Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Moda Transportasi Mudik yang Mewah

by Tisyrin N. T on 18 May, 2018

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata mudik? Pasti identik dengan macet dan berdesak-desakan. Selain itu masih ada sederet hal yang lain yang membuat mudik bisa menjadi pengalaman yang kurang nyaman. Namun, moda transportasi mudik yang mewah ini jelas beda.

mudik aman dan selamat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Padahal, mudik dilaksanakan untuk suatu tujuan istimewa yaitu berjumpa dengan keluarga dan merayakan hari istimewa bersama-sama. Nah, jika Anda ingin menciptakan momen mudik yang tak biasa dan penuh kenyamanan, Anda harus mencari transportasi yang dapat mewujudkan hal tersebut.

Mudik dengan mobil pribadi bisa jadi solusi bagi mereka yang tak mau repot berburu tiket dan berdesak-desakan dengan transportasi umum. Namun, risikonya adalah mengalami kelelahan karena harus menyetir sendiri untuk jarak jauh di tengah kondisi macetnya arus mudik lebaran.

Alternatif lain untuk mereka yang punya isi kocek lebih adalah dengan memilih transportasi mewah yang membuat penumpangnya akan merasakan kenyamanan ekstra dibandingkan transportasi umum biasa.

Mulai dari bus tingkat mewah, kereta api wisata, kereta api sleeper, helikopter, hingga jet pribadi. Yuk cek!

1. Bus tingkat (double decker)

Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program mudik gratis. Uniknya, meskipun gratis, Kementerian menyediakan kejutan bagi mereka yang beruntung. Apa itu? Kemenhub menyediakan bus tingkat (double decker) dari Perusahaan Otobus (PO) Lorena dan Sinar Jaya.

Mereka yang beruntung bisa menikmati bus mewah tersebut dalam program mudik gratis. Jadi, pendaftar yang bisa menggunakan bus tersebut tidak memiliki kriteria khusus, tetapi terpilih secara acak.

Bus tingkat ini akan memberikan kenyamanan lewat fasilitasnya yang wah yaitu full AC, kursi super empuk, video audio, tempat tidur, bar, hingga makanan dan cemilan.

Selain digunakan dalam program mudik gratis, tiket bus juga dijual secara komersil. Harga tiket per bangkunya tidak terlalu mahal, masih dibawah angka Rp1 juta atau hanya di kisaran ratusan ribu saja. Menarik bukan?

(Baca juga: Ini Bukti Investasi Makin Mudah dan Murah, Yuk Cek!)

2. Kereta wisata

Kereta dapat dikatakan sebagai alat transportasi favorit pemudik. Selain karena anti macet, kereta bisa menjangkau banyak daerah yang jauh dari bandara. Nah, jika ingin merasakan naik kereta yang istimewa, Anda bisa memilih kereta wisata.

Kereta wisata dulunya hanya bisa dipesan secara rombongan, tetapi kini sudah bisa dipesan secara perorangan. Kereta wisata memiliki berbagai jenis, tarifnya saat lebaran berada di kisaran Rp22 juta-Rp35 juta per gerbong. Tahun ini, terdapat promo tiket kereta wisata untuk mudik yang dijual secara perorangan dengan harga lebih murah dari biasanya.

Fasilitas  yang bisa Anda dapatkan antara lain kursi yang jauh lebih nyaman dari kereta kelas eksekutif, audio video, mini bar, televisi, kursi lebih nyaman dari eksekutif, pendingin ruangan, karaoke, dan sebagainya.

3. Kereta api sleeper

Untuk musim mudik tahun ini, kereta api sleeper buatan PT Industri Kereta Api (Inka) sudah bisa digunakan. Apa keistimewaannya? Kereta jenis ini dilengkapi kursi yang sangat nyaman, penumpang akan merasa sedang berada di pesawat dengan fasilitas first class.

Seperti namanya, penumpang bisa memiringkan kursi sehingga dapat menggunakannya untuk tidur. Dan, masih ada fasilitas lain seperti televisi serta makanan.

(Baca juga: Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp 5.000 Triliun)

4. Helikopter

Tahun lalu, PT Whitesky Aviation melalui produk Helicity alias Helicopter City Transportation menawarkan solusi tranportasi yang cepat untuk mudik.

Melalui program Helicity High Season Special Rate, penumpang harus membayar tarif Rp14 juta per helikopter atau sekitar Rp2,3 juta per orang untuk rute Jakarta-Bandung.

Nah, jika Anda tertarik mudik dengan helikopter untuk menghindari kemacetan saat musim mudik yang tiada habisnya, segera cari informasi lengkapnya ya!

5. Jet pribadi

Bank BNI tahun lalu juga menawarkan fasilitas mudik yang wah yaitu jet pribadi. Layanan tersebut khusus bagi nasabah BNI Emerald. Saat itu, jet pribadi melayani rute antara lain Yogyakarta, Cilacap, Denpasar, hingga Lombok.

Tarif sewa termurahnya adalah Rp151,2 juta dan termahalnya Rp411,7 juta untuk perjalanan pulang pergi. Jika Anda ingin merasakan pengalaman mudik nyaman dan cepat, tentu jet pribadi semacam ini bisa jadi pilihan.

(Baca juga: Suku Bunga Acuan Naik, Apa Saja Dampaknya?)

Untuk melengkapi perjalanan mudik Anda, jangan lupakan perlindungan asuransi perjalanan. CekAja.com siap membantu Anda menemukan asuransi perjalanan terbaik. Yuk cek!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami