Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Beli Mobil

by JTO on 10 Oktober, 2014

mobil murah_kredit mobil - CekAja.com

Anda berniat membeli mobil baru hari ini juga? Sebelum Anda menyesal di kemudian hari, ada baiknya Anda baca dulu artikel ini.

Sekarang ini, membeli mobil seolah-olah sudah menjadi kebutuhan semua orang. Dengan iklim negara kita yang tropis basah, hal yang paling sering kita alami adalah kepanasan atau basah kuyup di jalanan. Hal ini mendorong banyak orang ingin membeli kendaraan yang nyaman dan bisa dikemudikan sendiri. Mobil murah juga saat ini sedang marak di Indonesia sehingga angka penjualan mobil pun terdongkrak.

Tunggu dulu! Anda tidak perlu buru-buru. Membeli mobil juga butuh perencanaan yang matang, lho! Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari gara-gara lima kesalahan ini:

Harus Baru

Pokoknya harus baru! Mobil baru memang menambah prestige Anda namun apakah benar Anda butuh yang benar-benar baru? Bursa mobil bekas saat ini sering menjual mobil yang nyaris baru. Mobil-mobil ini bisa saja baru dipakai beberapa bulan oleh pemiliknya. Kalau Anda jeli, Anda bisa membeli mobil dengan performa nyaris sama dengan mobil baru namun dengan harga yang lebih rendah. (Baca juga: 4 Rambu Sebelum Ajukan Kredit Mobil)

Tidak Pedulikan Kegunaan

Anda membeli mobil sport padahal Anda sudah berkeluarga. Tidak apa-apa memang. Namun bayangkanlah nanti saat Anda ingin mengajak istri dan dua anak Anda bepergian ke luar kota. Sesuaikanlah kebutuhan mobil Anda dengan kondisi Anda. Pilihlah mobil keluarga jika Anda sudah berkeluarga. Jika toko Anda membutuhkan mobil untuk mengangkut barang, belilah mobil khusus untuk mengangkut barang dan bukan mobil untuk penumpang.

Tidak Bandingkan Online 

Membeli mobil melibatkan banyak uang. Jika Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa Anda malah membayar lebih banyak daripada yang seharusnya. Gunakan kekuatan internet untuk melakukan riset kecil. Bandingkan berbagai macam harga mobil melalui internet Anda. Bahkan, melalui online Anda bisa juga mendapatkan bank atau lembaga pembiayaan mana yang  dapat memberikan kredit mobil terbaik. Selain Anda bisa dengan bebas memilih mobil idaman, Anda juga bisa memilih mobil sesuai kebutuhan Anda tanpa takut direcoki SPG atau SPB. Melakukan perbandingan online juga akan memberikan Anda gambaran tentang standar harga mobil di Indonesia.

Perbandingan online ini juga berlaku saat Anda mencari lembaga penyedia Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mencari fasilitas kredit dengan suku bunga yang rendah. Berbagai macam kalkulator simulasi kredit juga bisa ditemukan di internet.

Cicilan Salah

Membeli mobil dengan cara kredit tidaklah salah tetapi Anda perlu berhati-hati memilih lembaga kredit. Salah-salah, Anda malah membayar terlalu mahal karena lembaga kredit yang Anda gunakan memberi bunga yang terlalu tinggi. Pilihlah lembaga penyedia kredit yang bonafid. Kebanyakan bank sekarang menyediakan KKB untuk pembelian mobil baru maupun bekas. Pastikan cicilan yang nanti akan Anda bayarkan tidak mengganggu biaya kehidupan Anda sehari-hari. Semakin singkat waktu kredit, maka semakin rendah jumlah bunga yang nantinya akan Anda bayarkan. Walau demikian, jumlah angsuran yang dibayarkan tiap bulan juga tidak sedikit. Intinya, sesuaikan angsuran sehingga sama dengan kemampuan maksimal Anda membayar per bulan. Anda memang perlu berhemat tetapi nantinya tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menutup bunga.

Tidak Ambil Asuransi

Kesalahan ini adalah kesalahan yang umum terjadi di negara kita. Perlu diketahui, mobil baru pun bukan berarti bebas risiko. Apa yang terjadi jika setelah dua hari Anda gunakan ternyata mobil Anda mengalami kecelakaan? Rasanya rugi berat jika biaya perbaikan mobil nanti sampai mendekati harga asli mobil. Belum lagi angsuran yang belum lunas terbayar. Karena itu, belilah asuransi kendaraan untuk mobil Anda. Keluar uang lebih banyak memang tetapi, kan, yang penting aman. Cobalah untuk mendapatkan asuransi kendaraan dengan perlindungan terlengkap untuk mobil kesayangan Anda.

tarif premi asuransi kendaraan - CekAja.com

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.