Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mobil Dibobol Maling

by Rafly Aditia on 15 Juni, 2016

Banyak orang mengalami kepanikan saat mengetahui mobil kesayangan dibobol maling. Bukannya membuat masalah dapat terselesaikan dengan baik, rasa panik hanya membuat keadaan semakin memburuk. Untuk itu, berusahalah menahan emosi dan rasa panik berlebih agar masalah tersebut bisa diselesaikan.

Lantas, apa hal yang harus dilakukan jika seandainya kamu menjadi korban pencurian mobil? Berikut ini ada 5 langkah yang harus kamu lakukan ketika bencana tersebut datang:

Segera periksa semua barang

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat mendapatkan mobil dibobol maling adalah periksa semua barang yang ada di mobil. Apabila kamu meninggalkan tas, handphone, dompet, dan barang berharga lainnya segera periksa dengan seksama. Bila dompetmu hilang, segera lakukan pemblokiran kartu kredit dan kartu debit milikmu.

Setelah memeriksa apa saja barang yang hilang dari mobilmu, buatlah daftar yang rinci untuk membuat laporan ke kepolisian. (Baca juga: 4 Langkah Darurat yang Harus Segera Dilakukan Saat Rumah Kemalingan)

Lapor polisi

Langkah kedua adalah segera melapor ke polisi. Yup, hal ini harus dilakukan dengan tujuan untuk menangkap pelaku dan menggiringnya ke pengadilan. Bukan cuma itu, laporan polisi, juga berguna ketika kamu ingin melakukan klaim asuransi dan untuk mengurus identitas serta surat-surat penting yang hilang dalam pembobolan tersebut.

Minta laporan dari kepolisian

Kalau kamu merasa bahwa kasus ini akan makan waktu lama di kepolisian, tidak ada salahnya melakukan investigasi sendiri dengan laporan-laporan yang kamu berikan pada polisi. Minta juga perkembangan kasus pada polisi.

Parkir kendaraan di tempat lebih aman

Berhubung mobil kamu dibobol maling, biasanya pintu atau kaca menjadi bagian yang mengalami kerusakan. Entah kacanya pecah, atau pintu rusak. Maka dari itu, untuk sementara sebelum mobil direparasi coba cari tempat parkir yang lebih aman. Lebih baik lagi kalau tempat parkir di dalam garasi rumah sehingga semuanya dapat dikontrol dengan baik.  (Baca juga: Cara Mengendalikan Kartu Kredit Agar Tidak Menumpuk Utang)

Hubungi pihak asuransi

Langkah kelima adalah melapor kepada pihak asuransi. Jelaskan kejadian pembobolan tersebut dengan detil, berikan bukti-bukti dan laporan dari kepolisian. Lalu, ajukan klaim atas barang-barang yang hilang dan kerusakan pada mobil kesayanganmu. Jangan lupa, ikuti segala langkah yang ada dalam prosedur klaim asuransi dengan baik.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.