Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Ide Konsep Acara Buka Bersama yang Menarik, Yuk Cek!

by Tisyrin N. T on 16 Mei, 2018

Saat Ramadan tiba, undangan acara buka bersama alias bukber akan berdatangan. Anda bisa mendapat ajakan bukber dari rekan kerja, sahabat, kawan sekolah, hingga keluarga besar. Nah, jika Anda merasa bosan dengan bukber yang itu itu saja, Anda sebaiknya mencari konsep acara buka bersama yang menarik.

pensiun sejahtera - CekAja.com

Umumnya bukber diselenggarakan di restoran, dengan kegiatan mulai dari makan-makan, berbincang, berfoto ria, lalu pulang. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan sembari bukber lho.

Mengingat bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa, alangkah baiknya  jika menyelenggarakan acara bukber dengan selipan kegiatan positif. Jadi, tidak hanya bisa bersilaturahmi, bukber juga bisa jadi ajang untuk mengumpulkan pahala yang berlipat ganda.

Kalau sudah terlalu bosan dengan aktivitas yang sekedar makan, ngobrol, lalu selfie, yuk cek beberapa ide konsep bukber menarik yang lain dari biasanya berikut ini.

Acara barbeque

Sekedar makan di restoran terasa sudah bisa, bagaimana jika mencari area outdoor kemudian menyelenggarakan acara barbeque? Ya, acara barbeque sebenarnya tidak hanya bisa diadakan saat tahun baru saja, bukber pun bisa menggunakan konsep bakar-bakaran tersebut.

Agar lebih mudah, gunakan halaman rumah atau area taman yang luas di rumah salah satu rekan Anda. Siapkan berbagai bahan makanan yang bisa dibakar mulai dari sosis, daging, ikan, jagung, dan sebagainya. Tentu, sediakan juga pelengkap berupa takjil, nasi, serta buah-buahan.

Sembari menunggu adzan magrib berkumandang, Anda dan rekan-rekan bisa membakar aneka bahan makanan. Suasana outdoor juga sangat mendukung untuk melakukan aktivitas lain seperti game atau berfoto dengan leluasa.

(Baca juga: Mau Bukber di Hotel Mewah? Cek Promonya Biar Lebih Hemat!)

Bukber di panti asuhan

Daripada menyelenggarakan acara di mal, Anda bisa mencari alternatif lain seperti panti asuhan. Mengapa panti asuhan? Karena Anda dan rekan-rekan bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung.

Dengan mengunjungi panti asuhan, Anda juga akan bersyukur dengan kehidupan Anda yang nyaman serta dikelilingi keluarga yang utuh.

Sebelum mengunjungi panti, Anda juga bisa melakukan penggalangan dana kepada rekan-rekan Anda. Dana yang terkumpul bisa disumbangkan seluruhnya ke panti asuhan. Atau, gunakan sebagian dana untuk membeli oleh-oleh untuk penghuni panti asuhan berupa peralatan ibadah, perlengkapan sekolah, atau lainnya.

Selain menggalang dana, alternatif kegiatan lainnya adalah mengumpulkan baju bekas layak pakai atau buku bekas. Setelah terkumpul, Anda dan rekan-rekan bisa membawanya untuk diberikan kepada anak-anak di panti asuhan.

Bukber di panti jompo

Selain panti asuhan, panti jompo juga bisa Anda jadikan pilihan. Kehadiran Anda dan rekan-rekan tentu akan sangat menghibur para penghuni panti jompo yang tinggal jauh dari keluarga.

Seperti halnya saat ke panti asuhan, Anda juga bisa menggalang dana terlebih dahulu kepada rekan-rekan Anda atau mengumpulkan baju bekas layak pakai. Menarik bukan? Anda bisa berkumpul bersama rekan-rekan sembari beramal.

Ibadah bersama

Nah, hal ini mungkin sering terlupakan saat Anda dan rekan-rekan menikmati acara bukber. Ibadah sholat tarawih bisa lewat begitu saja karena keasyikan mengobrol atau Anda masih dalam perjalanan pulang usai bukber.

Bagaimana jika menyelenggarakan acara bukber lengkap dengan rangkaian kegiatan ibadah bersama? Mulai dari tadarus, sholat berjamaah, hingga sholat tarawih?

Ingat, Ramadan adalah waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak ibadah. Janji pahala yang berlipat ganda jangan disia-siakan begitu saja. Jadi, ajaklah rekan-rekan Anda untuk ibadah bersama sembari bukber.

Memperdalam ilmu agama bersama

Apabila Anda mengadakan acara bukber dengan jumlah undangan yang banyak, misalnya satu angkatan di SMA tempat Anda bersekolah dulu, ada baiknya mengundang ustad untuk memberikan siraman rohani yang bermanfaat.

Selain temu kangen karena sudah lama tak bersua dengan kawan-kawan, Anda pun bisa memperdalam ilmu agama bersama mereka. (Baca juga: Mau Pulang Kampung Hemat? Ini Daftar Program Mudik Gratis!)

Sedang mencari promo paket buka puasa? Manfaatkan aneka promo menarik dari kartu kredit selama Ramadan. Yuk, ajukan kartu kredit pilihan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.