Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mudik

by Gito on 7 Juni, 2018

Seminggu jelang Lebaran, masyarakat Indonesia akan disibukkan dengan kegiatan mudik. Bahkan diproyeksi jumlah pemudik pada tahun ini bakal mengalami peningkatan yang cukup signifikan, baik untuk sepeda motor, bus, kereta api dan pesawat terbang.

mudik aman dan selamat _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Untuk sepeda motor dipercaya akan ada 8,5 juta pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tersebut, sedangkan untuk jumlah pemudik yang menggunakan bus diprediksi naik 1,76% menjadi 8 juta orang.

Dalam perjalanan mudik, jarak perjalanan yang harus ditempuh tidaklah sedikit. Nah agar terasa nyaman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan mudik. Yuk Cek!

Persiapkan Mental

Yang akan melakukan mudik tidak hanya Anda seorang. Ada berjuta orang di luar sana yang juga memiliki keinginan yang sama, yaitu bertemu dengan sanak saudara di kampung.

Jadi sudah terbayang kan bagaimana kondisi dijalan nanti, dan jika Anda menggunakan transportasi umum? Anda juga sudah harus siap menghadapi tingkah laku orang lain yang kadang menguras energi.

Kalau mental Anda belum siap, hati-hati stamina pun bakal cepat terkuras. Jadi persiapkan semuanya dengan teratur dan rapi.

Uang Tunai

Sebelum mudik, ada baiknya Anda mengecek ketersediaan uang tunai di dompet. Pasalnya di daerah luar Jakarta, tidak mudah menemukan ATM. Mesin–mesin ATM sudah pasti tidak sebanyak berada di Jakarta.

Ditambah uang di digital di wilayah luar Jakarta belum massif penggunannya. Jadi terbayag kan bagaimana saat Anda ingin membeli sesuatu namun ternyata tidak bisa menggunakan uang digital, harus tunai. Padahal mesin ATM maisih beada di desa berikutnya. (Baca Juga : Cek Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Mudik)

Selain uang tunai, Anda juga harus menyediakan uang tambahan. Hal itu dilakukan karena ada banyak hal yang sering terjadi diluar kendali Anda.

Makanan dan Minuman

Saat perjalanan mudik, kebanyakan masyarakat memilih untuk berkendara sebelum lebaran. Itu berarti Anda bakal menempuh perjalanan mudik pada saat puasa. Membawa makanan dan minuman secara cukup juga akan terhindar dari mahalnya harga makanan dan minuman yang berada di rest area ataupun restoran.

Selain itu, kocek Anda juga menjadi semakin hemat dengan makanan dan minuman yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jangan lupa juga membawa obat-obatan sebagai langkah antisipasi jika ada salah satu keluarga yang mengalami sakit kepala ataupun masuk angin.

Kemas Pakaian

Sebaiknya proses pengepakan pakaian sudah dilakukan jauh-jauh hari. Paling tidak hal itu Anda lakukan tujuh hari sebelum berangkat mudik. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada barang yang tercecer saat mudik.

Dengan pengepakan pakaian lebih dini akan membuat Anda menjadi lebih santai ketika akan mudik. Karena Anda mengetahui persis letak dan fungsi pakaian yang akan digunakan. (Baca Juga : Anda Bisa Menukar Uang Pecahan Kecil di Jalur Mudik, Cek di Sini!)

Peralatan Komunikasi

Nah ini yang kerap kali tertinggal pada saat mudik. Kalau ponsel sudah pasti berada terus di genggaman Anda, tetapi power bank dan juga ketersediaan baterainya juga sudah harus disiapkan.

Bawalah beberapa power bank dengan kondisi terisi penuh agar komunikasi Anda tetap berjalan lancar. Biasakan juga untuk selalu memberikan kabar kepada orang tua atau kerabat yang berada di tujuan mudik Anda agar keduanya nyaman.

Agar mudik Anda menjadi lebih aman dan juga nyaman, ada baiknya Anda memiliki asuransi perjalanan. Hal itu penting untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal timbul terjadi selama mudik. Temukan dan bandingkan produk asuransi yang Anda butuhkan di CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit