Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry

by Sindhi Aderianti on 14 Januari, 2020

Tahun baru kemarin, Jabodetabek disambut oleh banjir yang cukup parah. Sejumlah wilayah bahkan harus merasakan terjangan air bah tersebut setinggi hampir dua meter. Berbagai harta benda yang tak sempat diselamatkan pun harus pasrah terendam habis. Dalam tayangan berita di TV, mobil-mobil warga bahkan sampai terguling arus banjir. 

jasa pasca banjir

Akibat banjir tersebut pula sejumlah mal terpaksa tidak beroperasi demi keselamatan para pengunjung. Seperti Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, yang terpaksa tutup selama belasan hari karena kerusakan genset karena terendam banjir. Atas permasalahan yang tak unjung terselesaikan ini, Pemprov DKI Jakarta pun digugat oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HPPBI) karena sudah rugi hingga miliaran rupiah.

Walaupun amat meresahkan banyak warga, banjir sebaliknya justru mendatangkan rezeki bagi beberapa pengusaha jasa. Apa sajakah usaha jasa yang laris manis pasca banjir tersebut?

  • Bengkel
Bengkel - 5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry
source: rajamobil.com

Mengingat banyaknya motor dan mobil yang terlalu lama terendam air mengakibatkan beberapa komponen mengalami kerusakan, bengkel merupakan salah satu usaha yang menuai untung sangat berlimpah dari musibah banjir. Pada umumnya, kendaraan bermotor yang terendam air akan mengalami kerusakan busi, sehingga sistem pengapian menyebabkan kendaraan tersebut tak bisa dihidupkan. Selain itu, motor dan mobil yang terlalu lama terendam banjir juga mengakibatkan tabung oli terisi air. Hal ini mau tak mau mengharuskan motor bongkar mesin.

(Baca juga: Antisipasi Banjir, Siapin Hal-hal Penting Ini Termasuk Tas Siaga Bencana)
  • Laundry
Laundry - 5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry
source: ayobandung.com

Jasa cuci pakaian atau laundry juga termasuk usaha yang laris manis pasca banjir. Banyaknya pakaian yang tak sempat diselamatkan dari genangan air menjadi alasan utama. Laundry di kawasan Ciledug Indah misalnya, pemilik terpaksa membatasi request cucian karena jumlah datang yang terlalu membludak. Namun, berkat demand yang tinggi ini, ia bisa meraup keuntungan lebih dari mark-up tarif. Jika tadinya Rp7.000 per kg, biaya cuci naik menjadi Rp9.000 per kg. Bukan sembarang menaikkan harga, hal tersebut memang harus dipenuhi karena adanya penggunaan genset.

  • Cuci dan vakum sofa
Cuci dan vakum sofa - 5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry
source: kliknclean.com

Sofa atau kasur terendam usai banjir? Jangan khawatir, karena sekarang banyak jasa pencucian dan vakum untuk dua jenis furnitur tersebut. Rumah Bersih by RC, salah satu pemilik jasa tersebut memasang tarif yang mulai dari Rp200.000 – Rp350.000 per item. Peralatan bayi seperti stroller atau gendongan pun termasuk dalam jasa cleaning mereka. Cukup booking melalui aplikasi WhatsApp, tim mereka akan datang ke rumah pelanggan. Namun, umumnya jasa ini tidak menerima cuci kasur yang berbahan latex karena akan lebih sulit untuk dikeringkan.

  • Jasa reparasi elektronik
Jasa reparasi elektronik - 5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry
source: eryandikarmul.blogspot.com

Banjir sering kali membuat barang elektronik rusak karena ikut terendam air. Usaha kecil yang tak kalah mendulang untung pasca banjir adalah jasa reparasi eketronik baik TV, lemari es, ataupun mesin cuci. Jasa servis untuk TV LED ukuran 32 inci contohnya, dipatok pada kisaran Rp300.000 – Rp500.00 bergantung pada tingkat kerusakannya. Sedikit tips jika lemari es terendam, jemur terlebih dulu di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jangan sesekali langsung dicolokkan dalam keadaan basah karena justru akan merusak komponen terpentingnya dan mati total.

  • Penitipan hewan
Penitipan hewan - 5 Jasa yang Paling Diincar Pasca Banjir, dari Bengkel hingga Laundry
source: catloversoke.blogspot.com

Tak hanya manusia dan harta bendanya saja yang menjadi korban banjir, binatang peliharaan seperti kucing atau anjing pun demikian. Mereka kelaparan, bahkan nyaris tenggelam karena dirantai oleh pemilik rumah yang saat bencana hadir sedang liburan Tahun Baru. Tempat penitipan hewan bisa menjadi solusi berjaga-jaga di kemudian hari jika akan ditinggal bepergian. Untuk biayanya, dipatok berdasarkan bobot tubuh hewan. Semisal anjing atau kucing dengan berat 0 – 5 kg, Rp50.000 per hari. Adapun untuk yang beratnya lebih dari itu, dikenakan tarif harian Rp85.000 – Rp175.000.

Kapok tak memiliki perlindungan apapun, banyak juga korban banjir yang akhirnya berpikir untuk membeli asuransi. Terutama asuransi kesehatan karena pasca bencana ini tentu cukup banyak penyakit yang hinggap. Begitupun asuransi kendaraan untuk mengganti semua kerusakan mobil akibat terjangan banjir. Pasalnya jika tidak ada kedua jaminan tersebut, pengeluaran bisa amat membengkak. Untuk premi asuransi per bulan cukup beragam. Premi yang dibayarkan dijamin sangat worth it untuk keuntungan di kemudian hari yang didapat.

(Baca juga: Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Pasca Banjir: Ikuti 5 Cara Ampuh Ini)

Tunggu apa lagi? Miliki asuransi sekarang juga melalui CekAja.com. Semua prosesnya bisa dilakukan secara online, lho. Kunjungi langsung www.cekaja.com/produk-asuransi atau hubungi customer service di nomor (021) 8062 6900.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.