Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Makanan Lezat Ini Pantang Disantap Jika Tak Mau Masa Pensiun Habis di Rumah Sakit

by Rafly Aditia on 23 Januari, 2016

Makanan adalah salah satu faktor yang paling menentukan sehat atau tidaknya seseorang dalam hidup ini. Melalui makananlah kamu mendapatkan gizi dan energi yang kamu perlukan setiap harinya.

Tetapi, mengkonsumsi beberapa makanan tertentu secara berlebihan bisa membuat kamu menderita penyakit serius seperti penyakit jantung.

Alih-alih ingin merasakan lezatnya makanan saat ini, kamu harus mengorbankan masa pensiun kamu nanti dengan bolak-balik rumah sakit serta mengeluarkan uang banyak karena terkena penyakit jantung.

Apalagi jika kamu tidak memiliki asuransi kesehatan. Bisa-bisa kamu jatuh miskin saat masa pensiun. Untuk itu sebaiknya kurangi 5 makanan lezat berikut kalau tidak mau mengidap penyakit jantung.

Cumi-cumi

Cumi menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Rasa dasar cumi yang asin dan gurih ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam bumbu mulai dari saus tiram, teriyaki, bahkan goreng mentega sekalipun.

Tapi hati-hati, dengan rasanya yang lezat tersebut ternyata cumi memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi yaitu 1170 per 100 gramnya. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan terutama untuk organ jantung.

(Baca juga: Cegah Penyakit Stroke dengan Konsumsi 4 Buah Berikut)

Durian

Salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, Durian, dipandang sebagai buah yang enak namun juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Durian memiliki beberapa zat tertentu yang bisa membuat perut terasa kembung atau membuat kepala pusing bahkan kepanasan. Karena zat inilah saluran pernapasan kamu dipacu lebih keras termasuk kinerja jantung.

Jantung yang dipacu keras dalam jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan.

Tape

Tape adalah olahan fermentasi dari singkong yang memiliki kadar kolesterol dan alkohol tinggi. Oleh karenannya, kurangi konsumsi tape yang berlebihan karena dapat membuat tubuh menumpuk banyak kolesterol dan alkohol.

Sudah tidak perlu ditanyakan dampak buruk kolesterol dan alkohol berlebihan bagi tubuh terutama bagi jantung.

Otak

Kalau kamu pergi ke rumah makan padang, salah satu menu yang paling menggoda adalah gulai otak. Yup, menu gulai otak memang menjadi godaan terbesar saat makan masakan Padang.

Alasannya karena rasa dan teksturnya yang begitu lezat. Apalagi dikombinasikan dengan nasi hangat dan sambal khas rumah makan Padang.

Tapi ingat, hati-hati saat mengonsumsi otak karena telah terbukti secara ilmiah bahwa otak memiliki tingkat kolesterol yang sangat tinggi yaitu 2000 kolesterol per 100 gramnya.

(Baca juga: Wow, Ini Bukti Betapa Ruginya Kalau Kamu Kecanduan Minuman Beralkohol)

Jeroan

Posisi terakhir dalam daftar kali ini jatuh pada  Jeroan. Baik jeroan kambing ataupun jeroan sapi ternyata bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Jeroan sapi memiliki tingkat kolesterol sebesar 380 per 100 gram sementara jeroan kambing memiliki kadar kolesterol sebesar 610 per 100 gram. Kedua makanan ini masuk dalam kategori berbahaya dan menjadi pemicu penyakit jantung.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.