Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja?

by Ayunindya Annistri on 13 November, 2019

Memiliki cita rasa dan aroma yang khas, bawang putih sering kali digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun tidak hanya itu saja, faktanya bawang putih pun memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Satu siung bawang putih mengandung antioksidan yang dapat menangkal maupun menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, tanaman bernama latin Allium sativum ini juga kaya akan protein, karbohidrat, vitamin C dan kalsium.

Dikenal sejal dulu sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beragam penyakit, berikut 10 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh
1. Meredakan pilek

Pilek adalah salah satu penyakit menular akibat virus yang dibawa oleh orang terinfeksi, menyebar luas di udara dan menempel pada benda-benda tertentu. Virus tersebut akan cepat berkembang bila sudah masuk ke dalam tubuh, hingga menimbulkan beberapa gejala, mulai dari bersin-bersin hingga hidung meler.

Beberapa sumber mengatakan, kandungan allicin pada bawang putih dapat menurunkan risiko pilek berlebih dan mempercepat penyembuhan orang yang terjangkit pilek. Hal ini dikarenakan, salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Untuk mengobatinya, kamu bisa mengonsumsi satu atau dua siung bawang putih, baik dalam kondisi mentah maupun dimasak bersama makanan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengolah bawang putih dengan cara dipanaskan selama 10 menit agar khasiatnya jauh lebih efektif.

2. Mencegah penyakit demensia

Menginjak usia 60 keatas, seseorang biasanya dianjurkan untuk rutin mengonsumsi bawang putih dengan dosis yang tepat. Mengapa? Karena senyawa antioksidan yang terdapat di dalam bawang putih disebut mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif serta mencegah risiko demensia dan penyakit otak lainnya.

(Baca Juga: Deretan Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan yang Kaya Akan Omega-3)
3. Mengurangi risiko kanker

Sebuah studi mengatakan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih setidaknya satu siung selama dua kali seminggu, dapat mengurangi risiko kanker pada paru-paru, ginjal dan perut. Hal ini karena senyawa sulfur bioaktif yang ada dalam bawang putih diyakini mampu mempengaruhi proses biologis dan menangkal radikal bebas, sehingga sel kanker pada tubuh gagal terbentuk.

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan ini telah dipercaya selama berabad-abad. Meski begitu, sebagai penikmat bawang putih, kamu pun harus tahu bahwa mengonsumsi bawang putih dalam jumlah berlebih justru menyebabkan berbagai komplikasi, seperti iritasi saluran pernapasan dan memperparah risiko pendarahan karena sifatnya yang anti pembekuan darah.

4. Antibiotik alami bagi tubuh

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah sebagai antibiotik alami. Hal ini karena senyawa diallyl sulfide pada bawang putih disebut mampu melawan bakteri jahat seperti campylobacter yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu, bawang putih juga dapat memerangi beberapa bakteri lainnya, termasuk salmonella dan ecoli.

5. Mengontrol dan menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau lebih dikenal hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah mencapai lebih dari batas normal, yakni 140/90 mmHG. Orang-orang yang mengidap hipertensi umumnya memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti malas berolahraga, merokok, rutin mengonsumsi minuman keras, serta stress berlebih.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu dapat mengonsumsi bawang putih yang konon dipercaya efektif dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, satu buah bawang putih memiliki zat-zat alami seperti allicin dan allyl methyl thiosulfonate, dimana kedua zat tersebut bekerja penuh untuk menghasilkan nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S) yang baik dalam menurunkan ketegangan pembulu darah.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih yang Benar

Agar manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh semakin maksimal, kamu perlu mengetahui terlebih dulu bagaimana cara mengkonsumsinya yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan bawang putih justru bisa mendatangkan efek negatif bagi tubuh bila dikonsumsi secara berlebih.

1. Mengonsumsi 2 bawang putih dicampur madu

Kamu harus memotong kecil-kecil 2 siung bawang putih dan menambahkan 1 sendok makan madu asli agar rasanya tidak terlalu aneh. Campuran bawang putih dan madu yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan menghancurkan lemak jahat, zat karsinogenik, dan menghilangkan racun yang ada ditubuh. Namun, keesokan paginya kamu wajib mengonsumsi satu gelas air mineral untuk menetralkan tubuh.

Cara ini bisa kamu terapkan sebelum tidur di malam hari agar mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh secara maksimal. Tetapi, perlu diingat bahwa konsumsinya tidak boleh lebih dari 2 siung setiap hari. Mengingat adanya zat pengencer darah dalam bawang putih yang berbahaya, jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh.

(Baca Juga: Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Milenial Masa Kini)
2. Konsumsi bawang putih saat perut kosong

Jika tidak ingin dicampur dengan madu, kamu bisa langsung mengonsumsi 2 siung bawang putih mentah dalam keadaan perut kosong. Karena ada begitu banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh loh, satu diantaranya ialah menurunkan kolesterol.

3. Mencampurkan bawang putih dengan kentang tumbuk

Kentang tumbuk adalah makanan wajib untuk orang yang sedang diet. Mencampurkan bawang putih, mentega, susu dan kentang merupakan perpaduan yang sangat ciamik agar menu diet terasa lebih bervariasi. Dengan cara mengonsumsi seperti ini, kamu akan mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan yang tak lain ialah melunturkan lemak-lemak jahat dalam tubuh.

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi bawang putih, kamu juga memerlukan asuransi kesehatan sebagai langkah melindungi diri. Ajukan di CekAja.com dan temukan produk asuransi yang sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau