Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Merek AC Terbaik dan Terlaris di Indonesia

by Ayunindya Annistri on 7 January, 2020

Air Conditioner atau disingkat AC tak ubahnya menjadi barang wajib yang dibutuhkan setiap rumah. Sebab cuaca di Indonesia cenderung panas dan tentu saja membuat sebagian masyarakat kurang nyaman. Bila dulu AC dianggap sebagai barang mewah, kini banyak orang dapat memilikinya dengan harga terjangkau. Lalu, apa sajakah merek AC terbaik dan terlaris di Indonesia yang enggak bikin kantong jebol?

Memilih merek AC terbaik dan terlaris di Indonesia tidak bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan betul kualitas dari alat pendingin ruangan tersebut.

Bila salah memilih, AC justru membuat pemakaian listrik semakin boros di rumah. Selain itu, besar kemungkinan masa pemakaiannya tidak akan berlangsung lama sebab kualitasnya yang abal-abal.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam memilih merek AC terbaik dan terlaris di Indonesia dengan kualitas juara, berikut beberapa referensinya yang dirangkum CekAja dari berbagai sumber. Yuk, simak!

1. Merek AC Daikin

Pilihan merek AC terbaik dan terlaris pertama adalah Daikin. Produk buatan Jepang ini sudah dijual lebih dari 140 negara dengan fitur unggulan, seperti Comfortable Airflow Control, Quiet Operation, dan Energy Saving. Sehingga kualitas dari produk yang satu ini rasanya enggak perlu diragukan lagi.

AC Daikin memiliki empat produk unggulan mencakup AC perumahan, AC perumahan premium, AC komersial, dan AC industri. Untuk rumah, merek AC terbaik dan terlaris ini dibagi menjadi tiga jenis AC, yaitu Single Split, Multi Split, dan Air Purifier.

(Baca juga: Melawan Polusi Udara di Rumah yang Gak Kalah Bahaya dengan di Luar)

Sementara untuk produk perumahan premium, Daikin memiliki VRV Home Series dan Multi NX R32. Kemudian, ada pula produk AC komersial dan AC industri yang terbagi menjadi tiga jenis, seperti SKY Air, VRV, serta Packaged Air Conditioner.

Kisaran harga: Mulai dari Rp2.800.000 – Rp16.000.000

2. Merek AC Panasonic Gobel

Sebagian dari kita tentu sudah enggak asing lagi dengan merek AC terbaik dan terlaris yang satu ini. Meski fokus penjualannya tidak hanya berpusat pada air conditioner saja, melainkan barang elektronik lainnya, seperti televisi dan lemari es. Namun, kualitas AC merek Panasonic ini tidak perlu diragukan lagi.

Sebab produk buatan Jepang tersebut memiliki fitur Advance E-ion Purifying System yang diklaim mampu membunuh 99 persen virus dan jamur di dalam ruangan. Sehingga udara yang diembuskan dari merek AC terbaik dan terlaris ini dianggap bebas penyakit dan menyegarkan.

Tidak hanya itu saja, AC Panasonic juga dilengkapi teknologi Mild Dry Cooling untuk mempertahankan kelembapan dalam ruangan hingga 10 persen serta Nanoe-G yang dapat menjernihkan udara di ruangan.

Beberapa tipe AC yang ditawarkan oleh Panasonic, seperti Single Split, Cassette Type, dan Floor Standing Type. Khusus AC rumahan, salah satu merek terbaik dan terlaris ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan teknologi inverter untuk meminimalkan penggunaan daya listrik.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp998.000 – Rp23.000.000

3. Merek AC LG

Merek AC terbaik dan terlaris lainnya yang bisa kamu gunakan adalah LG atau Life’s Good. Merek AC buatan perusahaan Korea Selatan ini telah dibekali dengan beberapa fitur unggulan, seperti Jet Cool, Active Energy Control, dan Energy Efficiency Rating.

Ketiga fitur tersebut bermanfaat untuk mendinginkan ruangan dengan cara mengukur energi yang dibutuhkan sekaligus mengontrol penggunaan energi listrik yang terpakai sejak penarikan daya pertama pada AC.

Hebatnya lagi, beberapa tipe dari merek AC terbaik dan terlaris ini juga sudah dilengkapi teknologi Ionizer Sterillization untuk mencegah dan menetralkan debu dan bakteri hingga 99,9 persen pada ruangan.

Adapun tipe AC LG yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah LG Dual Cool with Watt Control-Deluxe Air Purifying 1PK, LG Dual Cool with Watt Control-Eco 0,5PK serta LG Dual Cool with Watt Control-Eco 1PK.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp2.400.000 – Rp25.000.000

4. Merek AC Samsung

Tidak hanya unggul dalam memproduksi telepon genggam saja, Samsung juga mampu menyamakan kedudukan dengan merek AC terbaik dan terlaris lainnya di Indonesia lewat produk AC Low Watt yang dikeluarkan.

Berbekal fitur hemat listrik, AC Samsung dilengkapi dengan fitur Single User yang bekerja secara otomatis untuk menghemat daya listrik tanpa perlu disetel terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja, fitur Smart Inverter serta Doctor and Easy Filter juga disematkan pada merek AC terbaik dan terlaris ini guna mencegah bakteri menyebar dalam ruangan.

Dari segi desain pun, pihak Samsung membuatnya dengan bentuk triangle agar sirkulasi udara yang dihasilkan lebih merata ke berbagai sudut ruangan.

(Baca juga: Perangkat Pintar di Rumah Bikin Hidup Makin Mudah, Apa Aja?)

Beberapa seri air conditioner dengan harga terjangkau dari Samsung yang bisa kamu pilih, seperti AR05 AC 0,5PK Standard R410A, AR09 AC 1PK Standard R410A, AR10 AC 1PK S-Inverter, serta AR13 AC 1.5PK S-Inverter.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp2.499.000 – Rp7.000.000

5. Merek AC Sharp

Sama halnya dengan Panasonic, penjualan produk elektronik Sharp tidak hanya berfokus pada televisi, lemari es, maupun mesin cuci saja. Sebab perusahaan elektronik asal Tokyo, Jepang ini juga menjual AC dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Dilengkapi dengan teknologi Ion Plasmacluster, merek AC terbaik dan terlaris ini diklaim mampu memberikan kesejukan dan udara yang bersih hingga 99,7 persen. Teknologi Low Wattage dan Low Voltage Operation juga disematkan pada merek AC yang satu ini, agar alat pendingin ruangan tersebut tetap bisa bekerja optimal meski pada tegangan rendah dan kurang stabil.

Terdapat empat tipe dari AC Sharp, diantaranya adalah Split, Casette, Portable, dan Standing dengan kapasitas pendinginan yang beragam mulai dari 0,5PK hingga 5PK.

Kisaran Harga: Mulai dari Rp2.400.000 – Rp20.000.000

Itulah beberapa merek AC terbaik dan terlaris di Indonesia yang bisa kamu pilih. Ingat, pilihlah merek AC yang memang sesuai dengan kebutuhan. Jika keinginan untuk membeli air conditioner masih terhalang dengan biaya yang dimiliki, enggak perlu khawatir.

Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menawarkan banyak promo dan diskon menarik di sejumlah marketplace untuk membeli AC. Yuk, tunggu apalagi? Pilih dan ajukan kartu kredit BRI terbaik sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau