Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Ingin Keluar Dari Pekerjaan

by Rafly Aditia on 15 Mei, 2016

resign kerja_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Resign kerja merupakan salah satu keputusan penting dalam hidup. Berbagai alasan seperti gaji yang terlalu kecil sampai dengan urusan pribadi dengan rekan sekantor juga bisa jadi penyebabnya. Tentunya, ketika memutuskan untuk keluar kerja kamu telah memikirkan matang-matang konsekuensinya.

Namun, apapun alasannya. Sebisa mungkin tinggalkan kesan yang baik tentang dirimu terhadap perusahaan. Maka dari itu, lakukanlah 5 hal berikut ini kalau ingin keluar dari pekerjaan:

Berikan one month notice

Hal yang satu ini sangat lumrah dalam dunia kerja. Kalau ingin keluar dari pekerjaanmu saat ini, sebaiknya berikan pemberitahuan kepada perusahaan satu bulan sebelumnya. One Month Notice sangat berguna bagi kamu dan perusahaan, lewat peringatan ini tentu perusahaan bisa lebih menghargai dan menganggapmu sebagai orang yang profesional. Untuk catatan, beberapa perusahaan bahkan memperbolehkan peringatan minimal dua minggu sebelum keluar dari pekerjaan.

Pastikan sudah mendapatkan pekerjaan lain

Jangan pernah keluar dari pekerjaan kalau kamu belum siap. Ketika keluar dari pekerjaan, sebaiknya pastikan bahwa kamu sudah teken kontrak di perusahaan lain. Atau setidaknya kamu sudah memiliki bisnis yang cukup stabil. Karena, kalau memutuskan resign tanpa memiliki pekerjaan dan sumber pendapatan bisa menjadi masalah.

Pastinya hidup harus terus bergulir dan membutuhkan uang untuk kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, pastikan kamu sudah dapat pekerjaan lain saat ingin keluar dari kantor yang sekarang.

(Baca juga: 9 Pertanyaan yang Mesti Kamu Tanyakan Ketika Interview Kerja)

Jangan membicarakan alasan kamu keluar dari pekerjaan

Sebaiknya jangan pernah membicarakan alasan keluar dari pekerjaan dengan rekan sekantor secara detil. Mungkin saja kesal dengan bos atau gaji yang terlalu kecil jadi penyebab kamu membuat keputusan ini. Namun, sebaiknya jangan menceritakan alasan-alasan tersebut secara mendetil.

Cukup berikan alasan yang umum dan sifatnya luas saja, misalnya mengatakan bahwa kamu mendapatkan kesempatan untuk mengembankan diri dan kemampuan di tempat lain dan sebagainya.

Kalau bisa, siapkan orang pengganti

Sebagai pekerja yang baik, apalagi kalau kamu merupakan orang yang punya posisi penting di kantor cobalah untuk mempersiapkan orang pengganti. Hal ini membuat perusahaan menilaimu sebagai orang yang bertanggung jawab. Sehingga, hubungan dengan perusahaan saat ini dapat terjaga dengan baik.

Relasi yang sudah lama terjalin juga bisa terus terbina, dalam dunia bisnis dan dunia kerja ini menjadi hal yang sangat penting loh.

(Baca juga: Ini Dia 5 Tips Jalani Pekerjaan Dengan Enjoy dan Tanpa Beban)

 Ambil apa yang kamu butuhkan sekarang

Setelah mengeluarkan one month notice biasanya perusahaan bakal mulai mengunci akses email dan berbagai akses lain yang berhubungan dengan kantor. Untuk itu, sebaiknya kamu mengambil hal-hal penting terlebih dahulu.

Yang dimaksud di sini adalah hal yang sifatnya bukan milik perusahaan seperti kontak-kontak klien, portofolio, dan berbagai hal lain yang merupakan bagian dari pekerjaanmu selama ini. Percayalah, hal-hal tersebut nantinya bisa jadi sangat membantumu untuk mengembangkan karier di masa depan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami