Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Langkah Membuat Hidup Anda Sehat dan Hemat

by JTO on 26 Agustus, 2014

olahraga diet _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Pernah berpikir untuk menjalani hidup yang lebih sehat agar umur lebih panjang dan jauh-jauh dari penyakit? Bisa dimulai dengan pilihan makanan.

Hidup sehat merupakan awal dari kehidupan yang nyaman dan rendah kekhawatiran. Mengapa demikian? Karena dengan cara hidup yang lebih sehat maka tubuh menjadi lebih segar, stamina lebih terjaga, dan mempu menghadapi berbagai masalah yang kemungkinan datang.

Sayangnya, banyak orang yang percaya hidup sehat itu mahal. Banyak orang yang menemukan bahwa makanan versi vegetarian justru lebih mahal dari makanan biasa. Selain itu, membeli berbagai macam kebutuhan panganan organik juga perlu uang yang tidak sedikit. Hal ini membuat banyak orang jeri dengan gaya hidup sehat.

Padahal hidup sehat tidak melulu berubah jadi vegetarian dan makan segala macam yang organik-organik saja. Hidup sehat bisa dilakukan sehari-hari tanpa perlu takut mengeluarkan banyak uang. Tetapi, bagaimana caranya?

Berkreasi dengan makanan sehat

Makanan yang tepat adalah salah satu kunci hidup yang lebih sehat. Masakan rumah berbeda dari masakan-masakan yang dijual di restoran apalagi di kios makanan cepat saji.

Memasak sendiri membuat kita bisa secara fleksibel mengubah komposisi bumbu sesuai dengan selera juga memberi kita kemampuan untuk mengurangi bahan-bahan yang tidak kita perlukan.

Selain itu kita bisa memastikan bahwa bahan makanan yang kita gunakan untuk memasak benar-benar segar dan berkualitas bagus. Merasa kesulitan karena tidak pandai memasak?

Jangan takut! Banyak sekali resep-resep sekaligus cara memasak yang bisa kita baca di internet. Masih tidak percaya diri hanya dengan membaca saja? Anda bisa menonton video dari beberapa kanal video terkenal. (Baca juga: 5 Langkah Sederhana Menghemat Uang)

Lebih puas dengan belanja sendiri

Seperti halnya memasak sendiri, berbelanja sendiri membutuhkan pengorbanan waktu. Jika tempat berbelanja favorit kita adalah pasar tradisional, segala macam bahan segar hanya bisa didapatkan di pagi hari.

Meski perlu bangun pagi-pagi untuk sekedar ke pasar, ada kepuasan tersendiri saat kita bisa mendapatkan bahan makanan yang segar, berkualitas, dan murah. (Baca: Cara Mudah Mengatur Keuangan Keluarga Buat yang Baru Nikah)

Jangan ragu untuk menawar! Berbelanja dalam jumlah banyak biasanya membuat harganya lebih murah. Namun jangan juga kalap membeli terlalu banyak demi diskon karena sayuran yang disimpan terlalu lama di kulkas bukanlah sayuran yang sehat.

Jika masih ragu karena tidak tahu cara memilih bahan terbaik, kita bisa baca tips-tips di tabloid atau blog. (Baca juga: 5 Cara Gila Kumpulkan Uang Rp 100 Juta)

Sudah olahraga?

Apakah bisa menjawab pertanyaan tersebut? Pasalnya tidak banyak di antara kita yang suka berolahraga. Olahraga memang membuat capek apalagi dengan iklim Indonesia yang panas, mendengar kata ‘olahraga’ saja bisa membuat kita mengeluh.

Namun olahraga ternyata sangat esensial untuk metabolisme tubuh kita. Olahraga tidak sekedar untuk menghilangkan lemak atau untuk menjadi lebih langsing, olahraga juga bisa melatih jantung kita. (Baca: Ayo Lindungi Diri, Golongan Darah Ini Rawan Kena Serangan Jantung)

Jantung yang sehat akan memompa darah dengan lebih baik sehingga peredaran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh terasa segar.

Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu yang berat-berat. Kalau kondisi tubuh tidak memungkinkan, kita bisa memilih olahraga yang ringan selama minimal 45 menit. Tidak perlu juga repot-repot pergi ke gym dan membayar mahal untuk keanggotaannya, buka saja kanal video olahraga dan ikuti arahan dari mentor olahraga.

Cukupkan jam tidur

Salah satu poin yang perlu diperhatikan adalah tidur yang cukup. Tidur adalah saat tubuh dan otak beristirahat. Saat tidur, juga terjadi detoksifikasi pada tubuh sehingga keesokan harinya badan terasa lebih segar. Saat tidur, tubuh juga membakar kalori dalam tubuh. Lama tidur ideal adalah 6 sampai 8 jam. (Baca juga: Anda Perantau? Ini Kisaran Biaya Hidup di Jakarta)

Jaga kebersihan

Lingkungan yang bersih, selain nyaman dipandang, juga baik bagi kesehatan. Memelihara tanaman di halaman atau di pot bisa menambah pasokan oksigen di sekitar kita, sehingga udara terasa segar.

Rajin menyapu dan mengepel juga perlu dilakukan karena lantai yang kotor tidaklah nyaman digunakan. Membersihkan pojok ruangan dari sarang laba-laba juga perlu karena sarang laba-laba akan menangkap debu.

Lingkungan yang bersih dan hijau juga terbukti mengurangi stres yang terkumpul saat kita bekerja seharian. (Baca juga: Mau Transfer? Kenali Daftar Kode Bank di Indonesia)

Dari beberapa langkah di atas, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita memulainya. Jika kita memiliki kemauan kuat, kita lakukan semuanya dengan enteng. Namun jika baru bisa melakukan beberapa, lakukan saja! Jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi?

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami