Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

by Sindhi Aderianti on 7 November, 2018

Musim hujan selalu identik dengan daya tahan tubuh yang rentan menurun. Hal ini bukan isapan jempol belaka, namun memang pada dasarnya bakteri dan virus lebih gampang menyebar di udara yang lembab. Untuk mencegahnya mengganggu kesehatan, kita bisa mulai memperhatikan asupan makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

makanan sehat - CekAja.com

Untuk mencegah penyakit tersebut, tentunya Anda harus menjaga sistem imun agar tetap segar dan bugar. Terutama dari asupan sehari-hari yang juga amat berpengaruh. Berikut adalah daftar lima makanan yang wajib ada di menu Anda selama musim hujan.

1. Bawang putih

Bawang putih yang dimaksud di sini, bukan berarti Anda makan mentah-mentah ya. Melainkan tambahan pada setiap bumbu masakan yang dibuat. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan alliin.

Senyawa tersebut telah terbukti mampu meningkatkan respon tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit di musim hujan. Untuk itu bawang sebaiknya putih harus selalu ada di dalam menu makanan yang Anda konsumsi setiap hari agar tubuh tidak mudah terserang penyakit di musim penghujan.

(Baca juga: Waspada, Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang di Musim Hujan)
2. Daging

Makanan selanjutnya adalah daging. Daging kaya akan seng, unsur yang penting untuk kemampuan memproduksi dan mereproduksi sel darah putih. Seperti yang sudah ketahui, sel darah putih ini amat membantu manusia dalam melawan penyakit. Termasuk penyakit di musim hujan yang membandal.

Sementara zat besi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Anda bisa mengolah daging ke dalam beragam menu. Mulai dari semur, rendang, gulai, hingga steak. Olah sekreatif mungkin agar menarik untuk dimakan terutama untuk anak-anak.

(Baca juga: Milenials Harus Tahu, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Kesehatan)
3. Telur

Bukan hanya tinggi protein saja, namun telur ternyata juga termasuk ke dalam makanan yang mampu tingkatkan daya tahan tubuh. Ya, telur mengandung beberapa vitamin lain yang terdiri dari vitamin D dan B kompleks, Keduanya vitamin ini berfungsi memberantas penyakit dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Banner KTA CekAja

4. Yoghurt

Yoghurt bukan sekedar susu fermentasi biasa. Terdapat kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan, terutama usus. Dengan pencernaan yang sehat, Anda pun akan terhindari dari berbagai gangguan salah satunya diare.

Di samping itu, deretan mineral dan gizi penting di dalam yoghurt membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk melawan penyakit. Cukup makan setidaknya 400 gram yoghurt setiap hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu melawan infeksi dan bakteri.

(Baca juga: Ingin Punya Asuransi Kesehatan yang Sesuai? Cek Kiat-kiat Ini!)
5. Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C tinggi sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tak terkecuali untuk mencegah penyakit di musim hujan yang mulai merebak. Anda bisa mengonsumsi lemon dengan cara menjadikannya infused water.

Cukup iris-iris buah lemon, lalu masukkan ke dalam air putih. Diamkan beberapa saat hingga air menyerap sari lemonnya dan nikmati selagi hangat.

(Baca juga: 5 Alasan Penting Punya Asuransi Kesehatan Selagi Muda)

Panduan Mengonsumsi Makanan di Musim Hujan

Selain jenis makanan, Anda juga perlu memperhatikan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi selama musim hujan untuk menjaga daya tahan tubuh. Simak panduannya berikut ini:

  • Pilih karbohidrat kompleks sebagai sumber kalori untuk beraktivitas dan membantu menstabilkan suhu tubuh lebih lama di tengah udara dingin. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari nasi merah, roti dari gandum utuh, serta produk sereal wholegrain.
  • Minum teh hijau hangat untuk membantu menghangatkan tubuh saat musim hujan. Dibandingkan teh hitam, teh hijau lebih banyak mengandung antioksidan yang berguna menguatkan imunitas tubuh.
  • Perbanyak buah-buahan, terutama buah yang kaya kandungan vitamin C, seperti jeruk, kiwi, jambu biji, nanas, stroberi, dan mangga. Vitamin C berguna menguatkan imunitas tubuh agar tak gampang terinfeksi kuman penyakit yang banyak berkembang biak di udara lembap.

Dengan mengonsumsi makanan penjaga daya tahan tubuh tersebut, apapun penyakit di musim hujan yang mengancam, niscaya akan terkalahkan. Tapi jangan lupa diikuti istirahat yang cukup juga ya.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.