Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Mitos Diet yang Salah Kaprah

by Rafly Aditia on 16 November, 2016

sayur untuk penderita maag _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Banyak orang ingin memiliki tubuh yang ideal. Untuk itu berbagai cara pun dilakukan termasuk mengatur pola makan alias berdiet. Yup, diet merupakan kata yang paling sering didengar saat berbicara tentang berat badan.

Walau begitu, sebenarnya masih banyak kesalahpahaman tentang diet di masyarakat awam. Berikut 5 mitos seputar diet pada masyarakat awam yang ternyata salah besar:

1. Diet itu tidak makan

Banyak orang beranggapan bahwa diet berarti sama dengan mengurangi makan. Padahal sebenarnya diet bukan seperti itu, karena diet sebenarnya merupakan pengaturan pola makan, porsi makan, dan gizi yang diasup. Tujuan utama dari diet adalah memiliki tubuh yang sehat,. Namun kebanyakan orang berdiet untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.

(Baca juga: Tipe Orang yang Bakal Selamanya jadi Karyawan Meski Penghasilan Pas-pasan)

2. Makan dan minum serba low fat

Banyak orang terkecoh saat diet dengan cenderung makan dan minum serba low fat. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena beberapa produk olahan seperti susu low fat justru kurang baik untuk menurunkan berat badan.

Alasannya produk olahan dengan iming-iming low fat biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Sementara salah satu penyebab banyak orang mengalami kegemukan adalah karena kebanyakan mengasup karbohidrat dan bukan lemak.

3. Sengaja melewati sarapan

Banyak orang yang melewati sarapan saat diet, padahal ini tidak boleh dilakukan. Karena saat pagi tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas. Untuk itu sebaiknya jangan melewatkan sarapan saat diet. Pilih sarapan yang sehat seperti roti gandum dengan telur, ayam dan sayuran. Kalau sering melewati sarapan, kamu malah bisa jatuh sakit.

4. Habis olahraga bisa makan sesuka hati

Kesalahan banyak orang ketika diet untuk menurunkan berat badan adalah masih suka makan sesuka hati usai berolahraga. Ini merupakan kesalahan pengertian pada awam, namun perlu diubah mulai sekarang bila ingin sukses menurunkan berat badan.

Perlu diketahui, sekalipun usai berolahraga asupan kalori yang kamu butuhkan tidaklah berbeda. Apabila tujuanmu menurunkan berat badan, sebaiknya tetap makan dan minum secukupnya setelah selesai berolahraga. Maksudnya agar jumlah kalori yang terbuang tidak lebih kecil dibanding kalori yang kamu asup.

(Baca juga: Kalau Dilakukan Berlebihan 4 Hal Ini Justru Bikin Kamu Miskin)

5. Diet hanya untuk menurunkan berat badan

Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah program untuk menurunkan berat badan. Padahal diet juga dilakukan untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, diet merupakan pengaturan pola makan, porsi makan, dan gizi yang diasup.

Sehingga kalau kamu ingin menaikkan berat badan, kamu bisa melakukan diet protein tinggi agar badan dapat lebih besar dan berotot. Tentu hal ini harus dibarengi dengan olahraga rutin. Butuh asuransi kesehatan yang berikan pertanggungan biaya kesehatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.