisnis berkembang.

Keluwesan

Hal yang seringkali membuat bisnis bangkrut adalah terlalu terpaku terhadap pakem. Padahal berbisnis haruslah mengetahui dan mengikuti selera pasar yang selalu berubah seiring berjalannya  waktu.

Sehingga, keterbukaan akan ide-ide serta inovasi baru sangat diperlukan demi membuat bisnis bertahan dan terus berkembang. Kalau terlalu text book dengan tradisi yang sudah usang dan tidak cocok dengan keadaan saat ini, bisnis kamu bakal menuju kebangkrutan. (Baca juga: 7 Usaha Agrobisnis Menguntungkan yang Bisa Dilakukan di Rumah)

Ide brilian

Yang paling berpengaruh dalam berkembangnya sebuah bisnis adalah ide bisnis yang brilian. Hal-hal baru dan belum pernah ada sebelumnya menjadi suatu yang sangat dicari dan diinginkan masyarakat. Ide brilian dan berbeda ibarat sebuah permata yang begitu berharga.

Sedikit keberuntungan

Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali bisnis yang sebenarnya terlihat potensial dan dapat bertahan lama di pasar namun justru bangkrut karena hal-hal tak terduga. Dalam berbisnis ada peran dari keberuntungan yang bisa merubah keadaan.

 Sedikit keberuntungan dari yang maha kuasa dapat membuat bisnismu yang sebenarnya terlihat biasa saja mendadak menjadi meledak di pasar. (Baca juga: Cara Membuat Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan)

Kemampuan mengelola keuangan

Kamu sering melihat bisnis yang baru dirintis belum lama kemudian bangkrut? Atau sebuah perusahaan yang sudah lama berdiri tiba-tiba memutus hubungan kerja dengan banyak karyawannya? Sekali lagi, faktor perekonomian di daerah setempat sangat berpengaruh.

Tetapi dalam skala kecil, yang punya andil besar adalah benar atau tidaknya pengelolaan keuangan dalam bisnis tersebut. Sudah pasti bahwa kamu harus memiliki kemampuan mengelola keuangan yang baik kalau tidak ingin bisnismu bangkrut dan mati di tengah jalan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.