Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Jurus Tetap Produktif dan Menghasilkan Meski #Dirumahaja

by Miftahul Khoer on 26 Maret, 2020

Social distancing yang diberlakukan saat ini membuat banyak orang kerepotan terutama bagi para pekerja sektor informal. Pasalnya pendapatan mereka berasal dari hasil kerja harian, bukan gaji bulanan seperti karyawan. Tetapi tenang, ada jurus yang bisa buat kamu tetap menghasilkan dan produktif meski #dirumah aja.

pekerjaan digital marketing

Ada banyak banyak hal yang bisa dikerjakan dan pastinya tetap cuan di saat kondisi social distancing. Meski kamu #dirumahaja, tapi tetap bisa produktif dan menghasilkan. Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

1. Menjual desain di marketplace digital

Kamu bisa mendapatkan uang dengan hanya diam di rumah saja. Buat kamu yang punya keahlian desain, nah bisa dimanfaatkan tuh.

Misalkan kamu jago dalam menggambar atau jago di dalam fotografi. Nah itulah yang bisa kamu manfaatkan.

Seperti foto, ada banyak jenis karya digital yang bisa kamu jual seperti desain grafis, logo, musik atau audio, e-book.

Kamu bisa menjualnya pada marketplace spesialis digital. Adapun, marketplace digital yang sudah banyak digunakan banyak orang, seperti Shutershock dan GettyImage.

(Baca juga: 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa)

2. Jualan pulsa

Bicara soal pulsa, atau paket internet, kini seperti sudah menjadi makanan pokok yang wajib ada, mungkin sudah menggeser nasi saking tingginya kebutuhan orang akan akses informasi.

Bahkan jika di hitung-hitung hampir tiap detik ada aja orang yang bertransaksi pulsa.

Nah peluang inilah yang seharusnya bisa kamu manfaatkan, lagian jualan pulsa itu sangat mudah. Sambil kamu diam di rumah aja bisa kok.

Tak ada salahnya jika kamu mulai dari sekarang untuk berjualan pulsa atau paket internet bahkan isi token listrik, minimal untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi saudara atau tetanggamu.

3. Menjual makanan sehat

Gaya hidup sehat saat ini mulai dilirik banyak orang, terlebih karena ingin terhindar dari virus Corona salah satunya.

Di sinilah peluang besar untuk menjual bisnis kuliner sehat secara daring. Misalnya kamu menyediakan layanan makanan yang berprotein seperti olahan sayuran, makanan atau camilan khusus berbahan organik.

Makanan sehat harian sangat dibutuhkan banyak orang. Kamu bisa mulai menawarkannya ke saudara atau tetangga kamu atau bisa juga secara daring melalui media sosial.

Apalagi jika kamu bisa bermitra dengan Ojek online jadi makanan kamu bisa dipesan melalui aplikasi dan diantar langsung ke pemesan tersebut.

4. Gamer

Jangan bilang dulu kalau ini adalah pekerjaan para pemalas. Kamu yang senang bermain game, coba ditekuni.

Dengan kecanggihan teknologi dunia digital saat ini. Bermain game online ini bisa jadi profesi, karena selain menyenangkan ternyata bermain game juga bisa dapet cuan gaes.

Khususnya game online, ada beberapa jenis permainan yang melibatkan pemainnya untuk bisa bertransaksi bisnis seperti saling jual beli poin atau reward.

Bahkan ada juga jenis game yang bisa membayar kamu dengan persyaratan tertentu. Seperti game Fortnite, Vain Glory, atau DOTA.

(Baca juga: Belajar Jadi Kaya ala Gamer Jess No Limit)

5. Jadi dropshiper

Menjadi dropshipper sangat menyenangkan, selain tanpa modal besar kamu juga bisa melakukannya di rumah.

Kamu bahkan tak perlu repot membawa barang atau stok barang dan mengirimnya ke pembeli.

Karena reseller atau pemilik barang akan mengirimnya sendiri. Salah satu platform dropship terbaik adalah shopee, kamu bisa berjualan tanpa modal dengan cara dropship.

Jadi dropship itu enak, kamu akan terbebas dari biaya sewa toko, modal awal untuk membayar stok barang, serta resiko kerusakan akibat penyimpanan produk yang tidak laku di pasaran.

Kamu hanya tinggal menawarkan produk kepada calon pelanggan meskipun produknya belum ada di tangan.

Kemudian setelah ada kesepakatan dan pembeli melakukan konfirmasi pembayaran baru kamu bisa teruskan order tersebut kepada supplier.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar kami tetep bisa menghasilkan cuan meski hanya diam di rumah saja.

Kalau kamu butuh modal untuk memulai, kamu bisa memanfaatkan pinjaman JULO yang banyak keuntungannya. Selamat mencoba dan tetap semangat ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.