Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Ide Bisnis Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga yang Hasilkan Uang Tambahan

by Ariesta on 22 Januari, 2016

Menjadi ibu rumah tangga bukan artinya tidak bisa menghasilkan pendapatan. Dengan melakukan beberapa aktivitas ini, seorang ibu rumah tangga pun bisa menghasilkan uang tambahan layaknya bekerja.

Ya, sampai kini masih ada anggapan bahwa menjadi ibu rumah tangga berarti tidak bekerja. Padahal, ibu rumah tangga bekerja tanpa henti untuk mengurus keluarga. Mulai dari menyiapkan kebutuhan suami sampai mendidik anak, profesi ibu rumah tangga bahkan tanpa libur dan tanpa digaji. Profesi ibu rumah tangga adalah profesi yang tak kalah sibuk dengan wanita karier. Untuk menjalankannya juga dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan manajemen waktu.

Wanita seringkali dihadapkan oleh dilema apakah harus bekerja sebagai wanita karier atau menjadi ibu rumah tangga purna waktu. Berikut ini merupakan ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan tanpa harus menuju ke kantor.

Bisnis online

Berbisnis online adalah cara paling mudah dan paling cepat mendatangkan keuntungan baik itu sebagai produsen maupun dropshipper asalkan jeli menangkap peluang. Modalnya hanya gadget, waktu luang, dan kesabaran. Apalagi sekarang sudah semakin banyak e-commerce besar yang membuat bisnis online semakin mudah.

(Baca juga: Tips Agar Bisnis Online Berhasil)

Bisnis catering

Ibu rumah tangga yang terampil memasak bisa menyulap kemampuan ini menjadi pundi-pundi rupiah. Bisnis catering masakan atau kue-kue kecil yang kamu jalankan bisa berdasarkan made by order kalau ingin waktu bersama keluarga tetap jadi prioritas.

Tapi kalau benar-benar ingin serius, menjalankannya dari rumah dengan mempekerjakan orang lain membuatmu tetap bisa mengurus keluarga di saat bersamaan.

Menjadi guru les

Bagi kamu ibu-ibu yang mengantongi ijazah sarjana pendidikan, jangan sia-siakan keahlianmu ini. Kamu bisa menambah penghasilan keluarga dengan menajadi guru les bahasa inggris, matematika, atua pelajaran lainnya. Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di rumah, kamu juga bisa bergabung dengan lembaga bimbingan belajar. Jam mengajar satu sampai tiga jam membuatmu mudah membagi waktu dengan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

(Baca juga: Cuma Modal Rp 10 juta, Ini Ide Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016)

Penulis

Menulis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Menjadi freeelancer writer atau kontributor cukup menguntungkan dan tentu saja jadwal kerja bisa disesuaikan. Misalnya di saat anak sekolah atau suami di kantor. Intinya, menjadi ibu rumah tangga bukan alasan untuk tidak bisa berkarya.

Dokter yang membuka praktik di rumah

Bagi kamu yang mengantongi izin praktik, kamu bisa membuka praktik dokter di rumah jika tidak ingin berkarier di rumah sakit. Praktik dokter umum di rumah membuatmu bisa memanfaatkan keakhlian sambil tetap mengawasi buah hati.

(Baca juga: Bukan Jualan Gorengan! Ini Ide Bisnis Keren Dengan Modal di Bawah Rp 500 ribu)

Jadwal praktik bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Tentunya modal untuk membuka ruangan praktik dokter umum di rumah jauh lebih murah daripada kamu yang berprofesi sebagai dokter gigi. Ini karena dokter gigi memerlukan banyak perlengkapan dan mesin canggih.

Tentang Penulis