Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Rumah Kamu Bisa Terlihat Baru Tanpa Biaya Renovasi Mahal

by Surtan Siahaan on 5 Februari, 2016

harga rumah - CekAja.com

Renovasi merupakan salah satu cara membuat rumah kembali terlihat baru. Hanya saja, melakukan renovasi rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dalam kondisi di mana biaya kebutuhan hidup terus merangkak naik, biaya renovasi rumah bisa memberatkan keuangan.

Bagi kamu yang hanya punya bujet pas-pasan, sebenarnya ada cara cerdik membuat rumah terlihat baru dengan biaya minim yakni melakukan dekorasi. Hal ini juga bisa meminimalkan kamu dari kesalahan renovasi rumah. Syaratnya, kamu cuma perlu kreatif dan waktu luang. Tertarik mempraktikkan? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Mencat rumah

Jika awalnya kamu beli rumah bekas, hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa merubahnya memiliki kesan baru adalah dengan mengecat ulang rumah. Biaya cat rumah biasanya mahal pada bagian luar lantaran harus menggunakan cat weather shield.

Cat jenis ini harganya mahal namun efektif membuat cat tahan terhadap hujan dan panas. Nah, agar lebih irit, kamu sebenarnya bisa menggunakan trik campuran cat, water proffing dan lem plamir. Untuk campuran catnya bisa gunakan yang berharga murah. Dijamin, kualitasnya akan mirip seperti cat weather shield.

Membangun pagar

Selanjutnya, perbaiki pagar dan cat ulang. Gunakan warna-warna yang terang untuk pagar agar tercipta kontras dengan warna cat dinding luar rumah. Jika rumah kamu tidak berpagar, buat perbedaan besar dengan membangun pagar kecil.

Gunakan bahan-bahan murah namun berkualitas seperti bambu atau kayu bekas. Rumah yang memiliki pagar menunjukkan kesan bahwa tempat tersebut aman untuk ditinggali. Selain itu pagar juga dapat menjaga privasi penghuninya. (Baca juga: Ini Alasan Tahun 2016 Adalah Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah)

Buat taman gantung

Rumah akan terasa sangat berbeda jika memiliki taman. Suasana teduh dan nyaman adalah efek positif yang ditimbulkan dari keberadaan tumbuhan. Jika rumah kamu tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman, akali dengan sedikit kreativitas.

Buat taman gantung. Beli tanaman hias dan pot berukuran kecil. Atau, jika ingin lebih hemat modivikasi botol plastik bekas, kaleng bekas atau paralon bekas.

Ajukan pinjaman untuk biaya renovasi rumah di sini

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Belanja furnitur bekas

Furnitur baru tentu bisa mengubah suasana dan tampilan rumah. Namun, harga furnitur yang tidak murah bisa-bisa membuat kondisi keuangan tidak aman. Untuk mengakalinya, luangkan sedikit waktu untuk berburu furnitur bekas.

Buat perencanaan dan konsep sehingga barang yang kamu beli bisa cocok diaplikasikan di dalam rumah. Cari juga barang multifungsi seperti lemari buku terbuka. Selain bisa digunakan sebagai tempat buku, model lemari buku jenis ini bisa digunakan untuk menyimpan perabotan atau hiasan rumah seperti vas bunga. (Baca juga: Mau Merenovasi Rumah? Begini Cara Mengurus Izinnya)

Lakukan daur ulang

Cara lain untuk mengubah suasana rumah adalah mengisi ruang yang kosong pada dinding. Jika kamu punya koleksi foto yang sudah dicetak, kamu bisa beli figura dan tempelkan di dinding rumah.

Namun, jika dana terbatas, kamu bisa mendaur ulang sejumlah barang bekas seperti bekas kotak cd, kayu bekas atau kertas bekas. Dengan sedikit kreatifitas kamu bisa meniru sejumlah ide yang dapat kamu temukan di sejumlah situs internet.

Tentang Penulis