Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Peserta Tes SKD CPNS 2019

by Anes Saputra on 4 Februari, 2020

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah memasuki tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Seleksi ini merupakan lanjutan bagi pelamar yang dinyatakan lulus dari tahapan seleksi administrasi.

latihan soal CPNS

Sebagaimana diketahui, dari tujuh tahapan penerimaan CPNS, para pelamar sedikitnya akan melewati tiga seleksi. Berhasil melewati tiga seleksi ini, berarti kamu tinggal selangkah lagi menjadi CPNS. Ketiga seleksi itu adalah Seleksi Administrasi, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

SKD telah dimulai sejak akhir Januari lalu, pada tahapan ini, kamu harus berjuang agar mendapatkan nilai setinggi-tingginya di atas nilai ambang batas atau passing grade. Adapun total nilai ambang batas untuk SKD CPNS 2019 ini adalah 271.

Nah, untuk kamu yang telah memenuhi persyaratan Seleksi Administrasi dan tengah menunggu waktu pelaksanaan SKD, ada baiknya persiapkan dirimu sebaik mungkin. Perhatikan hal-hal berikut agar SKD dapat kamu jalani dengan maksimal.

1. Latihan Soal

Melatih diri dengan mengerjakan soal-soal SKD CPNS bakal membuat kamu terbiasa dan dapat memahami konsep-konsep soal SKD. Saat ini banyak materi-materi tes SKD CPNS yang bisa kamu pelajari, baik di internet maupun di buku-buku yang beredar di pasaran.

Kamu tidak perlu mempelajari semua hal. Sebab, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) melalui Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 23 Tahun 2019 telah memberikan kisi-kisi mengenai materi tes SKD.

(Baca juga: Cobain! 3 Portal Online untuk Latihan Soal Tes CPNS)

Berdasarkan PermenPAN-RB tersebut, materi SKD CPNS kali ini meliputi:

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasioalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yang meliputi analogi, silogisme, dan analitis; kemampuan numerik yang meliputi berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan sial cerita; serta kemampuan figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan, dan serial.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, dan profesionalisme.
2. Datang ke Lokasi Tes Lebih Awal

Dalam sehari, tes SKD di satu lokasi tes biasanya dilakukan sampai beberapa sesi. Telitilah dalam membaca pengumuman terkait dengan hal ini.

Jangan sampai salah sesi apalagi salah lokasi. Sebab, kesalahan kamu dalam membaca dan memahami pengumuman bukanlah tanggung jawab panitia pelaksana.

Setelah mengetahui lokasi, hari, dan sesi tes SKD, usahakan kamu datang ke lokasi tes lebih awal. Sebaiknya kamu datang dua jam sebelum waktu tes kamu berlangsung.

Di lokasi tes, kamu harus melakukan verifikasi data dengan menunjukkan KTP asli dan kartu peserta ujian CPNS 2019. Dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti tes pada satu sesi ujian, waktumu bakal dihabiskan untuk mengantre dalam melakukan verfikasi ini.

Selain verifikasi data, kamu juga harus melakukan registrasi untuk mendapatkan PIN peserta tes SKD. Kemudian menunggu di ruang tunggu sembari menonton video tutorial pengoperasian Computer Assisted Test (CAT) sebelum memasuki ruangan tes.

3. Sarapan yang cukup

Bagian ini tidak kalah penting untuk kamu perhatikan sebelum menjalani tes SKD CPNS 2019, khususnya untuk kamu yang kebagian waktu tes pada sesi satu dan sesi dua atau kamu yang bakal menjalani tes pada pagi dan menjelang siang.

Sarapan layaknya amunisi yang kamu perlukan sebelum kamu memulai “perang” pada hari tersebut. Jika dalam beraktivitas rutin sehari-hari saja kamu sangat dianjurkan untuk sarapan, terlebih lagi untuk kamu yang bakal mengikuti ujian. Jangan lewati bagian ini agar kamu memiliki energi yang cukup saat berjuang untuk menjadi abdi negara.

Kendati demikian, jangan pula menyantap sarapan dalam porsi yang berlebihan. Dikhawatirkan kamu malah sibuk dengan urusan “ke belakang” saat di lokasi tes.

Sebab, selain kamu harus mengikuti beberapa proses sebelum memasuki ruangan ujian, kamu tidak lagi diperkenankan izin untuk ke kamar kecil begitu sudah memasuki ruangan dan tes dimulai.

4. Bawa Barang Seperlunya

Kamu tidak usah membawa barang-barang berharga secara berlebihan ke lokasi tes SKD. Ingat, tujuan kamu datang ke lokasi adalah untuk mengikuti ujian. Selain itu, kamu juga tidak akan diperkenankan membawa barang-barang tersebut ke dalam ruangan tes.

Barang-barang yang kamu bawa harus kamu tinggalkan di luar ruang ujian. Biasanya panitia pelaksana menyediakan tempat penyimpanan barang atau loker. Adapun peserta hanya diperbolehkan membawa KTP dan kartu peserta ujian CPNS 2019 ke dalam ruangan CAT.

Untuk kebutuhan hitung-hitungan, kamu tidak perlu khawatir. Di ruangan CAT, panitia pelaksana telah menyediakan kertas dan pensil guna memenuhi kebutuhan untuk melakukan coret-coretan.

5. Tidak Harus Urut Mengerjakan Soal

Total soal tes SKD CPNS 2019 berjumlah 100 soal. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, total jumlah soal tersebut terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai ambang batas 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas 126.

(Baca juga: Wahai Calon PNS, Ini Hal-hal Terlarang Saat Ikut Ujian SKD)

Untuk soal TWK dan TIU, kamu akan mendapatkan nilai 5 jika menjawab soal dengan benar dan akan mendapatkan nilai 0 jika menjawab salah atau tidak menjawab. Adapun untuk soal TKP, jawaban atas soal kamu akan mendapatkan nilai terendah 1 dan nilai tertinggi 5, namun nilai 0 akan kamu dapatkan jika tidak menjawab soal.

Kamu diberi waktu 90 menit untuk mengikuti tes SKD tersebut. Jadi, kalau dirata-rata, kamu harus menjawab setiap soal dalam waktu kurang dari satu menit agar kamu bisa menjawab semua soal.

Salah satu strategi yang bisa kamu gunakan dalam menjawab soal SKD adalah kamu tidak harus menjawab soal sesuai urutan nomor. Dengan kata lain, kamu bisa menjawab soal yang anggap paling mudah terlebih dahulu. Sistem CAT memungkinkan kamu untuk bisa menjawab kembali soal yang sudah kamu lewati.

Dengan begitu, daripada waktu dan pikiranmu terkuras untuk memikirkan jawaban atas satu soal, ada baiknya kamu mengerjakan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Waktu yang tersisa di akhir bisa kamu manfaatkan untuk menjawab soal yang sebelumnya kamu ragu untuk menjawabnya.

Itu dia lima hal yang bisa kamu perhatikan saat menghadapi tes SKD CPNS 2019. Semoga tes kamu berjalan lancar dan terpilih menjadi Aparatur Sipil Negara!

Jangan lupa traktir kedua orang tua dan juga teman-teman dekat jika kamu berhasil lolos menjadi PNS ya. Manfaatkan kartu kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membayar traktiran di restoran favorit demi mendapatkan diskon yang menarik.

Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan dan gaya hidup kamu lewat CekAja.com ya.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke