Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sewa Mobil untuk Mudik

by Surtan Siahaan on 22 Juni, 2016

beli mobil baru_kredit kendaraan - CekAja.com

Mudik ke kampung halaman menggunakan pesawat atau kereta api memang tidak bikin ribet. Cukup duduk manis, kamu sudah tiba di kampung halaman. Tapi, ada kalanya mudik menggunakan kendaraan tetap jadi pilihan. Alasannya, selain lebih murah, membawa mobil sendiri bisa memudahkan aktivitas di kampung halaman.

Bila kamu belum punya mobil pribadi, tidak perlu khawatir karena banyak rental kendaraan yang menyewakan mobil. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mendatangi rental dan memesan mobil sewaan, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu:

Periksa kondisi kendaraan

Jika kamu membawa mobil yang tidak dalam kondisi prima, nyawa taruhannya. Ingat, kamu akan berpergian jauh bersama keluarga yang kamu cintai. Untuk itu, mobil harus dalam kondisi yang baik. Sebelum menyewa, coba periksa sendiri keadaan mobil dengan melihat mesinnya. Bila perlu, minta izin pada pemilik untuk merasakan sendiri apakah mobil tersebut masih nyaman dikendarai atau tidak. (Baca juga: Dengan Cara Ini, Belanja Lebaran Kamu Dijamin Makin Murah)

Pilih kendaraan hemat

Kamu akan menempuh perjalanan jauh. Selain itu, kamu tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di jalan. Bisa saja, jalur yang akan kamu tempuh mengalami kemacetan. Untuk itu, selalu pilih kendaraan yang hemat bahan bakar. Coba tanya pada pemilik kendaraan berapa banyak konsumsi kendaraannya. Untuk lebih pasti, kamu bisa riset di internet untuk mobil dengan konsumsi bahan bakar paling hemat.

Pilih rental berjaringan

Dalam perjalanan jauh, segala sesuatunya bisa terjadi. Bisa saja mobil yang kamu pilih semula dalam kondisi baik. Namun, tiba-tiba mobil mogok di tengah perjalanan. Agar aman, coba cari rental yang memiliki banyak cabang. Hal ini penting agar kamu bisa meminta mobil pengganti secepatnya. Agar lebih aman, cari juga rental yang memiliki jaringan servis di kota-kota yang akan kamu lewati kelak. Lebih baik lagi jika ada layanan 24 jam yang siap setiap saat membantumu kelak.

Pilih yang berasuransi

Mudik tentu jadi tidak menyenangkan bila pikiran tidak tenang. Karena mobil yang kamu gunakan merupakan kendaraan rental, kamu selalu terbebani dan ekstra hati-hati agar mobil tidak rusak. Untuk itu, selalu gunakan rental mobil yang menyediakan perlindungan asuransi di dalamnya. Selain asuransi kendaraan, lindungi juga diri kamu dan keluarga dengan asuransi penting lainnya seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. (Baca juga: Nasihat dari Film Hollywood untuk Kamu yang Berpacaran dengan Atasan)

Bandingkan harga

Hal pertama yang harus diputuskan adalah jenis kendaran. Setelah punya gambaran, saatnya kamu berburu mobil rental. Agar biaya yang kamu keluarkan makin irit, coba lakukan perbandingan harga di antara beberapa rental mobil. Cari rental yang memberikan tawaran dan promo menarik. Selain itu, pastikan apakah ongkos sewa tersebut masih ditambah dengan biaya lain seperti uang garansi. Hitung juga berapa biaya kelebihan bila seandainya kamu telat mengembalikan mobil.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami