Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Kartu Kredit di Luar Negeri

by Tisyrin N. T on 9 September, 2016

kartu kredit traveling_asuransi perjalanan - CekAja.com

Kamu yang senang travelling ke luar negeri wajib memiliki kartu kredit. Alasannya, Dengan mengantongi kartu yang satu ini, kamu akan sangat terbantu bila menghadapi situasi darurat. Misalnya kamu kehabisan mata uang negara setempat, kamu tidak perlu bingung, tinggal menggesek kartu kredit kamu bisa bertransaksi untuk banyak kebutuhan.

Karena itu, bagi kamu yang berencana plesir ke luar negeri tapi belum punya kartu kredit, sebaiknya segera pertimbangkan untuk mengajukan kartu kredit yang cocok untukmu. Selain itu, perhatikan 5 hal ini ketika akan menggunakan kartu kredit di luar negeri.

Gunakan kartu kredit yang memberi bonus transaksi di luar negeri

Jangan terburu-buru saat membuat kartu kredit, coba bandingkan terlebih dahulu kartu kredit satu dengan lainnya. Kamu merasa repot utuk melakukannya sendiri? Lakukan perbandingan produk finansial di situs ini. Sebaiknya, kamu juga mencari tahu kartu kredit yang memberikan benefit saat bertransaksi di luar negeri seperti benefit bonus transaksi bahkan diskon belanja.

(Baca juga: Kamu Adalah Kelas Menengah Yang Susah Kaya Jika Punya 10 Pemikiran Ini)

Perhatikan biaya transaksi di luar negeri

Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang biaya transaksi di luar negeri. Jangan sampai kamu  kaget setelah mendapatkan tagihan. Jika kamu sudah mendapatkan informasinya, kamu pun akan lebih selektif saat melakukan transaksi di luar negeri. Biaya transaksi di luar negeri antara lain biaya konversi mata uang asing dan biaya tarik tunai.

Melapor kepada bank penerbit kartu kredit

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu sudah melaporkannya, masalah seperti kartu kredit mengalami penolakan saat bertransaksi di suatu merchant, bisa diminimalisir.

Minta kenaikan limit sementara

Sebelum hari keberangkatan, coba cek limit kartu kreditmu. Untuk berjaga-jaga, kamu perlu meminta kenaikan limit sementara. Tujuannya agar kamu lebih tenang karena tidak akan mengalami penolakan saat transaksi karena kartu kredit sudah mencapai limit.

(Baca juga: Mengapa Bisnis Sampingan yang Kamu Bangun Sulit ‘Naik Kelas’?)

Simpan kartu kredit di dompet anti scan

Kamu bisa membeli dompet anti scan sebelum berpergian ke luar negeri. Dompet semacam ini tersedia di online shop internasional seperti Amazon. Kamu perlu melakukannya karena penjahat bisa membobol kartumu meski tidak menyentuhnya secara langsung. Mereka hanya perlu memakai scanner RFID dan langsung bisa mendapatkan data-datamu. Bahaya kan?

Kamu berencana melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat? Dapatkan segera kartu kredit yang mendukung kebutuhanmu di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami