Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Renovasi Rumah

by Sindhi Aderianti on 6 November, 2018

Banyak alasan yang membuat orang berkeinginan untuk merenovasi rumahnya. Satu hal yang pasti, demi kenyamanan. Renovasi umumnya memiliki tiga golongan berbeda, ada skala ringan, besar, hingga total. Sebut saja ketika kebutuhan menambah ruangan sudah semakin mendesak dan banyak hal. Nah, simak lima hal yang perlu diperhatikan sebelum renovasi rumah.

renovasi rumah _ asuransi properti - CekAja.com

Pada akhirnya, semua pilihan renovasi rumah memang tergantung pada kebutuhan masing-masing. Berhubung renovasi rumah tidak memakan sedikit biaya, jauh sebelum itu Anda juga perlu memperhatikan berbagai hal. Selain soal kebutuhan, inilah lima pertimbangan yang dimaksud.

1. Tentukan anggaran

Menentukan anggaran adalah langkah pertama yang tak boleh terlewatkan. Ketika membuat anggaran ini, masukkan estimasi keseluruhan, mulai dari biaya desain, pembangunan termasuk jasa tukang dan bahan bangunan, serta keperluan finishing seperti membeli perabotan hingga proses pembersihan.

Susun secara detil, jangan sampai ada rincian biaya yang tertinggal satupun. Bila perlu, tambahkan biaya cadangan. Tunjuannya untuk melindungi pengeluaran jika sewaktu-waktu ada biaya yang harus dikeluarkan membengkak melebihi biaya perencanaan.

Lalu pastikan Anda memberi batasan tertentu pada anggaran tersebut. Sebagai contoh, Anda akan merenovasi dapur. Namun pada tahap pembangunan, Anda menginginkan tambahan seperti kamar mandi di dekatnya.

Pastinya hal itu tidak dianjurkan, karena otomatis membuat anggaran membengkak. Lagipula jika dilihat dari segi estetika pun, mungkin hasilnya akan sedikit mengecewakan.

2. Gunakan jasa renovasi rumah

Menggunakan jasa renovasi rumah, kenapa tidak? Mungkin sekilas terdengar ‘buang-buang uang’, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Justru dengan jasa ini, Anda hanya perlu memberi informasi tentang seperti apa renovasi yang Anda inginkan beserta anggaran yang sudah disiapkan.

Kemudian jasa renovasi akan berusaha agar renovasi dapat dijalankan sesuai dengan ekspektasi tanpa mengutak-atik anggaran Anda tadi. Namun selektiflah saat memilih jasa renovasi, jangan cepat tergiur dengan harga murah. Lebih baik cari jasa renovasi yang profesional. Dalam artian, sudah banyak memiliki jam terbang dan pengalaman menangani berbagai jenis proyek renovasi.

(Baca juga: Mau Ambil Rumah dengan Take Over KPR? Simak Kiatnya!)

3. Material harus berkualitas

Renovasi rumah bukan sebatas tampilan yang harus terlihat lebih mewah dan elegan. Tetapi pikirkan juga kualitas dari tiap material yang terhimpun dalam sebuah bangunan.

Anda tentu tak ingin bangunan-bangunan di rumah jadi cepat rusak, bukan? Oleh karena itu, pastikan material yang akan Anda beli terbukti kuat dan tahan lama. Jenis-jenis material pun wajib Anda kenali, misalnya metal yang biasanya digunakan sebagai kerangka konstruksi.

Pilih metal dari baja yang cenderung lebih kuat dan fleksibel melewati beberapa musim seperti hujan hingga kemarau panjang.

(Baca juga: Bagaimana Beli Rumah Lewat KPR Syariah dan Developer Syariah?)

4. Kenali struktur bangunan rumah

Sebelum memulai renovasi rumah, ketahui pula bagian mana saja yang masih bisa dipertahankan dan tidak. Pertimbangkan apakah bangunan dan desain yang baru bisa menyatu dengan struktur lama bangunan.

Ambil contoh, Anda ingin menambah tingkat menjadi dua lantai. Tentunya pondasi rumah Anda kuat untuk menopang lantai 2. Lakukan pengecekan pondasi terlebih dahulu. Apabila kedalaman 90cm atau lebih, maka pondasi rumah Anda dinyatakan cukup kuat untuk menopang tambahan lantai.

Banner KTA CekAja

5. Pilih desain dan fungsi yang timeless

Sebagian orang ada yang sengaja merenovasi rumahnya hanya untuk memperbarui desain. Itu hal biasa. Akan tetapi, pastikan desain tersebut timeless.

Dengan kata lain, 20 tahun kemudian sekalipun tidak akan terkesan kuno. Contohnya, rumah bergaya minimalis yang memberi kesan nyaman. Selain nyaman dan tetap enak dipandang, desain seperti ini akan lebih mudah dijual kembali di masa mendatang.

Di samping itu, bayangkanlah seperti apa keadaan para penghuni dalam waktu beberapa tahun ke depan. Saat satu per satu bertambah usia hingga lanjut, kemungkinan untuk bisa naik-turun tangga mungkin akan berkurang. Oleh karenanya, tidak salah jika dari sekarang Anda membuat jalur khusus untuk kursi roda atau memindahkan kamar orangtua hanya di lantai dasar saja.

Dengan mempertimbangkan baik-baik kelima hal di atas sebelum renovasi rumah, dijamin Anda tidak akan mengalami kerugian, terutama secara materil ataupun Semua proyek berjalan sesuai anggaran, hasilnya pun memuaskan.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.