Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba?

by Nadhillah Kusindriani on 16 Januari, 2020

Kuliner khas Sumatera Selatan memang terkenal dengan cita rasanya yang kaya akan rempah-rempah. Dimana, kuliner Sumatera Selatan memiliki perpaduan cita rasa khas Melayu, Tionghoa dan juga lokal. Maka dari itu banyak sekali jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang wajib kamu coba.

5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba?

Sejatinya, banyak sekali kuliner khas Sumatera Selatan yang disukai para pecinta kuliner. Hal tersebut membuat kuliner ini semakin populer di berbagai daerah. Tidak hanya itu, wisatawan lokal maupun asing pun banyak yang menyempatkan diri mencoba kuliner ini di sela-sela waktunya.

Selain itu, kuliner khas Sumatera Selatan ini juga banyak dibawa pulang sebagai buah tangan untuk dibagikan kepada sanak saudara. Maka dari itu, jika kamu berlibur ke daerah Sumatera Selatan, kamu wajib mencicipi kuliner khas daerah ini, khususnya jajanan murah dan favoritnya.

Rekomendasi Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan

Seperti yang diketahui, Sumatera Selatan memiliki banyak sekali kuliner lezat yang murah meriah. Dimana kamu bisa menemukannya tidak hanya di restoran saja, tetapi juga di jajanan kaki lima. Di bawah ini lima rekomendasi jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu.

1. Pempek
Pempek - 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba
source: idntimes.com

Jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang pertama adalah pempek. Kuliner favorit Sumatera yang satu ini sudah sangat populer dan bisa kamu temukan dimana saja tanpa harus berkunjung ke kota asalnya.

Hanya saja, cita rasa pempek di setiap daerah berbeda. Hal tersebut karena rasa pempek akan dibuat menyesuaikan dengan lidah orang di setiap daerahnya. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu mencoba pempek langsung di kota asalnya.

Pada dasarnya, pempek merupakan makanan ringan berasal dari tepung dan olahan daging ikan. Tidak hanya itu, pempek akan semakin sedap disantap apabila disajikan dengan potongan timun, udang kering dan kuah cuko (cuka).

Pempek memiliki beragam variasi, diantaranya pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek adaan dan sebagainya. Dan setiap variasi pempek memiliki topping dan bentuk yang berbeda.

Sebagai ikon dari kuliner Sumatera Selatan khususnya kota Palembang, pempek sudah dijadikan sebagai makanan sehari-hari. Dimana, kamu sudah bisa melihat pempek disajikan di atas meja tanpa dipesan di beberapa warung makan, baik untuk kudapan atau hanya sekadar disajikan.

Jika kamu sedang berada di Palembang, kamu bisa mencicipi jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan ini di Pempek 16 Ilir Lala (Pempek Lala).

Alamat : Jl. Mujahidin No. 23, 26 Ilir, Bukit Kecil, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30135

Peta Maps : Maps Pempek 26 Ilir Lala (Pempek Lala)

Harga : Rp 1.000,- – Rp 1.500,- /biji

Jam Operasional : Senin – Minggu, 08.00 WIB – 20.00 WIB

2. Mie Celor
Mie Celor - 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba
source: culinarysumateraselatan.wordpress.com

Jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang kedua adalah mie celor. Dimana, mie celor merupakan kuliner yang memiliki bahan dasar udang dan mie. Tidak hanya itu, mie celor juga disajikan dengan tauge, daun seledri, telur, kuah santan yang kemudian diberi perasan jeruk nipis agar terasa semakin segar.

Pada dasarnya, kata “Celor” pada mie celor, merupakan bahasa Palembang yang berarti “dicelup-celupkan” ketika dimasak. Maka dari itu, mie telur dan tauge dicelup-celupkan terlebih dahulu ke dalam air mendidih sebelum disiram dengan kuah santan. Hal tersebut yang menjadi keunikan dari kuliner satu ini.

Tidak hanya itu, sebagai kuliner yang diadaptasi dari kuliner China, mie celor menggunakan jenis mie telur basah. Dimana, diantaranya ada yang berbentuk pipih dan lidi atau yang biasa disebut dengan mie hokkien.

Mie celor juga memiliki kuah yang unik dan berbeda dari kuah mie pada umumnya. Dimana, kuah pada mie celor ini berwarna putih keruh dengan aroma udang yang sangat kuat. Hal tersebut karena terdapat ebi yang digunakan untuk menghasilkan aroma sedap yang khas.

Mie ini akan semakin sedap apabila disantap dalam keadaan masih panas dan cocok untuk hidangan saat udara dingin. Jika kamu sedang berada di Palembang, kamu bisa mencicipi mie celor legendaris hanya dengan mengunjungi Warung Mie Celor 26 Ilir H.M. Syafei Z.

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 2, 26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30135

Peta Maps : Maps Warung Mie Celor 26 Ilir H.M. Syafei Z

Harga : Rp 15.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin – Minggu, 10.00 WIB – 20.00 WIB

(Baca Juga: Deretan Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Cirebon, Dijamin Ketagihan!)
3. Tekwan
Tekwan - 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba
source: suara.com

Jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang ketiga adalah tekwan. Jajanan yang satu ini merupakan bakso ikan namun versi Sumatera Selatan. Tidak hanya itu, yang membedakan Tekwan dengan bakso pada umumnya adalah kuah pada tekwan menggunakan kaldu ikan bening.

Sejatinya, tekwan merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu dan ikan. Kemudian, dua bahan dasar tersebut diolah bersama dan dibentuk menjadi bulat kecil. Selain itu, tekwan juga disajikan dengan soun, jamur kuping, bengkuang, daun bawang serta taburan udang kering yang semakin menambah cita rasa makanan ini.

Tekwan merupakan sajian makanan yang merupakan campuran dari budaya Tionghoa dan Palembang. Tidak hanya itu, nama tekwan sendiri merupakan singkatan dari kalimat “bakotek samo kawan” yang berarti mengobrol bersama kawan.

Hal tersebut didasari karena kebiasaan orang Palembang yang menyantap tekwan sambil bersantai dan berbincang dengan para teman. Jika kamu ingin mencicipi tekwan di kota asalnya, kamu bisa berkunjung ke rumah makan Pempek Saga Sudi Mampir.

Alamat : Jl. Merdeka, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30113

Peta Maps : Maps rumah makan Pempek Saga Sudi Mampir

Harga : Rp 20.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin – Minggu, 10.00 WIB – 22.00 WIB

4. Martabak HAR
Martabak HAR - 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba
source: masakandapurku.com

Jajanan Murah dan Favorit khas Sumatera Selatan yang keempat adalah martabak HAR. Dimana, martabak HAR sudah berdiri sejak 7 Juli 1947. Tidak hanya itu, nama “HAR” sendiri merupakan singkatan dari nama sang pendiri, yaitu Haji Abdul Rozak.

Martabak Palembang yang satu ini berbeda dari martabak pada umumnya. Hal tersebut karena, martabak HAR hanya memberikan isi kulit martabak dengan telur, kemudian dipanaskan selama lima menit.

Setelah matang, kemudian martabak tersebut akan disajikan dengan kuah kari yang kental. Tidak hanya itu, kuah kari itu sendiri memiliki isian kentang dan daging, yang membuat rasa dari martabak ini semakin lezat ketika disantap.

Bagi kamu pecinta pedas, jangan khawatir. Karena, martabak HAR juga disajikan dengan kecap asin yang dicampur dengan cabai rawit, yang akan menambah kenikmatan. Bagaimana, sudah terbayang bukan kelezatannya?

Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.597A, 18 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30121

Peta Maps : Maps Martabak HAR

Harga : Rp 18.000,- – Rp 20.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin – Minggu, 07.00 WIB – 20.30 WIB

(Baca Juga: Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Ponorogo Paling Populer)
5. Kemplang
Kemplang - 5 Jajanan Murah dan Favorit Khas Sumatera Selatan. Tertarik untuk Coba
source: pempekkerupuk1707.com

Jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang terakhir adalah kemplang. Seperti yang diketahui, kemplang adalah kerupuk khas Sumatera Selatan yang dibuat dengan bahan dasar utama tepung tapioka.

Namun, biasanya dicampur dengan beberapa pilihan bahan pendamping seperti ikan tenggiri, cumi ataupun udang sebagai penambah cita rasa. Tidak hanya itu, kerupuk kemplang memiliki dua pilihan proses memasak, yaitu digoreng di dalam minyak panas ataupun dibakar di atas bara api.

Tentu saja, rasa yang dihasilkan dari kemplang bakar dan kemplang goreng berbeda, namun rasa yang dimiliki tetap sama-sama lezat. Tidak hanya itu, cara menyantap kemplang bakar dan goreng pun berbeda.

Kemplang goreng sangat cocok apabila disantap dengan pempek ataupun dikonsumsi sebagai kerupuk sebagai pelengkap makan siang. Namun berbeda dengan kemplang bakar, karena umumnya akan lebih lezat apabila dikonsumsi sebagai camilan dengan saus pedas manis yang sudah diberikan dari kemasannya.

Jika ingin mencicipi jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan yang satu ini, jangan khawatir. Kamu bisa membelinya di toko kemplang kerupuk Palembang, selain itu juga kamu bisa membeli dalam porsi besar untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara.

Alamat : Jl. Mujahidin, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30135

Peta Maps : Maps Kemplang Kerupuk Palembang

Harga : Rp 25.000,- /porsi

Jam Operasional : Senin – Minggu, 06.00 WIB – 17.35 WIB

Nah, lima rekomendasi jajanan murah dan favorit khas Sumatera Selatan sudah kamu ketahui. Bagaimana, sangat menggugah selera bukan? Terlebih, harga dari setiap makanan tersebut tidak akan membuat kantong kamu jebol.

Alangkah lebih baik jika kamu mencobanya langsung di kota asal kuliner-kuliner tersebut. Namun, jika dana yang kamu miliki belum cukup kamu tidak perlu khawatir. Karena, kamu bisa menggunakan kartu kredit dan mengajukannya secara mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis