Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Kiat Menghindari Keramaian di Malam Tahun Baru

by Miftahul Khoer on 20 Desember, 2018

Hampir setiap orang pasti senang merayakan tahun baru. Mereka biasanya pergi ke pusat kota, pantai hingga gunung sambil meniup terompet dan menyalakan kembang api. Namun, bagi sebagian orang ada juga yang benci dengan keramaian. Biasanya orang seperti ini menderita agoraphobia atau fobia terhadap keramaian.

Acara Tahun Baru Dunia - CekAja

Tentu tidak semua orang yang benci keramaian disebut agoraphobia, ada juga orang yang benar-benar ingin menghindar dari keramaian terutama pada saat malam pergantian tahun baru.

Nah, kali ini CekAja akan mengulas beberapa kiat untuk menghindari keramaian saat malam pergantian tahun nanti. Yuk simak!

Nonton film dan menikmati musik

Salah satu aktivitas untuk menghindari keramaian saat malam tahun baru adalah dengan menonton film. Anda bisa secara maraton nonton film sepuasnya sampai hiruk pikuk malam tahun baru mereda dan perlahan menghilang dari telinga.

Anda tak perlu datang ke bioskop untuk maraton nonton film. Cukup sambungkan internet dan cari portal khusus yang menyajikan film-film streaming berkualitas secara gratis.

Anda juga bisa menyaksikan konser-konser musik yang bagus di YouTube selama malam pergantian tahun. Dengan begitu, Anda akan melupakan segala keramaian yang biasa terjadi di malam tahun baru.

Tenang, jangan takut kuota internet Anda habis saat berselancar di YouTube. Sekarang ini banyak operator seluler yang menyediakan banyak bonus kuota untuk sekedar mengakses YouTube. Tapi paling tidak Anda harus menyiapkan kuota cukup saat menonton film streaming.

(Baca juga: Berbagai Ide Merayakan Tahun Baru di Rumah)
Menjauhi pusat kota

Jika Anda tinggal di kota, tentu Anda akan terjebak dengan keramaian menjelang tahun baru. Maka baiknya, sebelum malam pergantian tahun, Anda sudah merencanakan untuk berkunjung ke suatu tempat agar terhindar dari keramaian kota.

Anda misalnya bisa pergi ke rumah saudara atau kerabat di kampung yang daerahnya masih tidak terlalu antusias menyambut malam pergantian tahun. Dengan begitu Anda akan terhindar dari segala hiruk pikuk malam tahun baru.

Kalau tidak, Anda bisa pergi ke tempat pemancingan 24 jam. Anda bisa menghabiskan malam dengan memancing ikan yang sebagian besar para pemancing juga tidak suka keramaian.

Mengunjungi kediaman teman

Mungkin Anda tidak sendiri. Dari sekian banyak teman Anda yang bersemangat merayakan malam tahun baru, pasti ada beberapa orang yang juga malas merayakannya.

Nah, Anda bisa janjian kepada teman anda tersebut untuk bertemu sekedar mengobrol di kosan, kontrakan atau rumahnya. Anda bisa berbincang banyak hal-hal yang positif ketimbang merayakan malam tahun baru.

Atau Anda bisa menghabiskan malam tersebut bersama teman dengan menyanyikan lagu sambil bermain gitar di halaman rumah.

(Baca juga: Resolusi Sederhana yang Bikin Optimis di Tahun Baru)
Main game

Bagi para maniak game, perayaan malam tahun baru mungkin bukan hal penting. Mereka akan tetap fokus bermain game seperti hari-hari atau malam-malam biasanya.

Nah, cara ini bisa Anda lakukan dengan bermain game sampai Anda lupa bahwa keramaian malam tahun baru benar-benar terlewatkan oleh Anda.

Banyak game-game yang sedang hits saat ini yang bisa dimainkan baik melalui komputer atau pun gadjet seperti Mobile Legends, PUBG, Hitman dan banyak lagi.

Bagaimana jika Anda bukan seorang gamer? Ya, Anda bisa ajak teman untuk sama-sama bermain game off-line macam main kartu, catur, hingga werewolf.

Diam di rumah

Kiat cara menghindari keramaian malam tahun baru yang satu ini mungkin bisa dilakukan semua orang. Anda cukup berdiam di rumah dan menganggap malam tahun baru seperti malam-malam biasanya.

Anda bisa tidur tanpa menghiraukan suara-suara terompet, kembang api hingga petasan yang dinyalakan tetangga. Anda cukup mengunci kamar, menutup telinga dan memejamkan mata.

Perayaan malam tahun baru mungkin bagi sebagian orang adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Namun, bagi sebagian orang juga adalah waktu yang tidak pernah diharapkan karena dinilai tidak berfaedah sama sekali.

Nah, kalau Anda termasuk orang yang menantikan malam tahun baru atau ingin menghindarinya?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami