Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menjanjikan Saat Pensiun

by Rafly Aditia on 28 Mei, 2016

pekerjaan untuk pensiunan _ investasi - CekAja.com

Punya gaji tinggi saat bekerja memang menarik. Tetapi, jauh lebih menarik lagi apabila kamu menjalankan bisnis yang menghasilkan tanpa harus bekerja di bawah arahan orang lain. Untuk itu, sebaiknya kamu tetap menekuni hobi yang kamu miliki selama ini. Siapa tahu hobi tersebut bisa dijadikan bisnis yang membuatmu banyak uang saat masa pensiun nanti.

Well, berikut ini ada beberapa hobi yang bisa dijadikan modal usaha menjanjikan ketika kamu memasuki usia pensiun nanti:

Hobi kuliner

Kalau kamu hobi kuliner, apalagi sampai suka sekali masak di dapur mungkin hobi ini bisa dijadikan bisnis saat pensiun kelak. Lewat kecintaan kamu pada dunia kuliner, kemampuan memasak, serta koneksi yang terus terbentuk selama bekerja, membuka restoran atau tempat makan sederhana adalah hal yang menarik.

Terlebih kalau kamu punya ide menarik, unik, serta rasa masakan yang enak, maka bisnis kuliner bisa menjadi ladang mengais rezeki yang menjanjikan.

Koleksi action figure

Kamu sering beli action figure setiap bulannya? Sekarang memang terlihat seperti menghabiskan uang, tetapi di masa depan bukan mustahil barang yang kamu beli tersebut memiliki harga hingga berkali-kali lipat dibandingkan dengan harga sekarang. Apalagi kalau barang yang kamu miliki merupakan seri limited editon, pastinya bisa jadi lebih mahal.

Sekadar tips, sebaiknya tetap simpan koleksi action figure milikmu dalam tempatnya. Tidak perlu dikeluarkan dari bungkusnya, karena apabila masih dijual di dalam box, nantinya harga bisa menjadi lebih mahal. (Baca juga: Begini Cara Mengolah Hobi Kamu Menjadi Uang)

Mengumpulkan perangko

Mungkin hobi yang satu ini sudah jarang dilakukan anak muda. Tetapi percayalah, walau terlihat tidak begitu berharga dan tidak lagi digandrungi banyak orang, mengumpulkan perangko bisa menjadi bisnis di masa depan. Di Indonesia, sebuah perangko termahal memiliki harga senilai Rp 20 miliar.

Nah, kalau sejak sekarang kamu suka mengumpulkan perangko-perangko zaman dahulu atau perangko yang keluarannya sangat terbatas, bukan tidak mungkin di masa pensiun bisa kamu jual dengan harga yang sangat tinggi.

Koleksi barang antik

Tidak jauh berbeda dengan mengoleksi perangko, hobi mengoleksi barang antik mulai dari uang zaman dulu, motor tua bahkan jam rongsokkan sekalipun bisa saja membawa keuntungan yang menggiurkan di masa depan. Karena barang yang dianggap jadul serta tidak berguna oleh kebanyakan orang bisa memiliki nilai tinggi dan harga selangit bagi orang lain.

Menulis

Jangan pernah menyia-nyiakan hobi menulis kamu tekuni. Entah apapun yang kamu tulis, mulai dari menulis berita, menulis cerita pendek, puisi atau bahkan menulis buku. Hobi menumpahkan yang ada di dalam pikiran ke dalam tulisan ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan di masa pensiun.

Kamu bisa menulis buku dan menjualnya, atau lewat hobi menulis kamu bisa membuat sebuah blog dengan tema serta konten yang menarik. (Baca juga: Jika Ditekuni Sejak Kecil, Hobi Mengoleksi Ini Bisa Bikin Kaya)

Nah, kamu sudah tahu kan kalau ternyata ada banyak hobi yang bisa dijadikan ladang bisnis  di masa tua nanti? Untuk itu, tetap tekuni hobimu dengan sepenuh hati!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami