Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Makanan Murah Ini Bisa Bikin Bentuk Tubuh Keren

by Rafly Aditia on 24 Januari, 2016

 makanan sehat _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Protein sangat penting bagi tubuh manusia. Apalagi bagi orang yang yang ingin membentuk lekuk tubuh proporsional. Mengkonsumsi protein adalah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya demi pertumbuhan otot dan pembakaran lemak sekaligus.

Jangan bayangkan protein tinggi cuma bisa diperoleh dari makanan yang mahal. Sebab, ada banyak makanan murah kaya protein yang bisa diperoleh dengan mudah.  Mau tahu apa saja namanya? Berikut ini daftarnya:

Ikan tuna

Ikan tuna adalah makanan terbaik bagi kamu yang ingin membentuk badan idel dengan lekuk tubuh yang keren. Tuna masuk dalam daftar makanan dengan protein tingkat tinggi dimana setiap 100 gram ikan tuna mengandung 30 gram protein.

Harga ikan tuna juga cukup terjangkau. Di kota-kota seperti Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, harganya berkisar antara Rp 18 ribu hingga Rp 25 ribu

(Baca juga: Lebih Untung Menyicil Barang dengan Pembiayaan Syariah)

Tahu

Tahu adalah makanan sehat yang harganya ramah di kantong. Kurang lebih tahu bisa ditebus dengan uang Rp 500 per potongnya.

Meski harganya murah, tahu memiliki protein nabati terbaik karena terdapat asam amino paling lengkap sebesar 85% hingga 98% yang penting bagi pembentukan otot.

Sementara kandungan lemak tak jenuhnya sebesar 80 persen membuat tahu tidak banyak mengandung kolesterol.

Tempe

Setiap empat ons tempe memiliki kandungan 41% dari kebutuhan protein harian. Makanan olahan kedelai ini tergolong yang paling bergizi di antara jenis makanan yang lain.

Bukan hanya itu, kadar lemak jenuh yang hanya 3,7 gram tergolong sangat rendah dan aman bagi tubuh. Selain itu, harganya tempe terjangkau untuk semua kalangan.

Oncom

Salah satu makanan khas masyarakat Indonesia ini mengandung jumlah protein yang cukup tinggi. Setiap 100 gram oncom mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti 13 gram protein, 96 mg kalsium, dan 22,6 gram karbohidrat.

(Baca juga: Oktober Diwajibkan, Apa Itu E-Money dan E-Toll Pass?)

Kacang

Hampir semua orang tahu bahwa kacang adalah salah satu makanan yang memiliki protein tinggi. Namun, jumlah protein yang ada dalam kacang berbeda-beda tergantung jenisnya. Tetapi, rata-rata jumlah protein yang ada dalam kacang mencapai 15-25 gram per cangkir.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.