Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan AC Mobil

by Anes Saputra on 11 Maret, 2020

Penggunaan pendingin udara alias AC mobil di kota biang macet seperti Jakarta bikin perjalanan dari satu tempat ke tempat lain anti kegerahan. Namun, penggunaan AC mobil yang salah juga ternyata bisa membahayakan keselamatan pengendara sampai merusak komponen dari kendaraan itu sendiri.

aksesori mobil _ kredit kendaraan - CekAja.com

Mau tahu apa saja 5 kesalahan fatal yang sering kamu lakukan saat menggunakan AC mobil? Ini dia daftarnya:

  1. Mematikan AC saat hujan

Dinginnya udara di luar mobil saat turun hujan, pasti membuat sebagian dari kamu memutuskan untuk mematikan AC mobil. “Biar hemat bensin dan gak kedinginan,” begitu mungkin ide brilian yang terbersit di benak kamu.

Tapi tahukah kamu kalau mematikan AC mobil saat berkendara di tengah hujan sangat tidak dianjurkan? Sebab dengan mematikan AC, kamu telah menciptakan perbedaan suhu antara udara di dalam kabin mobil dengan di luar. Perbedaan suhu inilah yang kemudian menimbulkan embun di kaca yang mengganggu pandangan pengemudi. Kalau dibiarkan, tentu akan membahayakan perjalanan bukan?

Untuk menghilangkan embun tersebut, cara paling mudah adalah menghidupkan kembali AC mobil kamu. Tidak perlu sampai membuat kamu menggigil kedinginan juga sih, asalkan suhu di dalam kabin mobil lebih rendah dari suhu di luar.

  1. AC masih ON saat mesin mobil dimatikan

Dalam kondisi terburu-buru, kamu tentu pernah lupa mematikan AC mobil sebelum mematikan mesin mobil bukan?

Asal kamu tahu saja ya, kebiasaan meninggalkan mobil dengan tombol AC masih di posisi ON dalam jangka panjang akan merusak komponen alternator dan aki mobil loh.

(Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Kabin Mobil Bekas)

Sebab, saat mobil kesayangan kembali kamu nyalakan, mesin mobil akan menyedot tenaga yang sangat tinggi dari aki dan alternator dengan posisi AC mobil masih menyala.

Kalau sudah terjadi kerusakan pada dua komponen tersebut, ujungnya fungsi AC yang didukung pengoperasiannya oleh kompresor, kondensor, hingga evaporator juga akan terganggu dan tidak bekerja maksimal.

  1. Menyalakan AC saat mesin mati

Sebaliknya, menyalakan AC saat mesin mobil mati juga bisa merusak komponen kendaraan. Saat menunggu seseorang di dalam kendaraan, kamu tentu akan merasa kegerahan tanpa AC dihidupkan.

Nah, menyalakan AC saat mesin mobil mati berpengaruh pada kinerja AC dan aki yang akan cepat rusak.

Padahal aki mendapat pengisian saat mesin mobil dihidupkan. Jadi bisa dibayangkan, kalau kamu tetap menyalakan AC saat mesin mobil mati maka lama kelamaan arus listrik di aki akan habis. Akibatnya mesin bisa-bisa mogok saat di starter.

Gak cuma aki yang tekor, namun kebiasaan menyalakan AC saat mesin mobil mati bisa membuat blower AC ikutan rusak.

  1. Menyalakan/mematikan AC saat putaran mesin tinggi

Menyalakan dan mematikan AC di waktu yang tidak tepat juga berbahaya. Salah satunya saat kamu tengah melaju dengan kecepatan tinggi.

Apabila kamu sering melakukan hal itu, akan terjadi perubahan putaran mesin dan beban kompresor mendadak jadi besar karena gesekan antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC terjadi tidak wajar. Ujungnya, komponen magnet clutch di kompresor akan cepat terkikis dan akhirnya rusak.

(Baca juga: Mengetahui 4 Tanda Harus Ganti Wiper Mobil, Apa Saja?)

Oleh karena itu, selalu mematikan dan menyalakan AC saat mobil dalam posisi diam.

  1. Menggunakan AC saat freon sudah kosong

Freon alias refrigerant merupakan senyawa kimia yang dapat berubah bentuk dari cair ke gas di dalam sistem AC mobil. Semakin sering isi freon ini ditiupkan blower, maka lama kelamaan bisa berkurang dan habis.

Saat isi freon berkurang, otomatis kemampuan AC mendinginkan kabin juga berkurang. Namun, pasti ada diantara kamu yang masih menggunakan AC saat freon sudah berkurang bukan?

Akibatnya, udara yang ada di dalam kabin terasa berbau apek. Akan lebih parah bila evaporator AC tersebut ternyata juga sudah kotor, yang membuat bau apek jadi lebih menyengat dan bisa mengganggu pernafasan.

Itu tadi 5 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat menggunakan AC mobil. Dapatkan beragam tips perawatan mobil dan sepeda motor kesayangan kamu di CekAja.com. Toko finansial pertama di Indonesia yang juga akan membantu kamu menemukan asuransi kendaraan terbaik sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke