Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Makanan dan Minuman yang Sangat Baik Dikonsumsi Saat Berbuka

by Rafly Aditia on 13 Juni, 2016

Buka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu setiap harinya di bulan Ramadhan. Untuk itu, biasanya kamu dan keluarga sering memilih menu-menu khas atau tradisi berbuka puasa sesuai selera.

Tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada beberapa menu makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa? Berikut ini daftar 5 makanan dan minuman yang sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa:

Kurma

Buah asal negara Timur Tengah, kurma terkenal dengan banyaknya khasiat dan manfaat yang dimiliki. Banyak penelitian mengungkapkab bawhwa kurma dapat mengatasi masalah pencernaan, anemia, disfungsi seksual, serta juga sangat bagus untuk menaikkan berat badan.

Kurma menjadi buah yang paling dianjurkan dalam agama Islam saat berbuka puasa. Pasalnya buah satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sangat cocok untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. (Baca juga: Masjid di Dunia Paling Banyak Dikunjungi Selama Bulan Ramadhan)

Teh manis hangat

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis. Untuk itu, teh manis hangat menjadi salah satu menu yang tepat saat berbuka puasa. Menurut situs ahli gizi ternama fatsecret, satu gelas teh manis memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 14,36 g.

Apabila dipadukan dengan beberapa buah kurma, kalori yang dihasilkan cukup untuk mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. Setidaknya untuk beribadah di malam hari sebelum kamu makan berat, teh manis hangat jadi pilihan yang tepat.

Air putih

Minuman terbaik dunia adalah air putih. Air putih menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik dan dapat mengeluarkan toxin dalam tubuh. Minum air putih saat buka puasa juga dikabarkan sangat bermanfaat. Sebuah penelitian dari Frontiers in Human Neuroscience mengungkapkan bahwa dengan minum air putih dapat membuat orang bereaksi lebih cepat dibandign mereka yang tidak meminumnya.

Tidak cuma itu, minum banyak air putih juga bisa menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi dalam American Journal of Epidemiology mengungkapkan, minum banyak air putih bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Madu murni

Berdasarkan laporan yang dipublikasi oleh fatsecret, madu memiliki kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) cukup tinggi. Selain itu, kedua kandungan tersebut sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga stamina dan energimu bakal terisi ulang dalam waktu singkat.

Minum madu saat berbuka puasa juga baik mengingat madu kaya akan vitamin dan mineral utnuk tubuh.

Pisang

Menurut situs ahli gizi ternama, fatsecret satu buah pisang rata-rata memiliki kandungan 26,95 gram karbohidrat, 1,29 protein, dan 0,39 gram lemak. Jumlah kalori yang ada pada satu buah pisang sebesar 105 kalori. Ini berarti pisang sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Karena dengan mengonsumsi pisang, kamu bakal mendapatkan energi dan stamina untuk menjalani aktifitas setelah berbuka nanti. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk kamu yang ingin diet. (Baca juga: 7 Menu Sahur dan Buka Puasa Murah Meriah Khusus Anak Rantau)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.