Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Miskin Setelah Pulang Liburan

by Rafly Aditia on 19 Desember, 2015

traveling ke Thailand - CekAja.com

Musim liburan akhir tahun sedikit lagi tiba. Beberapa dari kamu pasti sudah merencanakan pergi ke suatu tempat untuk menikmati wisata ke berbagai tempat. Ada yang sudah merencanakan libur ke daerah-daerah di wilayah Indonesia dan ada juga yang sudah berencana menikmati akhir tahun nanti di luar negeri.

Namun, walau perencanaan yang kamu siapkan sudah matang kamu juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa hal buruk yang mungkin saja menimpa kamu saat kamu menikmati liburan nanti. Jangan sampai karena kamu teledor, pulang dari liburan kamu keuangan kamu langsung berantakan dan bisa bikin kamu bangkrut.

Nah apa saja sih hal yang bisa bikin kamu mendadak miskin atau jatuh bangkrut setelah pulang liburan? Berikut 5 hal yang bikin kamu miskin setelah pulang berlibur;

Widget TRV Insurance

Mengalami kecelakaan

Saat kamu berpergian jauh, tentu ada beberapa resiko yang bisa saja menimpa kamu ketika nasib kamu sedang buruk. Salah satunya adalah kecelakaan, kecelakaan di tempat-tempat wisata memang merepotkan terutama bagi kamu yang pergi ke luar negeri.

Biaya rumah sakit yang mahal ketika kamu mengalami kecelakaan dan harus segera ditindak lanjuti akan membuat kantong kamu dan uang yang kamu miliki di ATM akan terkuras habis. Jadi, sebaiknya saat kamu berpergian kamu mengasuransikan perjalanan kamu untuk berjaga-jaga apabila kamu mengalami kecelakaan sehingga biaya rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi.

(Baca juga: Bangkrut Setelah Pulang Liburan, Ini Penyebabnya)

Jatuh sakit

Selain kecelakaan kemungkinan yang dapat terjadi dan membuat kamu kesulitan saat berlibur adalah jatuh sakit. Ya, terutama ketika kamu pergi ke luar negeri dan kamu harus berjibaku dengan cuaca yang kurang familiar bagi tubuh kamu maka kamu akan rentan terserang penyakit.

Lagi-lagi, biaya rumah sakit dan obat-obatan pun biasanya lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Untuk itu, demi menjaga tabungan kamu dari tagihan-tagihan rumah sakit kamu perlu mengasuransikan perjalanan kamu terlebih dahulu.

Kartu kredit diblokir

Ketika kamu pergi ke luar daerah atau luar negeri untuk liburan, biasanya kamu akan berpegang pada kartu kredit kamu. Mulai dari untuk reservasi hotel dan sebagainya kamu menggunakan kartu kredit. Nah, kamu harus jaga-jaga kalau kartu kredit kamu diblokir tiba-tiba.

Liburan yang kamu rencanakan bukan hanya jadi berantakan tapi bisa menjadi petaka bagi keuangan kamu nantinya.

Ketinggalan pesawat

Jangan sampai saat kamu liburan kamu ketinggalan pesawat karena alasan-alasan yang tidak bisa diterima, mulai dari telat karena bangun terlalu siang saat di hotel dan sebagainya. Hal ini tidak bisa ditolerir oleh pihak maskapai, sehingga uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli tiket pesawat akan melayang begitu saja.

Kecopetan

Hal yang sangat menjengkelkan ketika kamu pergi berlibur adalah mengalami kecopetan Ya, biasanya saat kamu pergi berlibur kamu akan memiliki penampilan yang sedikit berbeda dari orang-orang asli daerah tujuan kamu sehingga hal ini akan sangat terlihat dan dimanfaatkan oleh para penjahat yang berkeliaran.

Untuk berjaga-jaga, kamu sebaiknya selalu memperhatikan wilayah sekitar terutama saat di pusat perbelanjaan dan kendaraan umum karena tindak kriminalitas pencopetan di wilayah perbelanjaan sangat tinggi.

(Baca juga: Hindari 5 Tempat Wisata Ini Saat Musim Hujan)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.