Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

by Ayunindya Annistri on 1 Mei, 2020

Terbukti lebih ramah lingkungan, mobil listrik kini kian digemari oleh pecinta otomotif di seluruh dunia. Nah, buat kamu yang tertarik untuk memilikinya, berikut CekAja rangkum deretan mobil listrik terbaik di dunia dengan performa juara.

5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Bukan Tesla, Mobil Listrik CitiCar yang Pertama Kali Masuk Pasar AS

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, sejumlah produsen otomotif ternama turut berlomba-lomba untuk menciptakan mobil listrik yang digadangkan bakal menjadi moda transportasi masa depan.

Sebelum kemunculan Tesla, faktanya nama Chrysler lah yang lebih dulu tenar di pasar Amerika Serikat. Mobil ini pertama kali diproduksi oleh perusahaan Sebring Vanguard pada 1974 dengan nama CitiCar.

CitiCar sendiri tersedia dalam tiga tipe, yaitu mobil listrik dengan baterai 36v dan motor penggerak bertenaga 2,5 hp, mobil listrik dengan baterai 48v dan motor penggerak bertenaga 3,5 hp, serta versi tertingginya dengan motor penggerak bertenaga 6 hp.

Sedari awal kemunculan mobil listrik CitiCar ini, sayangnya pihak perusahaan harus menghentikan produksi pada 1977 lantaran tak mampu bersaing dengan mobil sekelas Chevrolet, yang kala itu sukses merajai pasar otomotif AS. Bahkan menurut informasi yang beredar, CitiCar hanya mampu dijual sebanyak 4.500 unit dalam kurun waktu 3 tahun.

Meski begitu, mobil inilah yang dikenal memiliki jumlah produksi terbanyak khusus kategori mobil listrik hingga akhirnya posisi tersebut diambil oleh Tesla pada 2010, sebagai salah satu merek yang memproduksi mobil listrik terbaik di dunia.

(Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet, Agar Klaim Tidak Ditolak)
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Sebelum memutuskan untuk memilih mana mobil listrik terbaik di dunia yang ingin kamu miliki, sebaiknya kepoin dulu kelebihan dan kekurangan dari mobil listrik seperti yang dihimpun CekAja dari berbagai sumber.

Kelebihan:

  • Ramah lingkungan, karena emisi karbon yang dikeluarkan jauh lebih rendah.
  • Lebih hemat energi, terutama saat berada dalam kondisi macet.
  • Dilengkapi dengan Intelligent Transport System (ITS), sistem keamanan mobil untuk mencegah terjadinya tabrakan.
  • Perawatan mudah, karena hanya menggunakan baterai.

Kekurangan:

  • Keterbatasan jarak yang ditempuh, karena bergantung dengan kapasitas daya baterai yang dimiliki.
  • Harga yang ditawarkan lebih mahal ketimbang mobil konvensional.
  • Kecepatan masih terbatas.
  • Jarang tersedia untuk pasar otomotif Indonesia.
(Baca Juga: Cara Membersihkan AC Mobil Tanpa ke Bengkel, Gampang Banget!)
5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia
1.  Tesla Model S P100D – Rp4,4 Miliar

Tesla Model S P100D - 5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Penggemar otomotif pasti sudah enggak asing lagi dengan berbagai jenis mobil listrik terbaik di dunia yang diproduksi oleh Tesla. Salah satunya adalah Tesla Model S P100D yang memiliki performa juara dan bebas emisi.

Mobil dengan harga 2 kali lebih mahal ketimbang Model S 75 dan Model S 85 yang lebih dulu mengaspal di Indonesia ini, diyakini dapat melaju hingga 539 km. Kapasitas baterai yang digunakan pun diubah menjadi lebih canggih, yaitu 100 kWH.

Tak hanya itu saja, mobil ini juga mampu melesat hingga berhenti ke 100 kpj dalam waktu 2,5 detik. Sehingga, pantas saja bila menyebut Tesla Model S P100D sebagai salah satu mobil listrik tercepat di dunia.

2. Nissan Leaf – Rp432 Juta

Nissan Leaf - 5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Dicanangkan bakal ada di pasar otomotif Indonesia pada 2020 ini, Nissan Leaf keluaran terbaru diklaim bebas emisi dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik saja. Seri terbaru dari pabrikan otomotif asal Jepang ini rencananya bakal dilengkapi fitur keamanan seperti Safety Shield 360, untuk pengereman darurat otomatis dan peringatan blind spot.

Meski begitu, Nissan Leaf seri terbaru nanti masih tetap menggunakan baterai berdaya 40 kWh seperti seri sebelumnya yang dianggap sebagai mobil listrik terbaik di dunia pada 2010 silam.

3. Tesla Model 3 – Rp1,5 Miliar

Tesla Model 3 - 5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Mobil listrik terbaik di dunia berikutnya adalah Tesla Model 3. Mobil ini dijual dengan 3 varian berbeda yang tentu saja kualitasnya tak perlu diragukan lagi, mulai dari Tesla Model 3 Standard Plus, Tesla Model 3 Long Range, hingga Tesla Model 3 Performance.

Tesla Model 3 diklaim mampu berakselerasi 0-100km/jam dalam 5,3 detik. Khusus versi Standard Plus, mobil ini dilengkapi kapasitas baterai sebesar 54 kWh yang mampu menempuh 0-100km/jam dalam 6,1 detik, setara dengan mesin bensin 6-silinder.

Sementara varian Tesla Model 3 Long Range, memiliki kapasitas baterai 54 kWh dengan performa yang jauh lebih baik ketimbang versi sebelumnya. Kemudian di tingkat varian tertinggi, yakni Tesla Model 3 Performance mengusung baterai lebih besar dengan daya jelajah hingga 496 km.   

4. BMW i3S – Rp1,34 Miliar

BMW i3S - 5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Mobil listrik besutan pabrik otomotif asal Jerman ini termasuk salah satu mobil hemat energi dengan kapasitas baterai sebesar 42,2 kWh. Dilengkapi bahan serat karbon pada bagian luarnya, BMW i3s bisa dibilang memiliki bobot yang cukup ringan, yakni hanya sekitar 1.360 kg saja.

Dengan memboyong teknologi BMW eDrive, mobil listrik terbaik di dunia ini memiliki kecepatan maksimum 160 kmph dengan torsi sebesar 270 Nm, dan mampu berakselerasi hanya dalam waktu 6,9 detik.

Dilihat dari segi keselamatan, BMW i3S menyuguhkan fasilitas terbaik dikelasnya. Misalnya saja, dengan kehadiran fitur Child Safety Locks, Anti-Lock Braking System, dan Crash Sensor untuk memberikan rasa aman tidak hanya bagi yang mengendarainya saja.

5. Volkswagen e-Golf 2017 – Rp600 Juta

Volkswagen e-Golf 2017 - 5 Mobil Listrik Terbaik di Dunia dengan Performa Juara

Di posisi terakhir ada Volkswagen e-Golf sebagai salah satu mobil listrik terbaik di dunia. Dengan bergaya hatchback, VW e-Golf menggunakan baterai 24,2 kWh sebagai mesin utamanya. Sehingga pabrikan otomotif yang berbasis di Jerman ini, memiliki jangkauan EPA 125 mil sekali charger dari tipe sebelumnya.

Selain kapasitas baterai yang lebih besar, mobil listrik terbaik di dunia ini juga dilengkapi mesin bertenaga 134 hp dan torsi 214 lb-ft. Untuk bahan bakarnya sendiri, VW e-Golf menggunakan bahan bakar gabungan sebesar 119 MPGE yang membuatnya bersaing ketat dengan merek mobil listrik lainnya yakni Chevy Bolt EV.

Lindungi Mobil Kesayangan dengan Asuransi Kendaraan

Memiliki mobil listrik idaman, tentu harus dirawat semaksimal mungkin bukan? Makanya, jangan biarkan hal-hal yang tidak diinginkan justru membuat kamu menyesal dikemudian hari. 

Untuk mencegahnya, beri proteksi tambahan bagi mobil kesayangan. Salah satunya dengan menggunakan produk asuransi kendaraan guna mengganti biaya risiko. Bingung produk asuransi mana yang terbaik? Gunakan saja layanan CekAja.com. Di sini, kamu bisa memilih berbagai produk finansial yang diinginkan, seperti asuransi kesehatan.

Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan beragam manfaatnya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau