Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Jurusan Paling Favorit di Institut Pertanian Bogor

by Ilena Umayanti on 6 November, 2019

Setelah menyelesaikan pendidikan pada tingkat SMA atau deserajat lainnya, beruntunglah bagi kamu yang punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena tidak semua anak Indonesia punya kesempatan itu. Jadi buat kamu yang punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, jangan disia-siakan ya.

Biasanya saat lulus sekolah kita akan bingung nih pilih jurusan, salah satunya karena persaingan masuk kampus favorit semakin ketat. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba loh, masuk atau tidak itu urusan belakangan.

Coba saja dulu yuk, 5 jurusan paling favorit di Insitut Pertanian Bogor atau IPB. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar 5 jurusan paling favorit di IPB, yuk di simak!

1. Teknik Sipil dan Lingkungan

Buat kamu yang mau jadi konsultan lingkungan, manager lingkungan atau manager pengelolaan energi bisa coba jurusan yang satu ini. Di jamin kamu gak akan kebingungan soal prospek kerja deh.

Di Indonesia sendiri pekerjaan untuk bidang terkait sudah sangat banyak. Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan berada di peringkat ke 5 jurusan paling favorit di Institut Pertanian Bogor dan yang paling banyak di minati.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Untuk tahun 2018 jumlah peminatnya mencapai 1.753 orang, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.395 orang. Sementara pada tahun 2016 jumlah nya hanya sekitar 1.217 orang.

Sayangnya dari sekian banyak pendaftar hanya ditampung sebanyak 41 orang saja. Jadi apakah kamu tertarik dan akan jadi salah satu pendaftar di tahun selanjutnya ? Semoga beruntung ya.

2. Manajemen

Untuk jurusan yang satu ini rasanya tak perlu diragukan lagi mengenai prospek kerja ke depannya ya. Karena untuk jurusan manajemen ini hampir dibutuhkan di setiap perusahaan.

Buat kamu yang tertarik menjadi konsultan bisnis, konsultan perbankan atau manager SDM, kamu bisa mencoba keberuntungan masuk jurusan ini. Walaupun persaingan masuk jurusan manajemen di ITB semakin ketat tidak salahnya untuk kamu coba.

Jurusan manajemen ini termasuk jurusan paling favorit di Institut Pertanian Bogor yang ke 4 loh. Wajar saja jika setiap tahunnya mengalami peningkatan peminat.

Dimulai pada tahun 2016 yang berjumlah 1.321 orang kemudian pada tahun 2017 mencapai 1.536 orang dan terakhir pada tahun 2018 yang mencapai jumlah sekitar 1.920 orang. Jurusan ini cukup banyak mengalami peningkatan ya meskipun kapasitas yang tersedia hanya 53 orang.

3. Ilmu Komputer

Di dunia yang segala sesuatunya sudah serba digital rasanya sangat masuk akal jika semakin banyak orang yang meminati jurusan ini. Untuk prospek kerja, kamu tidak perlu khawatir karena semua perusahaan membutuhkan orang dengan basic pendidikan ilmu komputer.

Kamu bisa berkarir menjadi programmer, database administrator, atau network engineer dengan mengambil jurusan yang ini. Tertarik untuk mencoba ? Lihat dulu persaingannya karena ilmu komputer masuk peringkat ke 3 jurusan paling favorit di Institut Pertanian Bogor.

Peminatnya pada tahun 2018 mencapai angka 2.184 orang dan mengalami peningkatan peminat dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 yang berjumlah 1.854 orang. Sementara untuk tahun 2016 peminatnya sekitar 1.626 orang.

Lumayan ketat persaingannya karena kapasitas kursi yang tersedia cuma 49 orang mahasiswa per tahun. Meskipun begitu tidak ada yang mustahil jika kamu mau mencoba semoga berhasil ya.

4. Agribisnis

Dan ini dia jurusan yang masuk peringkat ke-2 jurusan paling favorit di Institut Pertanian Bogor yaitu jurusan Agribisnis. Tidak tanggung-tanggung pada tahun 2018 peminat nya mencapai 2.274 orang meskipun kapasitas yang tersedia hanya sekitar 55 orang.

Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2017 yang peminatnya sekitar 2.204 orang, sementara pada tahun 2016 peminatnya hanya mencapai angka 1.609.

Nampaknya jurusan ini semakin banyak diminati setiap tahunnya, buat kamu yang mau bekerja di LSM, konsultan pertanian atau bahkan mau menjadi peneliti di bidang agribisnis, jurusan ini bisa kamu coba untuk masuki. 

5. Ilmu Gizi

Jika kamu di buat penasaran dengan jurusan apa yang menduduki peringkat pertama sebagai jurusan paling favorit di Institut Pertanian Bogor. Jawabannya adalah jurusan Ilmu Gizi.

Meski kapasitas yang tersedia hanya 27 orang, namun peningkatan peminat terhadap jurusan ini terjadi setiap tahun. Dimulai dari tahun 2016 yang peminatnya sebanyak 1.705 orang. Kemudian meningkat lagi pada tahun 2017 yaitu sejumlah 2.200 orang yang mendaftar. Dan terjadi kenaikan lagi di tahun 2018 yaitu sebanyak 2.480 orang.

(Baca juga: Maudy Ayunda Pilih Harvard University, Begini Tips Survive Kuliah di Amerika)

Jika kamu mau mencoba keberuntungan kamu di kampus IPB kamu akan bersaing dengan ribuan orang dan menjadi hanya puluhan orang, untuk itu kamu perlu mempersiapkan diri dengan matang supaya kamu bisa meniti karir kamu menjadi ahli gizi, konsultan gizi, dan sebagainya.

Semoga kamu mendapatkan karir yang baik dimanapun kamu menempuh pendidikan ya, selamat mencoba.

Jangan lupa penuhi segala kebutuhan penunjang kuliah dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu ajukan lewat CekAja! 

Tentang Penulis