Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan #DiRumahAja

by Miftahul Khoer on 14 April, 2020

Merebaknya wabah Covid-19 banyak menelan korban jiwa. Masyarakat kini mau tidak mau harus mengikuti anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebarannya. Keadaan darurat ini membuat sebagian orang terketuk hatinya untuk saling membantu sesama lewat campaign cegah virus corona. 

Ide Campaign Cegah Virus Corona

Dampak dari penyebaran virus corona ini memang tak main-main. Adanya sejumlah aturan larangan keluar rumah di beberapa wilayah membuat banyak orang tidak bisa bekerja dan tidak bisa mendapatkan penghasilan. Bahkan ada ribuan karyawan perusahaan terpaksa dirumahkan. 

Nah, buat kamu yang terketuk hatinya untuk saling meringankan beban mereka yang terdampak wabah Covid-19 atau ingin membantu mencegah penyebaran virus mematikan tersebut meski bukan berupa materi, kamu bisa melakukan 5 hal berikut ini di rumah.

1. Bikin video kampanye kesehatan

Bikin video kampanye kesehatan - 5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan DiRumahAja

Salah satu yang paling mungkin dilakukan dari rumah, yakni dengan membuat video soal kesehatan, pentingnya menjaga kesehatan untuk menghindari terjangkitnya virus corona. Bahan-bahan atau materi untuk konten video kamu ini bisa kamu cari di internet.

Melalui konten video itu kamu bisa membagikan informasi seputar kesehatan, seperti tips bagaimana melakukan pola hidup sehat atau cara membuat hand sanitizer sendiri, atau panduan membuat desinfektan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Video ini bisa jadi cara efektif dalam membantu orang-orang mendapatkan pengetahuan seputar kesehatan.

2. Bikin grup peduli kesehatan 

Bikin grup peduli kesehatan - 5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan DiRumahAja

Cara selanjutnya juga bisa kamu lakukan dengan membuat grup khusus di media sosial seperti grup WhatsApp hingga Facebook. Di situ kamu bisa menjaring orang-orang secara masif untuk peduli terhadap pencegahan virus corona. Yakin di luaran sana ada banyak orang yang ingin saling membantu dalam memerangi virus berbahaya ini. 

Dengan membuat group peduli kesehatan ini, akan memungkinkan orang-orang untuk berbagi informasi secara cepat dan masif. Kamu bisa juga memasukan pakar atau ahli kesehatan di grup tersebut untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang valid. Lalu para anggota bisa membagikan informasi di media sosial atau grup lain.

(Baca Juga: Menyusul Jakarta, 4 Wilayah Ini Juga Akan Terapkan Pembatasan Sosial)

3. Menggalang dana

Menggalang dana - 5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan DiRumahAja

Saat ini banyak orang yang sulit keuangan dan pendapatan. Sebab, ketika di rumah tak banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Apalagi jika orang tersebut biasa bekerja di lapangan. Orang-orang inilah yang sekarang butuh bantuan. Mereka menunggu uluran tangan kita. Apakah kamu terketuk?

Nah, jika kamu terketuk dan peduli terhadap sesama. Kamu bisa membantu mereka dengan menggalang dana atau barang via online. Penggalangan donasi ini nominalnya tak harus besar. Atau, barang tersebut tak harus banyak, yang penting tepat guna seperti sembako. Untuk mulai berdonasi, kamu bisa menggalang dan dengan anggota grup tadi.

4. Berbagi informasi dari pakar dan dokter

Berbagi informasi dari pakar dan dokter - 5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan DiRumahAja

Ada banyak ahli kesehatan dan pakar yang seringkali berbagi informasi dan tips kesehatan lewat media sosial. Nah, cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah yakni dengan membagikan informasi tersebut sebanyak-banyaknya. Sebab jika informasi ini berasal dari pakar dan ahlinya, informasi ini sangat bermanfaat dan lebih bisa dipercaya ketimbang berita-berita biasa.

Disamping kamu bisa membantu memberi pengetahuan mengenai kesehatan atau pengetahuan mengenai virus corona sendiri, kamu juga membantu menekan hoaks-hoaks yang beredar. Sebab saat ini informasi yang dikonsumsi banyak orang harus benar-benar valid, mengingat kasus virus Corona ini tiap harinya semakin bertambah.

5. Jualan masker dengan harga murah

Jualan masker dengan harga murah - 5 Ide Campaign Cegah Virus Corona Ini Bisa Dilakukan DiRumahAja

Pemerintah menghimbau masyarakat wajib memakai masker agar mencegah virus corona tidak menyebar. Masker diyakini bisa jadi pelindung masuknya virus ke saluran pernapasan. Menurut penelitian China terbaru, patogen SARS-Cov-2 atau virus yang menyebabkan Covid-19 ini bisa bersarang di saluran pernapasan pasien selama 37 hari.  Makanya, masker ini sangat dianjurkan.

Nah, untuk meringankan orang-orang yang tak mampu atau sulit mendapatkan masker murah. Kamu bisa membuat masker di rumah dari bahan kain, kemudian menjualnya dengan harga yang murah. Memakai masker dari kain pun menjadi solusi uang paling memungkin di saat sekarang. Sebab, masker yang memakai standar khusus saat ini sulit didapatkan. Jika memang ada, pembeliannya pun dibatasi.  

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu mencegah penyebaran virus Covid-19. Jangan lupa, sebarkan juga kabar baik kalau JULO menawarkan pinjaman online yang bisa kamu ajukan langsung melalui CekAja.com. Semoga bermanfaat ya, guys!

(Baca Juga: 8 Hal Baik yang Bisa Dilakukan Saat Tetanggamu ODP Corona)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.