Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

5 Langkah Membuat Kartu Kredit dalam Tempo 3 Menit

by Surtan Siahaan on 1 Agustus, 2017

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Kartu kredit sebenarnya sangat mudah untuk dibuat. Kali ini, kita akan membahas cara membuat kartu kredit secara online.

Bila langkah-langkah yang disebutkan dalam artikel ini diterapkan, kita bisa mengurus pembuatan kartu kredit hanya dalam waktu 3 menit. Meski Anda tidak begitu menguasai internet, jangan khawatir sebab langkah-langkah yang dijabarkan di sini sangat mudah untuk diterapkan.

Tentunya, semakin cepat dan mudah kartu kredit dibuat, semakin menguntungkan bagi konsumen, terlebih bagi kalangan yang sibuk seperti karyawan profesional atau pengusaha. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai langkah pembuatan kartu kredit, ada baiknya untuk mengetahui sejumlah syarat membuat kartu kredit.

(Baca juga: Apply Kartu Kredit Online Menguntungkan, Mengapa?)

Dengan mengetahui persyaratannya, kita bisa menyiapkan terlebih dahulu sehingga semakin meghemat waktu. Berikut ini sejumlah syarat yang dimaksud:

  1. Salinan Kartu Tanda Penduduk
  2. Berusia sekurang-kurangnya 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat mengajukan pembuatan kartu kredit
  3. Salinan bukti penghasilan berupa slip gaji atau bukti penghasilan lainnya seperti rekening koran
  4. Fotokopi NPWP
  5. Bila sudah memiliki kartu kredit lain, kita dapat mengajukan pembuatan kartu kredit kedua setelah sudah menggunakan kartu kredit lebih dari setahun. Untuk orang yang sudah memiliki kartu kredit, siapkan fotokopi kartu kredit bank lain.
  6. Gadget/smartphone
  7. Jaringan internet
5 Cara membuat kartu kredit secara online

Setelah semua persyaratan disiapkan, saatnya melangkah lebih lanjut. Karena artikel ini membahas tutorial pengajuan kartu kredit secara online, kita akan melakukan simulasi menggunakan wizard atau software pembuatan kartu kredit secara online milik CekAja.com.

(Baca juga: Beragam Keuntungan Kartu Kredit BNI Berdasarkan Tipenya)

1# Klik kategori kartu kredit

Saat berselancar di website CekAja, klik kategori kartu kredit yang terletak di pojok kiri atas halaman. Setelah itu, klik tombol kuning bertuliskan Cek Aja di Sini. Lalu, kita akan diarahkan untuk mengisi sejumlah informasi.

Caranya pun mudah hanya cukup melakukan klik pada pilihan yang sudah disediakan. Terdapat 6 informasi yang harus dilengkapi yakni lama bekerja, penghasilan per bulan, jumlah kartu kredit yang dimiliki, provinsi tempat tinggal, kota tempat tinggal dan benefit kartu kredit yang diinginkan.

2# Pilih kartu kredit yang paling menguntungkan

Setelah semua informasi dipilih, kita diminta untuk memilih sejumlah kartu kredit. Pilih kartu kredit yang paling cocok dan menguntungkan. Sekadar informasi, kartu kredit memang memiliki sejumlah fasilitas yang memberi keuntungan finansial pada penggunannya. Keuntungan tersebut di antaranya:

Diskon merchant

Penerbit kartu kredit biasanya bekerjasama dengan banyak merchant. Kerjasama ini juga menguntungkan pengguna karena jangkauan akses kartu kredit miliknya semakin luas. Keuntungan lain yang lebih menarik adalah fasilitas dikson yang diberikan oleh merchant khusus bagi konsumen yang melakukan transaksi menggunakan kartu kredit tersebut.

(Baca: 8 Trik Agar Kartu Kredit Dapat Diproses Secara Cepat)

Poin rewards

Saat bertransaksi menggunakan kartu kredit, pengguna akan mendapatkan poin. Semakin sering kita bertransaksi denga kartu kredit, semakin banyak pula poin yang bisa dikumpulkan. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan banyak hal seperti voucher belanja.

Poin air miles

Hal ini juga berlaku ketika kita membeli tiket pesawat terbang menggunakan kartu kredit. Namun, poin yang dikumpulkan berbeda jenisnya yakni poin air miles. Menariknya, ketika poin yang kita miliki sudah cukup banyak, kita bisa menukarkannya dengan tiket pesawat gratis.

Jumlah poin untuk setiap penukaran tiket biasanya berbeda tergantung kebijakan masing-masing penerbit kartu kredit.

3# Isi data pribadi

Setelah memilih kartu kredit yang diinginkan, selanjutnya kita harus mengisi data pribadi berupa nama, jenis kelamin, alamat email, tanggal lahir dan nomor hp. Selain itu, kita juga wajib mengisi data kewarganegaraan, status karyawan, penghasilan per bulan dan menjawab pertanyaan mengenai riwayat pengajuan kartu kredit.

4# Menerima panggilan customer service

Customer service CekAja kemudian akan melakukan konfirmasi via telepon dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Pastikan kita mengangkat panggilan tersebut untuk mengkonfirmasi pengajuan yang sudah dibuat secara online.

Bila kita memang berminat akan produk yang ditawarkan, customer service akan menyakan kesediaan kita akan produk yang dimaksud. Kemudian, tim kurir CekAja akan menjemput semua dokumen yang sudah kita siapkan di rumah atau kantor kita.

5# Menerima panggilan bank

Bila bank menyetujui pengajuan kartu kredit kita, pihak bank selakuy penerbit akan menghubungi kita dalam waktu dekat. Namun, bila pengajuan kita ternyata tidak memenuhi syarat bank, maka tidak aka nada lagi panggilan yang ditujukan pada kita. Kartu kredit yang sudah disetujui bank akan diantar menggunakan jasa logistic ke alamat kita.

5 kartu kredit berdasarkan keuntungan yang ditawarkan
Kartu Kredit BNI Mastercard Lotte Mart

Kartu kredit ini menawarkan sejumlah keuntungan belanja seperti Cashback 3% untuk transaksi ritel di Lotte Mart Hipermarket dan tambahan cashback 0.5% untuk transaksi cicilan di LOTTE Mart.

Namun, transaksi yang dilakukan harus menggunakan EDC BNI. Pengguna kartu kredit juga mendapatkan Diskon 5% untuk setiap pembelian ptoduk brand Lotte Mart. Selain itu, pengguna juga dapat menukar poin reward yang dikumpulkan dengan voucher belanja di Lotte Mart. Suku bunga yang ditawarkan kartu kredit ini adalah 2,25% per bulan dan 30,6% per tahun dengan biaya tahunan mencapai Rp120.000.

Kartu Kredit HSBC VISA Signature

Ini merupakan pilihan kartu kredit yang tepat bagi konsumen yang sering berpergian menggunakan pesawat terbang. Pemilik akan mendapatkan 1 mileage setiap transaksi senilai Rp 21.250. Fasilitas lain yang diperoleh adalah akses ke 600 airport lounge serta hadiah langsung voucher blibli.com senilai Rp 1.5 juta jika pengajuan kartu kredit disetujui. Tidak hanya itu, pemilik kartu juga diberikan gratis pembayaran annual fee di tahun pertama.

Kartu Kredit Standard Chartered Visa Platinum

Kartu kredit ini cocok bagi orang yang memiliki gaya hidup perkotaan. Pemilik kartu kredit ini akan mendapatkan diskon hingga 50% di restoran dan kafe pilihan, beli 1 dapat 2 tiket di XXI premiere, diskon minimal 7% untuk setiap pembelian barang di blibli.com dan poin rewards hingga 3x setiap melakukan transaksi.

Kartu Kredit Mega Visa Gold

Sebagai alternatif lain bagi pengguna kartu kredit yang mencari manfaat untuk belanja. Mega visa gold memberikan diskon 10% di Carefour dan Metro department store, fasilitas cicilan 0% atau bunga ringan Mega Pay untuk merchant pilihan dan bebas iuran tahunan untuk 1 tahun pertama.

Kartu Kredit The American Express® Gold Business Card

Kartu kredit yang didesain untuk pebisnis ini menawarkan beragam keuntungan seperti cashback 1% untuk setiap pembayaran seluruh tagihan yang dilakukan paling lambat 7 hari setelah tanggal cetak tagihan, bunga rendah sebesar 1, 5% atas tagihan kartu kredit  dan kemudahan tarik tunai di lebih dari 1.000 jaringan ATM Danamon di Indonesia dan jaringan American Express di seluruh dunia.

Tentang Penulis