Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Kerugian yang Kamu Dapat Jika Tidak Memiliki Pendidikan Tinggi

by Rafly Aditia on 12 Desember, 2015

pendidikan tinggi - CekAja.com

Pendidikan menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh dalam kesuksesan hidup seseorang. Memang tidak melulu pendidikan yang menjadi penenti kesuksesan seseorang, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa untuk urusan karir pendidikan menjadi faktor yang sangat penting.

Untuk itu, lebih baik kamu terus mengenyam pendidikan selama kamu memang masih mampu dan memungkinkan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dari yang kamu miliki saat ini.Kenapa begitu? Karena apabila kamu tidak memiliki pendidikan tinggi, ada beberapa kerugian yang kamu dapat.

Apa saja sih kerugian yang kamu dapatkan jika kamu tidak punya pendidikan yang tinggi? Berikut 5 kerugian yang kamu dapat jika kamu tidak memiliki pendidikan tinggi;

Peluang kerja yang lebih kecil

Saat ini, untuk memenuhi kualifikasi sebagian besar lowongan kerja dibutuhkan minmal gelar D3/S1. Tentu ini merupakan kerugian bagi kamu yang hanya menyelesaikan pendidikan sampai tingkat SMA.

Memang bukan berarti kalau kamu hanya lulus SMA kamu tidak dapat sukses dan tidak dapat memiliki pekerjaan yang layak, tetapi peluang yang kamu miliki untuk kedua hal tersebut akan menjadi lebih kecil dibandingkan mereka yang memiliki pendidikan lebih tinggi.

(Baca juga: Lahir Tahun 90-an Tapi Kepingin Punya Rumah dan Mobil Sendiri, Ini Strategi Finansialnya)

Jenjang karir yang buruk

Jika kamu hanya memiliki ijazah tingkat pendidikan menengah, hampir dapat dipastikan masa depan atau karir kamu hanyalah begitu-gitu saja. Kamu akan sulit untuk mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan di perusahaan dimana kamu bekerja saat ini.

Mengapa seperti itu? Karena ketika seseorang memiliki gelar pendidikan tinggi mereka cenderung memiliki pengetahuan dan kreatifitas yang lebih untuk memberikan kemajuan dalam pekerjaan dan tempat mereka bekerja, sementara bagi mereka yang tidak mengenyam pendidikan tinggi kebanyakan tidak seperti itu.

Biasanya penghasilan lebih rendah

Lagi-lagi kerugian yang didapatkan apabila kamu tidak memiliki pendidikan tinggi berhubungan dengan karir kamu. Jumlah penghasilan yang kamu dapatkan apabila kamu tidak memiliki gelar sarjana biasanya akan lebih rendah dibanding mereka yang memiliki gelar sarjana.

Bahkan ada beberapa studi yang menyatakan bahwa mereka yang punya pendidikan lebih tinggi memiliki penghasilan sekitar 25 persen lebih besar daripada mereka yang tidak punya gelar pendidikan tinggi.

Kurang relasi dengan orang-orang hebat

Peluang untuk memiliki jaringan dan relasi yang luas akan terbuka lebar-lebar bagi siapapun yang mengenyam pendidikan tinggi. Mereka akan lebih mudah untuk membuka jalan dalam bergaul dengan para orang-orang hebat. Sementara, apabila kamu tidak memiliki pendidikan tinggi kamu harus perlu bekerja keras untuk membuka jaringan dengan orang-orang penting dan hebat.

Image buruk di masyarakat

Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat acap kali memang mereka yang tidak mengenyam pendidikan tinggi. Karena juga beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang kurang berpendidikan biasanya akan lebih sering dan berpeluang tinggi untuk melakukan tindak kejahatan.

Untuk itu, sebisa mungkin teruslah lanjutkan pendidikan mu lebih lanjut lagi. Bahkan jika kamu tidak ingin menjadi seorang pekerja dan ingin membuka sebuah usaha atau berbisnis, kamu juga perlu memiliki pendidikan yang tinggi untuk memperluas ilmu pengetahuan dalam menjalani bisnis yang kamu bangun nanti.

(Baca juga: Tips Founder Qerja.com, Veronica Linardi: Jangan Takut Pindah Divisi Agar Karir Terus Berkembang)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.