Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran. Cicipin Juga Untungnya Pake Kredivo

by Gito on 20 Mei, 2020

Lebaran sudah di depan mata. Hidangan wajib nan lezat dan juga suasana suka cita sudah tergambar di benak tiap-tiap orang. Setelah satu bulan penuh berjuang melawan hawa nafsu juga makan dan minum, pantas saja jika hari raya Idul Fitri ditunggu-tunggu umat muslim sedunia.

Memang, lebaran tahun ini akan sangat berbeda. Kamu tidak diperkenankan untuk pulang ke kampung halaman untuk merayarakan Idul Fitri bersama sanak keluarga.

Tetapi kamu tetap bisa merasakan hangatnya dan nikmatnya suasana juga makanan khas lebaran. Kamu bisa merayakannya secara virtual dengan aplikasi dan dan mengirim makanan sehat untuk orang terkasih lewat jasa logistik.

Nah berikut merupakan 5 makanan khas yang biasanya selalu terhidang saat lebaran tiba. Udah gak sabar pasti nunggunya kan.

(Baca juga: Lebaran From Home, Simak Tata Cara Pelaksanaan Salat Ied di Rumah)

1. Ketupat

Ketupat - 5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran

Makanan ini merupakan bintang utama saat lebaran tiba. Bisa dibilang tidak ada ketupat, maka tidak pas rasanya lebaran pada tahun itu.

Makanan yang menggunakan bahan dasar beras yang diisi kedalam anyaman kulit kelapa itu sebenarnya tidak ubahnya seperti nasi. Hanya saja, dalam ketupat, tekstur yang dihasilkan lebih padat dan legit.

Saking kuatnya kehadiran ketupat, gambar dari makanan tersebut bahkan dijadikan sebagai simbol dari berbagai kartu ucapan lebaran.

2. Sayur Nangka

Sayur Nangka - 5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran

Rasa gurihnya santan berpadu dengan empuknya nangka muda menjadi perpaduan yang menarik. Makanan ini sebenarnya sangat dekat dengan tradisi masakan Sumatera.

Namun kepopulerannya sudah melegenda ke seantero nusantara. Sayur ini biasanya dipadukan dengan kerupuk merah dan juga bumbu rempah seperti star anise, pala dan juga cengkeh.

Selain itu panganan yang juga menjadi makanan wajib lebaran itu juga didampingkan dengan terur rebus yang dimasak menjadi satu.

Belum lagi jika kemudian ditambahkan dengan sambal merah, membayangkannya saja sudah membuat liur menetes tanpa sadar.

Kamu bisa membuatnya kok. Bahannya pokoknya mudah, hanya buah nangka muda dan santan.

3. Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang - 5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran

Nah kalau menu ini merupakan makanan yang menjadi kegemaran penulis. Renyahnya kentang berpadu dengan irisan hati sapi juga mantapnya petai bakal membuat lidahmu menari.

Dikatakan sambal goreng lantaran memang bahan makanan tersebut dimasak menjadi satu dengan sambal. Biasanya sambalnya kental sekali akan rasa serai dan dipenuhi irisan cabai merah.

Menu ini masuk dalam makanan wajib lebaran yang biasanya tersaji di meja makan. Teman makan ini adalah sayur santan dan juga ketupat atau lontong.

4. Opor Ayam

Opor Ayam - 5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran

Makanan yang menjadi menu wajib lebaran berikutnya adalah opor ayam. Lagi-lagi, kamu disuguhkan dengan sajian berbahan dasar santan dan juga ayam tentunya.

Jika dilihat seksama, rasanya makanan ini mirip sekali dengan masakan khas India, Kari. Kentalnya kuah santan dan empuknya daging ayam dipercaya mampu mengobati sakit karena rindu tidak bisa pulang kampung.

Asal jangan kebablasan makannya. Terlebih buat kamu yang memilik Riwayat darah tinggi dan juga kolesterol. Cukup 1 porsi sehari rasanya sudah nikmat.

(Baca juga: Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi)

5. Rendang

Rendang - 5 Hidangan Wajib yang Ada Saat Lebaran

Masakan yang pernah dinobatkan menjadi makanan terenak di dunia menjadi makanan wajib yang ada saat Lebaran. Menu ini merupakan makanan khas Sumatera Barat (Sumbar).

Namun rasa makanannya sudah banyak berubah dan diadaptasi oleh wilayah dimana masakan itu dibuat. Menurut riwayatnya, daging yang digunakan untuk dibuat rendang adalah adalah daging kerbau.

Namun sekarang bahan dasar yang digunakan adalah daging sapi. Rendang merupakan teknik memasak yang bertujuan membuat makanan lebih awet.

Rasa kelapa dan juga rempah menyatu dengan lembutnya daging sapi membuat siapa saja kesulitan menolaknya.

Cicipi keuntungan masakan lewat Kredivo

Efek dari adanya pandemi membuat banyak orang terjun menjadi pedagang. Kamu yang memiliki hobi memasak, bisa juga ikut mencicipi gurihnya bisnis makanan dengan pinjaman online tanpa agunan dari Kredivo.

Proses pencairan pinjamannya cepat dan juga mudah. Cocok untuk wirausahawan muda seperti kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan akun kredivo untuk berbelanja di marketplace kenamaan tanah air tanpa kartu kredit.

Urusan suku bunga, tidak usah khawatir. Kamu bisa mendapatkan tingkat bunga yang menarik. Akses dan ajukan di CekAja.com.

Banner Kredivo

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit