Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba

by Miftahul Khoer on 13 Januari, 2020

Makanan pedas membuat orang kecaduan meskipun harus terengah-engah saat memakannya. Sudah menjadi hal yang wajib bagi orang Indonesia kalau makan harus ditemani dengan sambal. Sensasi seru dan berkeringat saat menyantap makanan pedas menjadi hal yang membuat ketagihan.

Padahal pedas ternyata bukanlah rasa, melainkan sensasi panas dan terbakar yang dirasakan ujung saraf lidah atau lebih dikenal sebagai papila. Rasa pedas sendiri yang sering ditimbulkan oleh cabai, disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai.

Meskipun merasa tersiksa namun lidah seolah tak ada kapoknya menyantap makanan pedas. Nah berikut adalah daftar makanan dengan level pedas yang wajib kamu coba!

  • Seblak Jeletet
Seblak Jeletet - 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba
Source: instagram.com/foodnusantara

Seblak merupakan makanan khas dari Kota Bandung. Makanan khas ini terbuat dari kerupuk basah yang direbus kemudian ditumis dengan bumbu-bumbu seperti kencur, bawang merah, bawang putih, cabai dan biasanya ditambahakan dengan bahan pelengkap lainnya seperti telur atau sayuran.

Makanan ini mempunyai banyak variasi. Tak hanya seblak ceker, sosis dan bakso. Seblak jeletet ini juga mempunya variasi sepeti kikil, makaroni, fish ball, dumpling keju, cikuwa, salmon ball, dan lain-lain. Berbeda dengan seblak pada umumnya, seblak jeletet ini  memiliki kuah yang sangat merah. Keunikan dari seblak ini terdapat pada setiap level kepedasan sambalnya yang menggunakan takaran centong sayur dimulai dari level 0-5.

  • Indomie Abang Adek
Indomie Abang Adek - 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba
Source: pergikuliner.com

Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka Indomie? Makanan cepat saji ini digemari dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski sering kali dibilang tidak sehat, nyatanya Indomie selalu menjadi favorit. Ditambah lagi sekarang ada variasi pedas dengan level kesanggupan lidah si pemakan.

(Baca juga: Pengen Lebih Sehat di 2020? Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini)

Popularitas Indomie Abang Adek, sendiri ternyata sudah mulai dikenal sejak 1996, diawali dengan tenda sederhana di trotoar depan rumah kost. Warung sederhana ini mempunyai sajian mie instan yang tak biasa karena disajikan dengan cabai yang berlimpah.

Satu porsi mie instan dapat dibumbui dengan beratus cabai. Level pedas Indomie Abang Adek ini terdapat 5 level, yang diantara lainnya adalah :

  1. Level pedas sedang (10 cabai)
  2. Level pedas (25 cabai)
  3. Level pedas garuk (50 cabai)
  4. Level pedas gila (75 cabai)
  5. Level pedas mampus (100 cabai)
  • Bakso Rusuk Joss
Bakso Rusuk Joss - 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba
Source: qraved.com

Tak hanya seblak dan indomie yang mempunyai menu pedas, kini bakso juga mempunyai level pedas. Salah satu yang paling terkenal adalah Bakso Rusuk Joss, yang mempunyai  menu yang berbeda dengan bakso – bakso biasa.

Tak hanya ada bakso urat dan bakso telur yang biasa kita temui. Bakso Rusuk Joss ini mempunyai menu special andalan yang tak biasa  seperti bakso lava dan bakso rusuk setan.

Bakso lava ini mempunya penyajian yang sangat unik karena disajikan di hot plate. Sebelum disantap, bakso ini diguyurkan dahulu sengan saus barbekyu yang dipisah.

  • Ceker Ranjau Ayam Pedas
Ceker Ranjau Ayam Pedas - 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba
Source: instagram.com/ukh_dina

Sesuai dengan namanya, Ceker Ranjau Ayam Pedas ini adalah spot berburu ceker ayam yang dimasak dengan bumbu super pedas namun terasa nikmat saat disantap. Warung ceker ranjau ayam pedas ini tidak hanya menyediakan ceker saja, tetapi juga sayap ayam, kepala ayam, kerongkongan ayam, hingga ati-ampela.

Kuah kental  dengan rasa pedas ini dijamin bikin ketagihan apalagi disajikan dengan nasi hangat. Ditambah lagi, harganya yang terjangkau membuat ceker ini sangat terkenal.

  • Nasi Goreng Mafia
Nasi Goreng Mafia - 5 Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba
Source: bisnishotel.com

Nama yang unik, sudah membuat orang ingin mencoba nasi goreng ini. Ternyata nama Mafia yang tidak biasa itu disebabkan nasi goreng ini diolah dengan banyak cabai sehingga memiliki rasa yang sangat pedas yang disesuaikan dengan level lidah si pemakan. Selain level, yang juga unik, nasi goreng ini menyediakan topping yang tidak lazim dicampur dengan nasi goreng, seperti kikil dan lenggang kikil.

(Baca juga: Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik, Harga, dan Cara Memilihnya)

Tertarik mencoba makanan-makanan ini? Pastikan perut kamu siap sebelum mencoba makan-makanan ini. Selain lidah, perut kamu tentu akan sangat tersiksa setelah mengonsumsi terlalu banyak cabai.

Lindungi diri dengan asuransi kesehatan saat kamu berniat mencicipi menu makanan baru. Pilih dan miliki asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.