Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Merek Mobil Mewah Paling Diincar Pencuri

by Miftahul Khoer on 23 Januari, 2020

Kendaraan yang menemani aktivitas keseharian fungsinya telah bergeser dari sekadar alat transportasi menjadi gengsi. Bagi kalangan pebisnis, merek mobil yang digunakan menentukan kelas. Itu sebabnya, mobil mewah menjadi pilihan pengusaha guna mendukung bisnisnya. 

Di balik kemewahan tunggangan itu, ternyata mobil berkelas pun tak lepas dari incaran pelaku kejahatan. Para penjahat sudah bisa memilah mana mobil mewah yang menjadi target favorit.

Setelah mencuri mobil mewah, para penjahat langsung melemparkan barang tersebut ke jaringannya di pasar gelap atau mempretelinya untuk dijual per komponen. 

Hasil investigasi dari perusahaan jasa perlindungan kendaraan AX di Inggris menyebutkan tolok ukur kendaraan mewah yang menjadi incaran penjahat adalah bisa dijual cepat dengan harga yang lumayan tinggi.

Dalam investigasi itu, dari berbagai jenis mobil mewah yang berseliweran di jalan raya, telah mengerucut menjadi lima merek mobil.

Audi Sampai BMW

Kelima mobil mewah yang menggiurkan pelaku kriminal adalah Audi, Mercedes-Benz, Land Rover, Ford, dan BMW. Kelima merek ini paling banyak dicari di pasaran gelap dengan harga jual yang relatif jauh di bawah harga pasaran mobil bekas.

Menurut sumber AX, penjahat telah mengetahui nilai jual mobil-mobil tersebut di pasar gelap. Sebut saja 1.000 pounsdsterling untuk mobil Audi A1, dan 2.000 hingga 3.000 poundsterling untuk merek Mercedes AMG yang jauh di bawah harga pasar mencapai 36.000 poundsterling.

(Baca juga: Parkir Sembarangan Kena Denda! Segini Biaya Bangun Garasi Mobil Bagi Warga Depok)

Yang tak kalah mengejutkan adalah harga SVR Land Rover Ranger Rover yang sekitar 100.000 poundsterling, hanya dilego 3.000 poundsterling saja oleh pencuri di pasar gelap.

Masih menurut sumber yang sama, para pencuri itu langsung memboyong kendaraan mewah curiannya ke jaringan di pasar gelap yang kemudian diekspor atau membongkar seluruhnya untuk dijual copotan per bagian.

Berdasarkan data, hampir 112.000 mobil dicuri pada tahun 2017-2018 di Inggris saja. Angka ini naik dari 75.308 pada tahun 2013-2014.

Modus mencuri di parkiran

Direktur layanan investigasi AX, Neil Thomas mengatakan pihaknya mengetahui modus penjahat beroperasi. Dengan meningkatnya angka pencurian ini, menjadi pengingat bagi pemilik kendaraan mewah untuk berhati-hati dalam memarkir kendaraannya.

“Kelima daftar mobil di atas menjadi target yang disukai penjahat. Mobil Ford Fiesta contohnya, bisa dengan mudah berpindah tangan dengan harga sedikit lebih murah 200 poundseterling,” ujar Neil Thomas dilansir The Sun.

Mobil mewah yang menjadi sasaran penjahat ini, kata Neil menjadi momentum bagi pelaku usaha dan pemilik kendaraan untuk segera mengambil tindakan pencegahan agar tidak menjadi sasaran berikutnya.

(Baca juga: Yuk, Intip Daftar Mobil di Bawah 200 Juta Paling Laris!)

Atau paling tidak memastikan kendaraan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan teknologi rahasia sehingga mobil tidak mudah dicuri.

“Sebagian besar perangkat pelacakan bisa dihapus setelah dicuri,” ujarnya.

Diantara lima mobil yang paling diincar di Eropa tersebut, apakah salah satunya ada di garasi kamu? Kalau iya, sebaiknya kamu waspada ya. Bukan tidak mungkin pelaku pencurian mobil juga mengincar jenis kendaraan yang sama di Indonesia.

Lindungi mobil kesayangan dengan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih dan dapatkan lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.