Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Jenis Kanker Paling Ganas dan Mematikan di Dunia

by Rafly Aditia on 9 November, 2016

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Banyak penderita kanker yang tidak berhasil selamat karena serangan kanker ganas. Berikut ini lima jenis kanker yang paling ganas dan mematikan di dunia.

situs kesehatan - CekAja.com

Pertumbuhan penyakit kanker juga sangat cepat. Berdasarkan riset World Cancer Resesarch Fund International (WCRF) pada tahun 2012 ada 14,1 juta kasus sakit kanker dan diprediksi bakal meningkat mencapai 24 juta kasus pada tahun 2035. Bicara soal kanker, berikut ini 5 jenis kanker paling berbahaya di dunia yang harus kamu ketahui menurut WCRF :

Kanker lambung

Kanker satu ini merupakan kanker yang menggerogoti organ lambung di dalam rongga perut. Fungsi lambung dalam sistem pencernaan tentu terganggu apabila organ tersebut terserang sel kanker.

Biasanya penyakit ini diderita oleh orang berusia 55 tahun ke atas, namun tidak sedikit pula yang menyerang anak muda. Kanker lambung menyumbang 6,8% dari total kasus penyakit kanker di dunia pada tahun 2012.

Kanker Prostat

Inilah jenis kanker kedua paling berbahaya bagi pria. Kanker prostat merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Kanker berkembang di kelenjar sistem reproduksi laki-laki. Hal tersebut terjadi saat sel prostat mengalami mutasi serta berkembang secara tidak terkendali.

Biasanya sel kanker ini bisa menyebar meluas ke bagian tubuh lain seperti tulang dan limpa. Kanker prostat menyumbang 7,9% dari total kasus penyakit kanker di dunia pada tahun 2012.

Kanker usus besar

Mungkin beberapa dari kamu mengenalnya dengan sebutan kanker kolorektal. Yup, kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar atau rektum.

Pada awalnya, sel kanker membentuk polip pada dinding permukaan usus besar dan rektum, biasanya polip yang tumbuh terbilang jinak. Namun kalau dibiarkan terlalu lama sekitar 5 sampai 15 tahun, polip bisa menjadi ganas bahkan bisa merenggut nyawa. Kanker usus besar menyumbang 9,7% dari total kasus penyakit kanker di dunia pada tahun 2012.

Kanker payudara

Kanker payudara merupakan kanker yang kerap kali menyerang wanita. Biasanya ditemukan benjolan pada bagian bawah ketiak ketika seseorang mengidap kanker payudara, faktor gaya hidup yang tidak sehat dan hormonal diduga jadi penyebab utama kanker payudara. Perlu kamu ketahui, kanker payudara tidak hanya menyerang wanita saja. Kanker payudara menyumbang 11,9% dari total kasus penyakit kanker di dunia pada tahun 2012.

(Baca juga: 8 Hobi Kekinian yang Bisa Hasilkan Uang)

Kanker paru-paru

Terakhir, kanker paru-paru merupakan jenis kanker paling berbahaya di dunia dengan mendominasi 13% dari total kasus penyakit kanker di seluruh dunia pada tahun 2012. Kanker paru-paru menjadi kanker yang paling mematikan bagi wanita maupun pria. Perlu dicatat, terdapat 80%-90% kasus kanker paru-paru yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.

Butuh asuransi kesehatan yang menanggulangi biaya pengobatan penyakit mematikan? Daftar sekarang juga di CekAja.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami