Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Mobil Pribadi

by Rafly Aditia on 30 Juni, 2016

Mudik menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan. Apalagi kalau pergi mudiknya bersama keluarga, tentu bakal lebih asyik dan seru. Namun perlu kamu pahami, mudik menggunakan mobil pribadi bisa saja menimbulkan masalah kalau tidak dipersiapkan dengan benar.

Makanya, kamu harus mempersiapkan beberapa hal apabila ingin mudik Lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar. Berikut 5 hal yang harus dipersiapkan saat mudik dengan mobil pribadi:

Widget TRV Insurance

1. Pastikan bensin penuh

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah bensin mobil dalam keadaan full tank. Kamu harus pastikan bahwa bensin full sebelum pergi ke kampung halaman. Mengapa demikian? Karena biasanya jalanan di jalur mudik macet parah apalagi sektiar 2-3 hari sebelum Lebaran, jangan sampai mobil mogok karena kehabisan bensin.

Kalau kehabisan bensin di tengah perjalanan, pasti kamu bakal repot sendiri. Untuk itu, pastikan bahwa bensin mobil dalam keadaan full tank saat ingin memulai perjalanan.

(Baca juga: 6 Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor)

2. Jangan kelebihan muatan

Kelebihan muatan menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Boleh saja kamu pergi bersama dengan keluarga, tetapi jangan menggadaikan keselamatan keluarga. Sebaiknya bawa barang-barang dan jumlah penumpang secukupnya, kalau berlebihan pastinya tidak baik dan menimbulkan potensi kecelakaan.

3. Bawa ban cadangan

Simpel tetapi sering dilupakan banyak orang, padahal kalau dilupakan bisa menyusahkan dalam perjalanan. Ya, lupa membawa ban serep bisa bikin kamu pusing bukan kepalang kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Apabila jika di jalan ban mobilmu bocor karena tertusuk paku dan tidak ada tukang tambal ban, bisa-bisa rencana mudik jadi berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya bawa satu buah ban serep untuk berjaga-jaga.

4. Ingat, bawa dongkrak juga

Sudah bawa ban serep tapi lupa bawa dongkrak? Duh, sama saja bohong. Karena kalau bawa ban serep tapi tidak bawa dongkrak bagaimana cara kamu mengganti ban mobil? Pastinya kamu tidak bakal mengangkat mobil sendirian tanpa bantuan alat apapun.

Yang ada, bukannya mobil bisa kembali jalan justru malah makin rusak dan kamu bisa saja mengalami kecelakaan kecil saat mencoba memperbaikinya. Jadi, jangan pernah lupa bawa dongkrak.

(Baca juga: 4 Kisah yang Membuat Kamu Tidak Lagi Meremahkan Uang Receh)

5. Ke bengkel dulu sebelum mudik

Demi memastikan bahwa kendaran benar-benar siap untuk melakukan perjalanan jauh, segera bawa ke bengkel sebelum mudik. Hal ini untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan tidak rusak bahkan mogok di tengah perjalanan.

Bisa dibilang ini merupakan poin paling penting saat ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan yang tidak dalam kondisi layak pakai dan tidak prima jug merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan saat mudik.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.